| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Santa Perawan Maria (2)


 Ada sebuah kisah yang diceritakan tentang seorang pria saleh yang goyah di hadapan serangan pencobaan dan terbiasa berlutut di depan patung Bunda Maria dan mengucapkan doa sederhana ini: "Tunjukkan dirimu seorang ibu kepadaku." Ketika orang yang sama telah jatuh ke dalam dosa dan, meskipun penuh penyesalan, tidak berhasil melakukan reformasi, suatu hari dia pergi ke altar Maria dan dengan menyedihkan mengulangi doanya yang biasa. Segera dia mendengar suara lembut menjawab: "Tunjukkan bahwa engkau adalah anakku."

Jika kita ingin Bunda Maria menjadi ibu bagi kita, kita juga harus menunjukkan kepadanya bahwa kita adalah anak-anaknya. Ibu-ibu duniawi senang membayangkan bahwa keturunan mereka akan mengikuti mereka. Dengan cara yang sama Maria ingin melihat pantulan kesuciannya sendiri dalam pikiran, keinginan dan tindakan kita. Semua ini menuntut pengorbanan, tentu saja. Itu menuntut kerja keras, doa yang sungguh-sungguh, dan pengawasan terus-menerus terhadap diri kita sendiri. Jika kita melakukan semua yang kita bisa dan tidak pernah kehilangan keberanian, Tuhan tidak akan menolak bantuan-Nya dan Bunda kita yang baik tidak akan gagal menjadi perantara bagi kita.

Sekalipun kita sering jatuh ke dalam dosa, kita tidak boleh putus asa. Meskipun Maria adalah Bunda seluruh umat manusia, dia secara khusus adalah Bunda para pendosa yang berbelas kasih. Betapapun berdosanya seorang manusia, dia tidak akan hilang jika dia dengan tulus berbakti kepada Maria. Namun, kita tidak boleh tertipu dengan membayangkan bahwa cukup berdoa kepada Bunda Maria agar diselamatkan, bahkan jika kita terus melakukan dosa. St Brigidia memberi tahu kita dalam wahyu-wahyunya bahwa Maria bukanlah Bunda para pendosa yang keras, tetapi hanya para pendosa yang ingin mengubah hidup mereka dan berdoa kepadanya dengan niat ini. (Rev., Bk. 4, C. 138) Terlebih lagi, Yesus telah memberi tahu kita bahwa “Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.” (Mat 7:21) Hal yang sama berlaku bagi mereka yang berbakti kepada Bunda Maria. Tidak cukup hanya dengan mendoakannya, tapi kita juga harus meneladaninya dan mengiringi doa kita dengan tekad perbaikan.

Doa yang sungguh-sungguh pasti akan mendapatkan perantaraan Maria atas nama kita. St Alfonsus merekomendasikan secara khusus (a) Salam Maria diulang tiga kali setiap pagi dan setiap malam dengan doa 'Bunda termurni, doakanlah aku'; (b) seruan kepada Bunda Maria setiap kali jam berdentang; (c) pendarasan Rosario Suci setiap hari; (d) kunjungan ke altar Bunda Maria setiap kali kita melakukan kunjungan harian ke Sakramen Mahakudus; (e) dan beberapa tindakan mortifikasi pada peringatan pesta utama Bunda Maria, diikuti dengan perayaan pesta itu sendiri. Jika kita menunjukkan watak baik kita dengan cara ini, Maria akan menjadi Bunda sejati kita dalam hidup dan mati.

O Maria, jadilah Bundaku yang penyayang dan baik hati selalu, tetapi terutama ketika kamu melihatku berjuang melawan godaan dan melawan tipu muslihat iblis. Berikan agar aku tidak pernah jatuh dan menyinggung Tuhan lagi. Aku sangat membutuhkanmu. Bantu aku dan selamatkan aku. Amin— 


Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy