| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 14 Mei 2023 Hari Minggu Paskah VI

Minggu, 14 Mei 2023
Hari Minggu Paskah VI
 
“Kerendahan hati, ketaatan, kelemahlembutan, dan kasih adalah kebajikan yang bersinar melalui salib dan Sakramen Mahakudus dari Altar. Oh Yesusku, bantulah aku untuk mengikuti teladan-Mu!” — St. Antonius Maria Claret
 

Antifon Pembuka (Bdk. Yes 48:20)
 
Beritakanlah kabar sukacita supaya didengar, siarkanlah sampai ke ujung bumi: Tuhan telah menebus umat-Nya, alleluya.

Proclaim a joyful sound and let it be heard; proclaim to the ends of the earth: The Lord has freed his people, alleluia.

Vocem iucunditatis annuntiate, et audiatur, alleluia: nuntiate usque ad extremum terræ: liberavit Dominus populum suum, alleluia, alleluia.
 

Doa Pagi

 
Allah Yang Mahakuasa, bantulah kami agar dengan semangat yang tinggi kami merayakan hari-hari sukacita ini untuk menghormati Tuhan yang bangkit. Semoga apa yang kami kenang dalam perayaan ini senantiasa kami amalkan dalam karya. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.   

Bacaan dari Kisah Para Rasul (8:5-8.14-17)
      
   
"Kedua rasul itu menumpangkan tangan di atas mereka, lalu mereka menerima Roh Kudus." 
       
Waktu terjadi penganiayaan terhadap jemaat di Yerusalem, Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. Ketika orang banyak itu mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua menerima apa yang diberitakannya itu dengan bulat hati. Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan orang timpang yang disembuhkan. Maka sangatlah besar sukacita dalam kota itu. Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar bahwa tanah Samaria telah menerima firman Allah, mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke sana. Setibanya di sana kedua rasul itu berdoa, supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. Sebab Roh Kudus belum turun atas seorang pun di antara mereka, karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. Kemudian Petrus dan Yohanes menumpangkan tangan di atas orang-orang yang percaya itu, dan mereka menerima Roh Kudus.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.   
 
      
 
Mazmur Tanggapan
Ref. Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi.
atau Pujilah Allah alleluya, alleluya.
Ayat. (Mzm 66:1-3a.4-5.6-7a.16.20)
1. Bersorak-sorailah bagi Allah, hai seluruh bumi;
   mazmurkanlah kemuliaan nama-Nya,
   muliakanlah Dia dengan puji-pujian!
   Katakanlah kepada Allah,
   "Betapa dahsyat segala pekerjaan-Mu.

2. Seluruh bumi sujud menyembah kepada-Mu, dan bermazmur bagi-Mu,
   seluruh bumi memazmurkan nama-Mu."
   Pergilah dan lihatlah karya-karya Allah;
   Ia dahsyat dalam perbuatan-Nya terhadap manusia!

3. Ia mengubah laut menjadi tanah kering,
   dan orang berjalan kaki menyeberang sungai.
   Oleh sebab itu kita bersukacita karena Dia,
   yang memerintah dengan perkasa untuk selama-lamanya.

4. Marilah, dengarlah, hai kamu sekalian yang takwa pada Allah.
   aku hendak menceritakan apa yang dilakukan-Nya terhadapku.
   Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku,
   dan tidak menjauhkan kasih setia-Nya dari padaku.


Bacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus (1Ptr 3:15-18)
   
"Yesus telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi dibangkitkan menurut Roh."
      
Saudara-saudara terkasih, kuduskanlah Kristus di dalam hatimu sebagai Tuhan! Bersiap sedialah setiap saat untuk memberi pertanggungjawaban kepada tiap-tiap orang yang meminta dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu. Tetapi semua itu haruslah kamu lakukan dengan lemah lembut dan hormat, dan dengan hati nurani yang murni, supaya, karena hidupmu yang saleh dalam Kristus, mereka yang memfitnah kamu menjadi malu karena fitnahan mereka itu. Sebab lebih baik menderita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki Allah, daripada menderita karena berbuat jahat. Sebab Kristus pun telah mati satu kali untuk segala dosa kita. Ia yang benar telah mati untuk orang-orang yang tidak benar, supaya Ia membawa kita kepada Allah; Ia telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi dibangkitkan menurut Roh.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
 
Bait Pengantar Injil, do = g, 4/4, PS 963
Ref. Alleluya, alleluya. Alleluya, alleluya.
Sesudah ayat, Alleluya dilagukan dua kali.
Ayat. (Yoh 14:23)
Jika seorang mengasihi Aku, Ia akan menurut firman-Ku;
Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya.


Inilah Injil Suci menurut Yohanes (Yoh 14:15-21)
  
"Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang penolong yang lain."
      
Pada perjamuan malam terakhir Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku akan datang kembali kepadamu. Tinggal sesaat lagi, dan dunia tidak akan melihat Aku lagi. Tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup. Pada waktu itulah kamu akan tahu bahwa Aku ada di dalam Bapa-Ku, bahwa kamu ada di dalam Aku, dan Aku ada di dalam kamu. Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku, dan Aku pun akan mengasihi dia, dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

   
Renungan

      
Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, hari Minggu ini adalah hari Minggu Paskah Keenam, saat kita dengan cepat mendekati akhir masa Paskah, dengan Hari Raya Kenaikan Tuhan yang akan datang, dan Hari Raya Pentakosta yang akan segera datang juga. Oleh karena itu, pada hari Minggu ini, perhatian kita tertuju pada janji Roh Kudus Allah yang telah Dia berikan kepada para murid-Nya dan yang telah kita terima melalui para Rasul dan murid Tuhan yang sama, yang diturunkan melalui Gereja Allah.

Dalam bacaan pertama kita hari ini yang diambil dari Kisah Para Rasul, kita mendengar tentang karya St. Filipus, salah satu dari Dua Belas Rasul yang pergi ke tanah dan wilayah Samaria di antara Yudea dan Galilea, dan memberitakan kebenaran dan keselamatan di sana. Dan seperti yang dijelaskan, ketika para Rasul di Yerusalem mendengar tentang pertobatan orang Samaria, beberapa Rasul, Santo Petrus dan Santo Yohanes pergi ke sana untuk mendoakan orang Samaria yang baru bertobat dan menumpangkan tangan ke atas mereka, memberi mereka hal yang sama karunia Roh Kudus yang mereka terima pada hari Pentakosta.

Oleh karena itu, Roh Kudus yang sama telah diturunkan dari tangan para Rasul kepada semua umat Allah yang setia, dan dari para Rasul kepada penerus mereka, para uskup dan imam Gereja yang kemudian pada gilirannya mewariskan Roh Kudus yang sama kepada setia turun-temurun sejak masa awal Gereja hingga hari ini. Anda yang telah dibaptis telah menerima Roh Kudus yang sama melalui Sakramen Pembaptisan, ketika Anda dibaptis seperti orang Samaria, dalam nama Tritunggal Bapa, Putra dan Roh Kudus, dan kemudian dimeteraikan dengan Sakramen Penguatan.

Dalam bacaan kedua kita hari ini, dari Surat Rasul Petrus, kita mendengar tentang Rasul yang menasihati umat beriman untuk tetap setia pada iman mereka kepada Tuhan, menjaga prinsip iman mereka dan menjadi kuat di tengah tekanan untuk meninggalkan iman mereka. dan godaan untuk meninggalkan Tuhan mereka. Rasul menasihati umat beriman untuk tulus dalam iman mereka, untuk menjadi baik dan benar dalam perkataan, tindakan dan perbuatan mereka sehingga semua orang yang memfitnah dan menindas mereka akan malu dan terhina oleh kejahatan-kejahatan mereka sendiri.

Oleh karena itu Rasul Petrus mengajak kita semua sebagai umat Kristiani untuk aktif menghayati iman kita, setia dalam segala hal dan perbuatan agar setiap orang yang mendengar kita, menyaksikan kita dan berinteraksi dengan kita dapat mengetahui bahwa kita adalah umat Kristiani, bahwa kita milik Allah dan adalah umat-Nya, dan bahwa kita adalah seperti yang kita katakan, setia dan berdedikasi untuk melakukan kehendak Allah setiap saat. Kalau tidak, bagaimana kita bisa menyebut diri kita sebagai orang Kristen? Dan jika kita tidak dengan sungguh-sungguh menjalankan iman kita, kita akan berakhir menjadi batu sandungan, menjadi contoh yang tidak baik.

Tuhan Yesus meletakkannya dengan jelas di hadapan kita semua dalam perikop Injil kita hari ini, bahwa jika kita benar-benar mengasihi Dia, kita akan menaati perintah-perintah-Nya dan melakukan kehendak Bapa-Nya, yaitu mengasihi Allah dengan segenap hati kita, dengan segenap hati, kekuatan kita dan dengan semua upaya dan perhatian kita. Jika kita benar-benar mencintai Tuhan, maka kita juga akan mengasihi saudara dan saudari kita, terlepas dari siapa mereka dan seberapa dekat mereka dengan kita, dan kita akan mengasihi mereka melalui semua tindakan kita, merawat mereka dan menunjukkan cinta dan kasih sayang yang sama kepada mereka. bahwa Tuhan telah menunjukkan kepada kita semua.

Inilah yang dimaksudkan agar kita menjadi orang Kristiani, dan setia dalam panggilan kita sebagai umat yang dikasihi Allah sendiri. Jika kita tidak mampu melakukan ini, atau tidak mau melakukan apa yang Tuhan telah panggil untuk kita lakukan, maka kita tidak dapat menyebut diri kita sebagai orang Kristen. Sayangnya, inilah yang dilakukan banyak di antara kita yang menyebut diri kita sebagai orang Kristen, orang Katolik dalam hidup kita. Kita menjalani hidup kita memperlakukan iman kita hanya sebagai formalitas, hanya tertulis di KTP, KK, Surat Baptis atau nama di atas kertas saja, dan tidak hidup dengan keinginan dan cinta yang tulus kepada Tuhan.

Setelah pandemi covid-19 berangsur melandai, meski Pekan Suci kemarin banyak gereja sudah dipenuhi umat seperti sebelum pandemi covid-19, namun hingga kini masih ada dari kita harus bersusah payah untuk pergi ke Misa setiap hari Minggu, bahkan lebih banyak lagi yang menghadiri Misa hanya pada Paskah dan Natal, dan beberapa bahkan tidak menghadiri Misa atau kegiatan iman sama sekali! Ini adalah keadaan dan kenyataan yang menyedihkan tentang iman kita, yang telah terjadi selama bertahun-tahun dan puluhan tahun terakhir, terutama setelah pandemi ini. Kami mengingatkan bahwa Hari Raya Kenaikan Tuhan adalah Hari Raya Wajib setara dengan Hari Minggu. Oleh karena itu menjadi kewajiban umat beriman Katolik untuk ambil bagian atau mengikuti Misa Kudus pada hari tersebut. (dasar: Kitab Hukum Kanonik 1983, Kan. 1246 § 1,  § 2). Gereja di Indonesia memiliki keistimewaan yakni hari libur pada Hari Raya Kenaikan Tuhan, ini tidak dimiliki sebagian besar banyak umat di negara lain. Oleh karena itu semoga kita tidak takabur, ingat untuk mengikuti Perayaan Ekaristi pada Hari Raya Kenaikan Tuhan.
 
Ini saatnya kita mulai mengambil pendekatan yang lebih aktif dan berdedikasi dalam hidup mereka untuk mengikuti Tuhan. Semakin banyak orang mulai mencari Tuhan, menginginkan cinta-Nya dan mencintai-Nya lagi dengan ketulusan hati yang lebih besar. Inilah yang juga harus kita rangkul, saudara-saudari dalam Kristus. Allah telah memanggil kita kepada diri-Nya sendiri, dan Dia telah menunjukkan jalan kepada kita dan Dia juga telah menganugerahkan kepada kita karunia Roh Kudus untuk membantu kita..
 
 Apakah kita bersedia untuk mengikuti jalan yang ditunjukkan kepada kita? Apakah kita bersedia menjalani hidup kita mulai sekarang dengan ketulusan dan dedikasi Kristiani? Pilihan ada di tangan kita sendiri, karena kita dapat memilih apakah kita ingin tetap suam-suam kuku dengan iman kita, tidak setia dan menganggap iman kita tidak lebih dari gangguan dan pekerjaan rumah, atau apakah kita ingin merangkul. iman kita dengan semangat dan komitmen yang tulus, untuk menempuh jalan yang telah ditunjukkan Allah kepada kita?

Di zaman sekarang ini, kita masih menanggung dampak menyakitkan dari berbagai tragedi yang kita alami selama beberapa tahun terakhir ini, terutama ancaman kekeringan, krisis pangan yang membayangi negara-negara di kawasan Asia akibat perubahan iklim, El Nino. Sampai hari ini di banyak tempat masih mengalami keadaan cuaca yang tidak biasa, dan ancaman munculnya virus-virus baru.

Dan hari-hari ini akibat tidak stabilnya perdamaian dunia serta perekonomian global, banyak orang terancam dalam pendapatan dan pekerjaan mereka. Banyak yang kehilangan pekerjaan berharga dan banyak yang harus menanggung kesulitan yang signifikan dalam mencari pekerjaan baru. Banyak orang yang harus menanggung kenaikan harga pangan dan karena itu khawatir tentang bagaimana mereka akan memberi makan dan merawat orang yang mereka cintai.

Sekarang, apa yang akan kita lakukan? Bagaimana kita menjalani hidup kita sebagai orang Kristen dan sungguh, orang Kristen sejati selama masa-masa sulit dan kelam ini? Yaitu dengan menunjukkan kasih yang tulus kepada sesama saudara dan saudari kita, untuk saling berbagi harapan dan dorongan semangat, daripada bertindak egois atau menimbulkan kebencian bagi kelompok orang atau individu tertentu. 
 
Kita sering mendengar bagaimana orang-orang bertindak tidak bertanggung jawab dan egois, menimbun barang dan bahan penting, hanya agar mereka dapat menyelamatkan diri dan mendapatkan apa yang mereka inginkan, tetapi dengan mengabaikan kebutuhan orang lain. Dan adalah kebenaran yang menyedihkan bahwa tidak sedikit orang Kristiani di antara mereka yang telah melakukan semua perilaku yang tidak bertanggung jawab, tidak adil, dan bahkan paling tidak Kristen ini. Oleh karena itu, ini menjadi pengingat bagi kita masing-masing bahwa kita sendiri tidak boleh mengadopsi sikap seperti ini.
 
Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita membawa harapan yang kita miliki di dalam Tuhan ini, kepercayaan yang kita miliki dalam kasih dan pemeliharaan-Nya, dan marilah kita membagikannya kepada semua orang di sekitar kita. Marilah kita menjadi mercusuar terang dan harapan Tuhan, menerangi kehidupan orang lain di sekitar kita, membantu saudara-saudari kita mengatasi ketakutan dan keputusasaan mereka. Marilah kita semua menjadi orang Katolik sejati setiap saat dan menghasilkan buah Roh Kudus yang melimpah yang telah diberikan kepada kita. Semoga Tuhan selalu menyertai kita dan memberkati setiap usaha baik kita. Amin. 
(RENUNGAN PAGI) 

Orang Kudus hari ini: 14 Mei 2023 St. Matias, Rasul
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
 
Kami mengucapkan banyak terima kasih untuk dukungan bapak/ibu/saudara/i baik melalui doa maupun donasi. Tuhan memberkati.

          
Antifon Komuni (Yoh 14:15-16)

Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku, sabda Tuhan. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, Alleluya.

If you love me, keep my commandments, says the Lord, and I will ask the Father and he will send you another Paraclete, to abide with you for ever, alleluia.

Ego vos elegi de mundo, ut eatis, et fructum afferatis: et fructus vester maneat, alleluia.

 

Penyaliban dan Kebangkitan di Kaca Patri
Di belakang altar di Gereja Legazpi, Bicol, Filipina terdapat rangkaian mural kaca patri dan patung Yesus Kristus. (Foto: Wayne S. Grazio/flickr  (CC BY-NC-ND 2.0)
  



 


 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy