| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 22 Mei 2023 St. Rita dari Cascia

Public Domain
 
 
Hari ini, kita semua harus terinspirasi oleh teladan St. Rita dari Cascia yang pestanya kita rayakan hari ini. St Rita dari Cascia adalah seorang santa dari Italia dan biarawati Augustinian, seorang biarawati yang suci dan saleh yang mengabdikan hidupnya untuk pelayanan dan kemuliaan Allah. Rita lahir dari keluarga petani di Roccaporena, Italia. Meskipun dia ingin menjadi seorang biarawati, orang tuanya menjodohkannya dengan seorang pria yang terbukti melakukan kekerasan dan perzinahan. Dia dinikahkan pada usia yang sangat muda oleh keluarganya dan terlepas dari keinginannya untuk masuk biara bahkan sejak usia dini, dia tetap sebagai istri yang baik dan setia kepada suaminya, yang pemarah dan tidak bermoral. Dia dikenang atas upayanya dalam mencoba mengubah cara suaminya, dalam pernikahan yang berlangsung selama delapan belas tahun hingga suami dan putranya meninggal dunia. Diketahui bahwa keluarga suaminya terlibat dalam perjuangan dan konflik antar keluarga yang pahit, dan ketika suaminya dibunuh, St. Rita dari Cascia mencoba untuk mencegah putra-putranya membalas dendam atas kematian ayah mereka. Dia juga memaafkan pembunuh dan musuh suaminya.

Dan ketika putra St Rita dari Cascia berada dalam bahaya melakukan dosa dalam mengejar balas dendam, dia dengan sukarela meminta Tuhan untuk membawa mereka pergi agar mereka tidak jatuh ke jalan dosa dan kutukan. Ajaibnya, Tuhan mendengarkan doanya, dan putra-putranya diambil darinya, karena mereka meninggal karena disentri, sebelum mereka dapat melakukan pembunuhan dan dosa berat yang dapat merugikan dan membahayakan jiwa abadi mereka. Setelah itu, pada tahun 1413 St Rita dari Cascia memasuki biara St Maria Magdalena di Cascia, di mana dia mengabdikan sisa hidupnya untuk karya doa dan kesalehan, dan berhasil menyatukan dua keluarga yang bertikai dalam memenuhi persyaratan yang ada dipaksakan padanya sebelum dia bergabung dengan komunitas biara, dia mengabdikan hidupnya untuk selanjutnya hanya untuk pemuliaan Tuhan. St Rita meninggal pada tanggal 22 Mei 1457, dan dikanonisasi pada tahun 1900. Saat ini, St Rita dihormati sebagai pelindung kasus-kasus mustahil dan jenazahnya yang tidak rusak diabadikan di sebuah basilika yang didedikasikan untuk menghormatinya di Cascia. Menurut tradisi kuno, mawar sering diberkati pada pesta Santa Rita, mengingat sebuah legenda bahwa dia meminta mawar dan buah ara saat dia sekarat. Keduanya ditemukan oleh para biarawati meskipun itu bukan musim yang tepat untuk keduanya. 
 
Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua terinspirasi oleh teladan dan teladan yang ditunjukkan kepada kita oleh St. Rita dari Cascia dan banyak pendahulu suci kita lainnya. Marilah kita semua berpaling kepada Tuhan sekali lagi dan berkomitmen pada jalan-Nya, melakukan apa pun yang kita bisa untuk melakukan kehendak-Nya dan mengasihi Dia setiap saat. Semoga Tuhan Yang Bangkit, Juruselamat kita Yesus Kristus terus menyertai kita dan membimbing kita semua, dan memberkati kita semua dalam setiap perbuatan baik kita, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy