| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Kejahatan Dunia


 Berikut ini adalah kutipan dari salah satu surat St. Paulus kepada muridnya, Timotius: “Memang ibadah itu kalau disertai rasa cukup, memberi keuntungan besar. Sebab kita tidak membawa sesuatu apa ke dalam dunia dan kitapun tidak dapat membawa apa-apa ke luar. Asal ada makanan dan pakaian, cukuplah. Tetapi mereka yang ingin kaya terjatuh ke dalam pencobaan, ke dalam jerat dan ke dalam berbagai-bagai nafsu yang hampa dan yang mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam keruntuhan dan kebinasaan. Karena akar segala kejahatan ialah cinta uang. Sebab oleh memburu uanglah beberapa orang telah menyimpang dari iman dan menyiksa dirinya dengan berbagai-bagai duka. Tetapi engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.” (1 Tim. 6:6-12)

Kata-kata ini mungkin tampak sulit, tetapi itu sangat benar. Semua kejahatan dunia muncul dari kerinduan yang berlebihan akan harta duniawi dan dari cinta diri. Seberapa jauh Injil dan kehidupan modern. Mereka yang mampu melakukannya menjalani kehidupan mewah dan kesenangan, sementara mereka yang tidak mampu tersiksa oleh keinginan untuk melakukan hal yang sama. Bagi banyak orang, kehidupan telah menjadi pengejaran uang, kesenangan, dan reputasi yang melelahkan, dan ketika mereka gagal mencapainya, mereka memberontak terhadap semua orang dan segalanya. Ini adalah pencarian, St Paulus mengingatkan kita, yang mengarah pada "kebinasaan dan kutukan." (1 Tim. 6:9)

“Janganlah kuatir akan hidupmu, akan apa yang hendak kamu makan atau minum,”
kata Yesus kepada kita dalam Injil, "janganlah kuatir pula akan tubuhmu, akan apa yang hendak kamu pakai. Bukankah hidup itu lebih penting dari pada makanan dan tubuh itu lebih penting dari pada pakaian? Pandanglah burung-burung di langit, yang tidak menabur dan tidak menuai dan tidak mengumpulkan bekal dalam lumbung, namun diberi makan oleh Bapamu yang di sorga. Bukankah kamu jauh melebihi burung-burung itu?...  Perhatikanlah bunga bakung di ladang, yang tumbuh tanpa bekerja dan tanpa memintal,     Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya? Sebab itu janganlah kamu kuatir dan berkata: Apakah yang akan kami makan? Apakah yang akan kami minum? Apakah yang akan kami pakai?... sebab Bapamu tahu bahwa kamu membutuhkan semua hal ini. Tetapi carilah dahulu Kerajaan Allah dan kebenarannya, maka semuanya itu akan ditambahkan kepadamu.” (Bdk. Mat 6:25-34)

Ajaran Injil dan Santo Paulus tidak melarang kita untuk mengurus urusan kita dengan hati-hati. Itu hanya melarang kita untuk terobsesi dengan hal-hal duniawi dan hidup tanpa kepercayaan pada Penyelenggaraan Ilahi. Itu memberitahu kita untuk tidak resah tentang hal-hal yang seharusnya tidak menjadi tujuan hidup kita dan tidak dapat memuaskan hati kita yang dibuat untuk Tuhan. Prinsip besar St Yohanes Bosco adalah bahwa seseorang harus bekerja seolah-olah dia tidak akan pernah mati, tetapi hidup seolah-olah dia akan segera mati.

Maria hidup dalam kemiskinan dan penderitaan meskipun dia dekat dengan Yesus, yang bisa membuatnya kaya dan bahagia di bumi ini dengan satu tindakan kehendak-Nya. Tetapi dia tidak pernah meminta kebahagiaan duniawi kepada Putra ilahi-Nya. Dia menganggap Yesus sebagai satu-satunya hartanya dan kebahagiaannya terletak pada ketaatan yang sempurna pada kehendak Allah. Ketika dia tiba di Betlehem dengan pasangan sucinya, St. Yusuf, dia tidak dapat menemukan kamar di penginapan atau di rumah mana pun. Ini tidak masalah baginya. Dia menemukan perlindungan di sebuah kandang dan di sana dia melahirkan Yesus, satu-satunya harta dalam hidupnya.

Ketika Herodes berencana untuk membunuh Bayi Ilahi, Maria tidak meminta keajaiban untuk melarikan diri, tetapi melakukan perjalanan yang panjang dan sulit ke pengasingan. Hanya sekali dia meminta keajaiban kepada Putra Ilahinya. Maka itu bukan untuk dirinya sendiri, tetapi untuk pasangan yang baru menikah di Kana, yang kehabisan anggur. Apakah kita mengejar uang, kesenangan, dan kesuksesan? Jika kita sangat mengkhawatirkan hal-hal ini, kita akan menderita siksaan dan kekecewaan. Kekecewaan terakhir adalah kegelisahan hati kita, yang dapat menemukan kedamaian dan kebahagiaan abadi hanya dalam Tuhan.— 


Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy