| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 02 Mei 2023 St. Athanasius dari Alexandria

 Saudara-saudari terkasih, pada hari ini marilah kita semua terinspirasi oleh teladan-teladan besar yang ditunjukkan oleh hamba Tuhan yang agung, St. Athanasius, seorang murid Tuhan yang terkenal dan paling setia, seorang pembela iman yang paling berani dan tak kenal takut, yang hari pestanya kita rayakan pada hari ini juga. St Athanasius juga dikenal sebagai St Athanasius Agung atau St Athanasius dari Aleksandria, dan merupakan Uskup Aleksandria, juga dikenal sebagai Patriark Aleksandria, sebagai salah satu pemimpin Gereja yang paling menonjol pada masanya. Dia memimpin Gereja Aleksandria dan sangat terlibat di seluruh Kekristenan selama empat puluh lima tahun, yang terputus-putus karena tantangan dan pencobaan yang harus dia hadapi selama pelayanannya, yang membuatnya diasingkan dan dihukum beberapa kali oleh orang-orang yang menentang dan menindasnya.

St Athanasius hidup dan melayani umat beriman selama masa perubahan besar Gereja, seperti tahun-tahun dan dekade-dekade berikutnya setelah berakhirnya penganiayaan negara yang lama terhadap agama Kristen oleh orang Romawi, dengan Dekrit Milan oleh Kaisar Romawi Konstantinus Agung, selalu bersimpati pada perjuangan Kristen. Namun, kegembiraan di akhir penganiayaan terhadap Gereja dan umat Kristiani ini kemudian dibayangi oleh perpecahan yang semakin intensif di dalam Gereja karena berbagai ajaran sesat, dan yang terpenting kemudian, adalah ajaran sesat yang berkembang pesat dari bidat Arius, seorang yang sangat pengkhotbah populer yang mengklaim dan mengajarkan bahwa Yesus Kristus, Putra Allah dan Mesias, tidak setara dengan Allah Bapa, melainkan tunduk kepada-Nya dan ada setelah Bapa, tidak sama kekal dan tidak setara dengan Dia.
 
Ajaran sesat ini mendapat dukungan luas di seluruh kekristenan dan memperoleh dukungan dan kepercayaan bahkan banyak di antara para pemimpin Gereja dan uskup, terutama di seluruh bagian Timur Kekaisaran Romawi, termasuk Aleksandria di mana St. Athanasius sendiri menjadi Uskup, dengan Arius sendiri berasal dari wilayah yang sama juga. St Athanasius sangat bersemangat dan berani, pekerja keras dan bersemangat dalam banyak usahanya melawan ajaran sesat Arian, melawan mereka yang berusaha menumbangkan dan memecah Gereja demi ambisi dan keinginan egois mereka sendiri. St Athanasius tidak menyerah bahkan ketika banyak eselon atas masyarakat dan pemerintahan Romawi diombang-ambingkan oleh kaum Arian dan beberapa dari mereka bahkan menjadi pendukung setia kaum Arian dan keyakinan palsu mereka.

St Athanasius menghadapi banyak perjuangan dan kesulitan, harus menanggung penganiayaan dan bahkan diasingkan dari Takhta Aleksandria, atas perintah dan kerja dari mereka yang mendukung dan mendukung kaum Arian. Namun dia terus dengan setia menjalankan karya-karyanya, banyak menulis tentang masalah iman, mendukung dan menguatkan semua orang yang juga bergumul dengan berbagai penganiayaan, kesulitan, perpecahan, ajaran sesat dan tantangan lain yang harus mereka hadapi sepanjang hidup mereka. dan pelayanan. Terlepas dari tantangan berulang, pengasingan, kesulitan dan semua hal lain yang harus dia tanggung, St Athanasius tetap setia pada panggilan dan misi yang dia miliki sebagai gembala kawanan domba Tuhan, sampai akhir, dan keberanian serta keberaniannya. kesetiaan, kegigihan dan ketekunannya dalam menjalankan karya dan misinya harus menginspirasi kita semua sebagai orang Katolik untuk melakukan hal yang sama juga.

Oleh karena itu, marilah kita semua terinspirasi oleh teladan baik St. Athanasius, hamba Allah yang suci, teladan kita dan pembela iman Katolik yang paling berani. Marilah kita semua menjadi panutan dan inspirasi yang baik satu sama lain juga, melalui setiap kata, tindakan dan perbuatan kita, sehingga kita dapat menginspirasi lebih banyak orang untuk semakin berkomitmen kepada Tuhan dan mengikuti Dia. Itulah panggilan kita dan itulah yang harus kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai orang yang benar-benar percaya kepada Tuhan. Semoga Tuhan, Juruselamat dan Gembala kita yang Baik, menjadi penuntun dan penolong kita dan semoga Dia memberdayakan kita semua untuk menjadi seperti para hamba-Nya, seperti St Athanasius dan lainnya dalam iman dan komitmen mereka. Kiranya Tuhan memberkati setiap perbuatan baik dan usaha kita, demi kemuliaan nama-Nya yang lebih besar. Amin.
 
Fr / flickr
 (CC BY-NC-ND 2.0)

 
 
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy