| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang menyadari kehadiran Tuhan


Mari kita bayangkan sejenak bahwa kita menjadi buta dan selamanya terjerumus dalam kegelapan. Itu adalah pikiran yang tidak bahagia. Tidak pernah lagi melihat mereka yang kita sayangi, tidak pernah lagi melihat cahaya matahari atau kemegahan alam semesta. Kita harus merasa seolah-olah sendirian, karena kita harus bergantung hanya pada suara dan suara orang lain untuk berkomunikasi dengan dunia luar. Namun, seperti yang ditunjukkan St Agustinus, dalam komentarnya tentang keajaiban orang yang buta sejak lahir, kita semua kurang lebih buta dalam tatanan supernatural. Dunia adalah gambaran Allah, tetapi apakah kita melihat kehadiran-Nya dalam segala sesuatu yang mengelilingi kita? Bukankah lebih sering hal-hal yang diciptakan mengalihkan perhatian kita dan membuat kita melupakan Penciptanya, karena kita menganggapnya sebagai sarana untuk memuaskan kenyamanan dan ego kita sendiri? Kita harus memandang makhluk sebagai perantara yang membantu kita naik ke Tuhan, awal dan akhir dari semua ciptaan.

Sayangnya, alih-alih menaiki tangga mistis yang membawa kita kepada Tuhan, kita sering menuruninya. Kita melupakan Tuhan dan terlalu sibuk dengan urusan duniawi. Terkadang keadaan menjadi lebih buruk; kita tidak hanya melupakan Tuhan melalui kecintaan kita pada ciptaan, tetapi kita menggunakan mereka untuk menghina Dia. Tuhan telah memberi kita mata untuk mengagumi karya-Nya dan, sebagai hasilnya, menuntun kita untuk memuji, bersyukur, dan mengasihi Dia. Sebaliknya, kita sering menggunakan karunia yang luar biasa ini untuk melakukan dosa. Dia telah memberi kita karunia berbicara, karunia mendengar, dan indera lainnya. Tapi bagaimana kita mempekerjakan mereka? Lidah adalah penemuan yang luar biasa, tetapi, seperti yang ditulis St. Yakobus, “Kita mengenakan kekang pada mulut kuda, sehingga ia menuruti kehendak kita, dengan jalan demikian kita dapat juga mengendalikan seluruh tubuhnya... Dengan lidah kita memuji Tuhan, Bapa kita; dan dengan lidah kita mengutuk manusia yang diciptakan menurut rupa Allah, dari mulut yang satu keluar berkat dan kutuk. Hal ini, saudara-saudaraku, tidak boleh demikian terjadi.” (Yakobus 3:2-10) Apa yang dapat dikatakan tentang penglihatan dan ucapan dapat dikatakan tentang semua indera dan kemampuan tubuh dan jiwa. Semua itu adalah anugerah Tuhan dan karenanya harus digunakan sebagai sarana mendekatkan diri kita kepada-Nya. Jika makhluk-makhluk menjauhkan kita dari Tuhan dan membuat kita melupakan-Nya, atau jika, lebih buruk lagi, mereka membuat kita menyinggung-Nya, maka kita buta secara spiritual dan jauh lebih malang daripada mereka yang kehilangan penglihatan alaminya.

Ketika Allesandro Manzoni masih muda, dia menjadi mangsa kesalahan dan nafsu. Suatu hari dia sedang berjalan sambil merenung di jalan-jalan Paris ketika dia mendapati dirinya berdiri di depan sebuah gereja. Dia menggelengkan kepalanya ketika melihatnya, lalu ragu-ragu, dan akhirnya masuk dengan tegas. Dia berlutut di depan altar dan, dengan perasaan bingung, menatap patung Maria. Dia membenamkan wajahnya di tangannya dan berdoa. Itu adalah pertama kalinya dia berdoa selama bertahun-tahun. Setelah beberapa saat dia meninggalkan gereja sebagai orang yang berubah, dan berubah selamanya! Terlepas dari bakatnya yang luar biasa, bahkan dia adalah orang buta yang miskin. Rahmat Allah, diperoleh baginya melalui perantaraan Perawan Terberkati, memulihkan kepadanya “Terang yang sesungguhnya, yang menerangi setiap orang, sedang datang ke dalam dunia.” (Yohanes 1:9)

Sebagian besar dari kita buta secara rohani pada tingkat yang lebih besar atau lebih kecil. Jika ya, mari kita pergi ke Maria. Bunda kita yang baik akan mendapatkan bagi kita terang dan rahmat Tuhan, karena dia selalu menjadi obor yang menyala, menerangi pelabuhan keselamatan bagi banyak jiwa yang tersesat dalam kegelapan kesalahan dan kejahatan. Ada begitu banyak orang yang pikirannya tersiksa oleh keraguan dan digelapkan oleh dosa, dan segera setelah mereka berlutut dan berdoa di depan altarnya, mereka menerima darinya pencerahan, penghiburan, dan kekuatan iman dan kebajikan yang mereka butuhkan untuk memulai kehidupan Kristiani yang baru. Mari kita lakukan hal yang sama dan bulan Maria ini akan menjadi awal yang baru dan tulus bagi kita.

Maria yang tersuci, selama ziarah duniawimu, engkau tidak pernah kehilangan pandangan akan Tuhan. Berikanlah agar aku tidak tersesat dalam kegelapan dunia ini.—

 
 
Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy