| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Pokok Kebajikan dalam diri Maria

Master of the Spes Nostra (fl. 1490-1520), "Empat Kanon Dengan Kunjungan" (foto: Domain Publik)

 Jiwa Maria telah ditata dengan tepat sebagai taman segala kebajikan. Di dalamnya tiga kebajikan teologis terjalin dengan luar biasa dengan empat kebajikan utama keadilan, kehati-hatian, kesederhanaan, dan ketabahan.

Seperti yang diamati oleh St Yohanes Krisostomus, keadilan tidak lain adalah ketaatan yang sempurna terhadap semua perintah. (Homili. 12 super Matth.) Perawan Terberkati mematuhi semua perintah dalam hubungannya dengan Tuhan, kepada siapa dia mengabdikan dirinya sejak saat dia dapat menggunakan akal. Dia mematuhi dalam hubungannya dengan Putranya, Yesus Kristus, karena Maria membesarkan dan mengajar Yesus dengan perhatian keibuan yang penuh kasih, meskipun Maria tahu bahwa Kristus adalah Tuhan dan tidak membutuhkan perhatiannya. Dia memenuhinya dalam hubungannya dengan Putranya, yang untuk keselamatan-Nya dia menyatukan penderitaan dan pahalanya dengan penderitaan dan anugerah tak terbatas dari Juruselamat kita.



Selain itu, Maria adalah kebijaksanaan itu sendiri. Kebajikan ini bersinar dalam semua perkataannya dan dalam semua tindakannya. Ketika Malaikat muncul dalam wujud manusia dan memberitahunya bahwa dia akan menjadi Bunda Allah, dia tidak merasa tersanjung atau berpuas diri. Dia berpikir dengan tenang tentang misteri yang telah diumumkan kepadanya dan bertanya kepada Malaikat bagaimana hal itu bisa terjadi karena dia telah mempersembahkan keperawanannya kepada Tuhan. Dia mengucapkan Fiatnya hanya ketika dia diyakinkan oleh Malaikat bahwa melalui campur tangan Roh Kudus dia akan menjadi ibu perawan. Ini adalah awal dari keajaiban Inkarnasi. Ketika dia disambut oleh St Elisabet sebagai Bunda Tuhan, dia tidak membual tentang keistimewaannya tetapi menggubah himne syukur di mana dia menghubungkan kemuliaannya hanya dengan Tuhan. Kehati-hatian Maria sama-sama terbukti dalam kata-katanya yang berisi teguran lembut kepada Yesus setelah Dia hilang dan ditemukan kembali bersama para Tabib. Sekali lagi terlihat jelas pada perayaan perkawinan di Kana, ketika dia tahu betul bagaimana merebut keajaiban pertama dari hati Yesus.

Maria juga memiliki kebajikan kesederhanaan, baik dalam perilaku lahiriahnya maupun dalam pengendalian batinnya yang sempurna atas semua kemampuannya. Ini adalah hasil dari kekebalannya dari dosa asal, yang telah menciptakan kekacauan moral yang begitu parah dalam sifat manusia kita yang malang. Kebajikan ini semakin disempurnakan dengan kemurnian dan kesucian hidupnya sehari-hari.

Akhirnya, keutamaan ketabahan adalah milik Maria sampai tingkat heroik. Tapi ketabahannya selalu tenang dan terkendali. Simeon tua telah meramalkan bahwa pedang kesedihan akan menembus hatinya. Seluruh hidupnya terjalin dengan penderitaan dan kekurangan. Dari palungan di Betlehem hingga pelarian ke Mesir, dari Sunat, ketika Yesus pertama kali menumpahkan darah-Nya, ke Bukit Kalvari, di mana Dia memberikan semua yang Dia miliki untuk keselamatan kita, Maria mempersembahkan penderitaannya bersama Putra ilahinya untuk penebusan kita. Ketabahannya tidak pernah goyah, tetapi selalu tenang, karena pikiran dan hatinya selalu berkomunikasi dengan Tuhan.

Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy