| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Kesunyian


 

 Seorang manusia yang tidak mencintai kesunyian tidak mencintai Tuhan. Dapat dengan mudah terjadi bahwa objek-objek duniawi memesona pikiran dan memikat hati, sehingga siapa pun yang sangat sibuk dengannya tidak dapat melihat atau mengalami Tuhan dengan cara apa pun. Manusia yang banyak berbicara dengan manusia lain jarang berbicara dengan Tuhan. Suara Tuhan terdengar dalam keheningan dan kesunyian, dan kita harus mendengarkan-Nya jika kita ingin bercakap-cakap dengan-Nya dengan nyaman. Adalah fatal membiarkan diri kita tuli oleh kebisingan dunia dan tidak pernah mendengarkan suara Tuhan yang berbicara di dalam diri kita.

Hanya mereka yang telah dipanggil untuk panggilan yang lebih tinggi yang dapat tinggal di biara, tetapi sedikit kesunyian diperlukan bagi setiap orang dari waktu ke waktu. Itu bisa berupa kursus latihan rohani, atau hari rekoleksi bulanan, atau seperempat jam dihabiskan setiap hari di hadapan Sakramen Mahakudus. Pada saat-saat keterpisahan dari dunia dan keintiman dengan Tuhan ini, kita dapat menikmati kondisi yang jauh melebihi apa pun yang dapat ditemukan di bumi. Momen seperti itu bisa menjadi awal dari kehidupan baru. Roh Kudus mendorong kita melalui nabi Hosea untuk menemukan jeda yang diperlukan untuk keheningan dan doa: "Sebab itu, sesungguhnya, Aku ini akan membujuk dia, dan membawa dia ke padang gurun, dan berbicara menenangkan hatinya." (Hos 2:14) Yesus menetapkan standar bagi kita ketika Dia menghabiskan empat puluh hari sendirian di padang gurun, berpuasa dan berdoa. Meskipun para Rasul terlibat dalam kegiatan misionaris publik, Dia ingin agar mereka beristirahat sejenak untuk menyegarkan diri mereka secara rohani. “Datanglah ke tempat gurun,” kata-Nya, “dan istirahatlah sejenak.” (bdk.Markus 6:31) St. Bernardus menulis bahwa keheningan dan kedamaian yang jauh dari kebisingan dunia membantu jiwa untuk merenungkan Tuhan dan hal-hal rohani. (Epist. 73) “Kesunyian adalah Surga bagiku,” (Epist. 4 ad Rust.) kata St Hieronimus. Perawan Terberkati juga berlindung dari gangguan dan menyukai kesunyian rumahnya di Nazareth, tempat Malaikat pertama kali mengumumkan kepadanya bahwa dia akan menjadi Bunda Allah.



Sedikit kesunyian diperlukan untuk setiap orang, tetapi "berbahaya untuk memusatkan perhatian kita terlalu banyak pada diri kita sendiri jika, setelah menemukan kelemahan kita sendiri, kita tidak mengangkat pikiran kita kepada Tuhan untuk memohon belas kasihan-Nya." (P. Cordovani, Breviario Spir., P. 14) Adalah malapetaka jika kesunyian menyebabkan kemalasan atau kesia-siaan mental yang bertele-tele. Kesunyian harus aktif dan bersemangat. Itu harus menjadi pendakian menuju Tuhan. Itu akan membantu kita untuk membentuk kebiasaan percakapan terus-menerus dengan Tuhan sehingga tidak ada yang dapat merusak persatuan kita dengan-Nya. Seorang manusia yang hanya berdoa ketika dia berlutut berdoa sangat sedikit. Injil mengatakan bahwa kita harus selalu berdoa. Kesunyian hati memungkinkan kita untuk mematuhi ajaran ini. “Apa gunanya kesunyian tubuh,” tanya St. Gregorius Agung, “tanpa kesunyian hati?” (Lib. XXX Mor., kap. 12)

Jika kita ingin memiliki kesunyian spiritual yang akan membuat kita tetap dekat dengan Tuhan, hati kita harus terlepas dari urusan duniawi. “Jika sebuah bejana kaca diisi dengan tanah,” tulis St. Alfonsus, “cahaya matahari tidak dapat menembusnya. Demikian pula, cahaya ilahi tidak dapat menembus hati yang disibukkan dengan cinta kesenangan dan kehormatan.” (Al Divino Servizio, III, 2)

Maka, marilah kita mencintai kesunyian. Marilah kita mencarinya kapan pun memungkinkan, tetapi yang terpenting marilah kita menjaga hati kita bebas dari keterikatan duniawi dan bersatu dengan Tuhan.

Maria, Bunda terkasih, engkau menemukan dalam kesunyian spiritual suatu keterpisahan sejati dari benda-benda ciptaan dan keintiman penuh kasih dengan Tuhan. Semoga aku tidak disesatkan oleh daya tarik dunia ini, tetapi dapat memusatkan pikiran dan kasih sayangku pada Surga dan Dia yang merupakan tujuan akhir hidupku dan suatu hari nanti akan menjadi kebahagiaan abadiku. Amin— 

Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.


Chris Chabot/flickr  (CC BY-NC 2.0)

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy