| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 20 Mei 2023 St. Bernardinus dari Siena

Santo Bernardinus dari Siena. Foto lukisan abad ke-16 di Kastil Langeais, Prancis. Pelukis tidak dikenal. (Public Domain | Wikipedia)

 Hari ini, Gereja memperingati salah satu hamba Allah yang suci, yang hidupnya harus menjadi inspirasi dan teladan bagi kita semua sebagai orang Kristen, yaitu St Bernardinus dari Siena, seorang imam dan abdi Allah. Ia dilahirkan di tempat yang sekarang disebut Italia pada masa-masa awal era Renaisans, di mana pada saat itu terjadi banyak ekses dan korupsi besar di Gereja maupun di masyarakat umum. Dia hidup melalui masa-masa yang penuh gejolak dan pergolakan, karena ada skandal besar dan perjuangan politik pada saat itu, yang mempengaruhi bahkan sampai ke eselon tertinggi Gereja dan masyarakat sipil pada saat itu. Pada waktu dan kesempatan itulah St Bernardinus dari Siena dipanggil oleh Tuhan untuk menjadi hamba-Nya, untuk menyatakan kebenaran-Nya kepada orang-orang yang tersesat dan untuk mengingatkan mereka semua tentang segala sesuatu yang telah mereka lakukan dengan jahat, dan bagaimana mereka harus berpaling dari semua jalan jahat itu.

St Bernardinus dari Siena menjadi anggota Ordo Fransiskan dan akhirnya menjadi seorang biarawan dan ditahbiskan sebagai imam, setelah itu ia menjalani kehidupan karya misionaris yang hebat, berkhotbah dan melayani umat Allah. St Bernardinus menghabiskan lebih dari tiga puluh tahun bekerja di antara orang-orang, berkhotbah kepada mereka secara langsung dan berbicara kepada mereka, memanggil mereka semua untuk mengubah hidup baru dan membuang cara mereka yang tidak patuh dan jahat, memanggil mereka untuk kembali ke yang bajik dan saleh, diberkati, menghentikan kegiatan apa pun dan hal-hal yang membuat mereka terpisah dari Tuhan dan rusak, seperti perjudian, kelebihan kekayaan dan gaya hidup hedonistik antara lain. Dia menentang korupsi dan segala macam kejahatan lainnya, dan melalui dia, tidak sedikit yang kembali kepada Tuhan. Meskipun demikian, itu tidak berarti bahwa pekerjaan St. Bernardine mulus, karena ia harus menghadapi beberapa tantangan dan perlawanan terhadap karya-karyanya, tetapi terlepas dari itu, ia menghadapinya dengan iman dan keberanian.



Saudara dan saudari dalam Kristus, oleh karena itu marilah kita semua diilhami oleh iman dan teladan St. Bernardinus dari Siena, dan memandang hidup kita sendiri, berpikir dan mencermati dengan cara apa kita dapat melayani Tuhan kita dengan kesetiaan dan semangat yang lebih besar. . Apakah kita mau dan mampu berkomitmen dengan cara bagaimana St Bernardinus dari Siena telah mengabdikan hidupnya untuk melayani Tuhan, untuk mewartakan kebenaran dan Kabar Baik-Nya dan dalam ketekunan dalam melakukannya bahkan ketika dia menghadapi perlawanan yang keras dan sering pahit dari orang-orang yang dia layani? Apakah kita mau dan mampu menerima dengan setia panggilan kita masing-masing sebagai umat Kristiani, dalam melakukan apa yang harus kita lakukan untuk melakukan bagian kita sebagai anggota Gereja Allah yang sama, melakukan yang terbaik untuk menjadi mercusuar terang dan terang-Nya yang setia dan berdedikasi?

Semoga Tuhan Yang Bangkit, Tuhan dan Juruselamat kita Yesus Kristus, terus menyertai kita dan memberkati kita dalam setiap niat dan upaya baik kita, dan semoga Dia memberdayakan kita masing-masing untuk menjadi semakin kuat dan lebih berkomitmen di jalan yang Dia telah menunjukkan kepada kita semua. Semoga Tuhan menyertai Gereja-Nya dan semoga kita semua tetap dalam perkenanan dan kasih-Nya, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy