| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Tanda Suci: Pintu


 Setiap kali kita memasuki sebuah gereja, jika kita memperhatikannya, sebuah pertanyaan diajukan kepada kita. Mengapa memiliki pintu gereja? Sepertinya pertanyaan bodoh. Secara alami, untuk masuk. Ya, tapi pintu tidak diperlukan--hanya pintu. Pembukaan dengan sekat papan untuk menutupnya akan menjadi kemudahan yang murah dan praktis untuk membiarkan orang keluar masuk. Tetapi pintu berfungsi lebih dari sekadar penggunaan praktis; itu adalah pengingat.

Ketika Anda melangkah melewati ambang pintu sebuah gereja, Anda meninggalkan dunia luar dan memasuki dunia batin. Dunia luar adalah tempat yang adil yang penuh dengan kehidupan dan aktivitas, tetapi juga tempat dengan percampuran yang jelek dan buruk. Ini adalah semacam pasar, dilintasi dan dilintasi oleh semua orang. Mungkin "tidak suci" bukanlah kata yang tepat untuk itu, namun ada sesuatu yang tidak senonoh tentang dunia ini. Di belakang pintu gereja adalah tempat batin, terpisah dari pasar, tempat sunyi, sakral dan kudus. Sangat pasti bahwa seluruh dunia adalah karya Allah dan karunia-Nya kepada kita, bahwa kita dapat bertemu dengan Dia di mana saja, bahwa segala sesuatu yang kita terima berasal dari tangan Allah, dan ketika diterima secara religius, adalah kudus. Meskipun demikian, manusia selalu merasa bahwa lingkungan tertentu secara khusus dipisahkan dan dipersembahkan kepada Tuhan.

Antara dunia luar dan dunia dalam adalah pintunya. Itu adalah penghalang antara tempat pasar dan tempat kudus, antara apa yang menjadi milik dunia pada umumnya dan apa yang telah disucikan untuk Tuhan. Dan pintu memperingatkan orang yang membukanya untuk masuk ke dalam bahwa dia sekarang harus meninggalkan pikiran, keinginan dan perhatian yang di sini tidak pada tempatnya, keingintahuannya, kesombongannya, kepentingan duniawinya, dirinya yang sekuler. "Bersihkan dirimu. Tanah yang kau pijak adalah tanah yang suci."

Jangan terburu-buru melewati pintu. Mari kita luangkan waktu untuk membuka hati kita terhadap maknanya dan berhenti sejenak sebelumnya untuk menjadikan tindakan masuk kita sebagai tindakan yang dimaksudkan dan diingat sepenuhnya.

Pintu-pintu memiliki sesuatu yang lain untuk dikatakan. Perhatikan bagaimana saat Anda melewati ambang pintu Anda secara tidak sadar mengangkat kepala dan mata Anda, dan bagaimana saat Anda mengamati ruang interior gereja yang besar, di dalam diri Anda juga terjadi perluasan dan pembesaran ke dalam. Lebar dan tingginya yang luar biasa memiliki analogi dengan ketidakterbatasan dan keabadian. Sebuah gereja adalah sebuah perumpamaan tempat kediaman surgawi Allah.

Pegunungan memang lebih tinggi, langit biru yang luas di luar terbentang lebih jauh. Tetapi sementara ruang luar tidak terbatas dan tidak berbentuk, bagian ruang yang disisihkan untuk gereja telah dibentuk, ditata, dirancang di setiap titik dengan pandangan Allah. Lorong berpilar panjang, lebar dan kokohnya dinding, atap melengkung dan berkubah yang tinggi, mengingatkan kita bahwa ini adalah rumah Tuhan dan tempat kehadirannya yang tersembunyi.

Pintu-pintu itulah yang membawa kita ke tempat misterius ini. Kesampingkan, kata mereka, semua yang sulit dipahami dan menyempit, semua yang menenggelamkan pikiran. Buka hatimu, angkat matamu. Biarkan jiwamu bebas, karena ini adalah bait Allah.

Itu juga representasi dari Anda, diri Anda sendiri. Bagimu, jiwamu dan tubuhmu, adalah bait Allah yang hidup. Buka gereja itu, buat luas, beri ketinggian. Angkatlah kepalamu, hai pintu-pintu gerbang, dan bukalah dirimu lebar-lebar, hai pintu-pintu abadi, agar masuklah Raja kemuliaan

Perhatikan teriakan pintu. Sedikit gunanya bagimu sebuah rumah dari kayu dan batu kecuali kamu sendiri adalah tempat tinggal Allah yang hidup. Gerbang melengkung yang tinggi dapat diangkat, dan portal terbuka lebar, tetapi kecuali pintu hatimu terbuka, bagaimana Raja Kemuliaan bisa masuk?— Oleh Romano Guardini, Sacred Signs (1911)

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy