| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 02 Januari 2024 St. Basilius Agung dan St. Gregorius Nazianze

 

 
Public Domain
 
Hari ini, Gereja memperingati dua dari empat Pujangga Gereja yang pertama, hamba Allah yang benar-benar berbakti dan agung seperti St. Yohanes Pembaptis. Mereka adalah St Basilius dari Kaisarea, juga dikenal sebagai St Basilius Agung, dan St Gregorius Nazianze. Keduanya adalah bapa-bapa Gereja ternama dan tokoh penting Gereja perdana, khususnya dalam perumusan ajaran iman yang benar dan benar, melawan berbagai bentuk kesesatan dan kepalsuan yang melimpah pada masa itu.
 
Basilius lahir di Cappadocia pada tahun 330. Dikenal karena pembelajaran dan kebajikannya, ia hidup sebagai pertapa selama beberapa tahun sebelum diangkat menjadi uskup Kaisarea pada tahun 370. Gregorius Nazianze, lahir pada tahun 300. Saat bepergian saat masih muda, dia bertemu Basilius saat belajar di Kaisarea.

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Tahun Baru

Ini adalah anugerah baru yang Tuhan berikan dalam kebaikan-Nya yang tak terhingga kepada kita. Namun setiap anugerah Tuhan menuntut kita untuk mengungkapkan rasa syukur dengan murah hati, yang harus menghasilkan tindakan kebajikan yang positif. Rasa syukur hanyalah sebuah perasaan kosong dan berumur pendek kecuali dibarengi dengan niat tulus untuk melakukan perbuatan baik.

Waktu adalah harga keabadian, karena dengan waktu kita bisa membeli keabadian kebahagiaan atau kesengsaraan.

Pertimbangkan kebenaran besar ini. Setiap tahun bagaikan tangga dalam hidup kita. Sekarang, tangga ini perlu menuntun kita, bukan ke bawah menuju kejahatan, namun ke atas menuju Surga, meski dengan langkah kaki yang tersendat-sendat.

Selasa, 02 Januari 2024 Peringatan Wajib. St. Basilius Agung dan St. Gregorius dari Nazianze Uskup dan Pujangga Gereja (Masa Natal)

 
Selasa, 02 Januari 2024
Peringatan Wajib. St. Basilius Agung dan St. Gregorius dari Nazianze Uskup dan Pujangga Gereja (Masa Natal)
  
  
Di samping setiap orang beriman, berdiri seorang malaikat sebagai pelindung dan gembala yang akan menuntunnya kepada kehidupan. – St. Basilius Agung (330-379), Uskup dan Pujangga Gereja

Antifon Pembuka (Bdk. Sir 44:15,14b)

Hendaknya kebijaksanaan para kudus diwartakan oleh bangsa-bangsa dan pujian untuk mereka dikumandangkan oleh Gereja; nama mereka akan dikenang sepanjang masa.

Let the peoples recount the wisdom of the Saints, and let the Church proclaim their praise. Their names will live on and on.

Pengantar

Santo Basilius Agung (329-379) adalah seorang Uskup dan Pujangga Gereja, berasal dari Kaesarea, ibukota Provinsi Kapadokia, Asia Kecil; seorang pembela ajaran iman Kristiani dari ajaran sesat Arianisme. St. Gregorius Nazianze (329-390) juga adalah Uskup dan Pujangga Gereja. Ia bertemu dengan Basilius di Atena, Yunani, sewaktu studi dan kemudian menjadi sahabat karib.

Doa Pagi

Ya Allah, Engkau telah menerangi Gereja-Mu, dengan teladan dan ajaran Santo Basilius dan Gregorius, Uskup-Mu. Kami mohon semoga dengan rendah hati kami mendalami kebenaran-Mu, dan dengan setia mewujudkannya dalam cinta kasih.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
  
Nativity Scene, Katedral Salib Suci - Boston

Bacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes (2:22-28) 
       
"Apa yang telah kamu dengar harus tetap tinggal di dalam dirimu."

Anak-anakku terkasih, barangsiapa menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus, dia itu seorang pendusta! Dan barangsiapa menyangkal baik Bapa maupun Anak, ia juga tidak memiliki Bapa. Barangsiapa mengakui Anak, ia juga memiliki Bapa. Dan kamu, apa yang telah kamu dengar dari semula, itu harus tetap tinggal di dalam dirimu. Jika apa yang telah kamu dengar dari semula itu tetap tinggal di dalam dirimu, maka kamu akan tetap tinggal di dalam Anak dan di dalam Bapa. Dan inilah janji yang telah dijanjikan-Nya sendiri kepada kita, yaitu hidup yang kekal. Semua ini kutulis kepadamu, yaitu mengenai orang-orang yang berusaha menyesatkan kamu. Sebab di dalam dirimu tetap ada pengurapan yang telah kamu terima dari Yesus. Karena itu tidak perlu kamu diajar oleh orang lain. Tetapi sebagaimana pengurapan Yesus mengajar kamu tentang segala sesuatu – dan pengajaran-Nya itu benar, tidak dusta – dan sebagaimana Ia dahulu telah mengajar kamu, demikianlah hendaknya kamu tetap tinggal di dalam Dia.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = c, 2/4, PS 807
Ref. Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita
Ayat. (Mzm 98:1.2-3b.3c-4)
1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib; keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya, oleh lengan-Nya yang kudus.
2. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan yang datang dari pada-Nya. Ia telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa. Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.
3. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati