| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Hidup di dalam Tuhan

 

Kemampuan untuk selalu hidup di hadirat Tuhan adalah dasar dari kehidupan rohani. Ini adalah fakta yang tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa kita selalu berada di hadirat Allah. “Di dalam Dia kita hidup, kita bergerak, kita ada, seperti yang telah juga dikatakan oleh pujangga-pujanggamu: Sebab kita ini dari keturunan Allah juga.” (Kisah Para Rasul 17:28) Tetapi kita harus menyadari kehadiran ilahi ini. Jika kita benar-benar hidup sepanjang waktu di hadirat Tuhan, kita akan dapat menghindari dosa, melakukan kebajikan, dan menikmati persahabatan dekat Tuhan. Bagaimana kita bisa menyinggung Tuhan, Pencipta, Penebus, dan Hakim kita, jika kita ingat bahwa kita sedang diawasi oleh-Nya? “Jika kita merenungkan kehadiran Allah,” kata St Thomas, “kita hampir tidak pernah berbuat dosa.” (Opusc., 58:2) “Jika kita menjaga diri kita selalu di hadirat Allah,” tulis St. Yohanes Krisostomus, “kita tidak akan berpikir jahat, tidak mengatakan kejahatan, dan tidak melakukan kejahatan.” (Hom. 8 ad Phil., 2)

Ketika kita selalu sadar akan kehadiran Tuhan dan menyadari bahwa Dia adalah kebenaran, kebaikan dan keindahan yang mutlak, kita akan tergerak untuk mencintai dan meneladani-Nya. “hiduplah di hadapan-Ku dengan tidak bercela..” (Kejadian 17:1) Karena Allah adalah satu-satunya kebaikan kita yang sejati, kita akan berusaha dengan segala daya kita untuk hidup dekat dengan-Nya dan mempersembahkan kepada-Nya semua pikiran, keinginan, dan tindakan zaman kita. Saat-saat doa formal yang langka tidak akan cukup bagi kita saat itu, tetapi kita akan rindu untuk selalu berkomunikasi dengan Tuhan.

Saat air mendidih dipindahkan dari api, secara bertahap kehilangan panasnya. Sama halnya dengan kita, kata St Yohanes Krisostomus, ketika kita menjauh dari kesadaran kita akan Tuhan. Kita harus hidup di hadirat-Nya sepanjang waktu dan harus segera memeriksa diri kita sendiri jika kita menyadari bahwa kita sedang menjauh dari cita-cita ini.

Para ahli kehidupan spiritual menasihati kita tentang cara terbaik untuk menumbuhkan kesadaran akan kehadiran Tuhan. (Bdk. S Alphons., Al Divino Servizio, III, 3) Hal ini dapat dilakukan dengan menggunakan akal untuk membentuk konsep kedekatan Tuhan dan dengan menggunakan kehendak untuk mempersembahkan kepada-Nya diri kita dan segala sesuatu di sekitar kita dengan tindakan kerendahan hati, penyembahan dan cinta. Intelek, yang diterangi oleh iman, memberi tahu kita bahwa Tuhan ada di mana-mana. “Tidakkah Aku memenuhi langit dan bumi? demikianlah firman Tuhan.” (Yer. 23:24) Kita harus melihat Dia dalam semua ciptaan-Nya yang mencerminkan kemuliaan-Nya yang kekal. “Belajarlah untuk mencintai Sang Pencipta dalam makhluk,” kata St. Agustinus, “sehingga kamu tidak terikat pada benda-benda ciptaan dan kehilangan Dia yang oleh-Nya kamu sendiri diciptakan.” (Dalam Mazmur 19)

Ketika kita ingin menghidupkan kembali dalam pikiran kita perasaan akan kehadiran Tuhan, kita tidak boleh membayangkan Dia sebagai Makhluk yang jauh, tetapi sebagai Tuhan kita sendiri yang turun untuk tinggal di dalam kita. Kita kemudian harus mendengarkan ilham-Nya dan dengan rendah hati memuliakan keagungan ilahi-Nya yang bersemayam dalam jiwa kita. “Tidak tahukah kamu,” tanya St Paulus, “bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?” (1 Kor. 3:16) Tuhan ada di mana-mana, tetapi Dia tinggal secara khusus di dalam jiwa kita. Akan tetapi, sulit bagi kita untuk hidup dengan pikiran kita terus-menerus terpusat pada-Nya. Jika kita mampu melakukannya, ini akan menjadi penantian akan kebahagiaan Yang Terberkati di Surga. Tetapi kita harus memiliki niat kebiasaan, yang harus kita perbarui sesering mungkin, untuk hidup di hadirat Allah dan mempersembahkan semua keinginan dan tindakan kita kepada-Nya. Maka seluruh hidup kita akan menjadi doa yang terus-menerus yang sangat berharga di hadapan Allah.

Bunda Mariaku yang terkasih, engkau yang hidup dalam kehadiran Allah yang intim, berilah bagiku juga rahmat yang besar ini, agar aku dapat menghindari dosa, berbuat baik, dan mencintai Allah di bumi dengan harapan menikmati Dia selamanya di Surga. Amin— 

Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

Credit: JMLPYT/istock.com
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy