| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 10 Mei 2023 St. Yohanes dari Avila

St. Yohanes dari Avila


Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati St. Yohanes dari Avila, seorang imam suci dan hamba Tuhan, St. Yohanes dari Avila Lahir di wilayah Castile Spanyol, Yohanes dikirim pada usia 14 tahun ke Universitas Salamanca untuk belajar hukum. Dia kemudian pindah ke Alcala, di mana dia belajar filsafat dan teologi sebelum ditahbiskan sebagai imam diosesan.

Setelah orang tua Yohanes meninggal dan meninggalkan dia sebagai satu-satunya pewaris kekayaan yang cukup besar, dia membagikan uangnya kepada orang miskin. Pada tahun 1527, dia melakukan perjalanan ke Seville, berharap menjadi misionaris di Meksiko. Uskup agung kota itu membujuknya untuk tetap tinggal dan menyebarkan iman di Andalusia. Selama sembilan tahun bekerja di sana, dia mengembangkan reputasi sebagai seorang pengkhotbah yang menarik, seorang pembimbing rohani yang tanggap, dan seorang bapa pengakuan yang bijaksana.

Karena Yohanes tidak takut untuk mencela kejahatan di tempat tinggi, dia diselidiki oleh Inkuisisi tetapi dibebaskan pada tahun 1533. Dia kemudian bekerja di Cordoba dan kemudian di Granada, di mana dia mengatur Universitas Baeza, yang pertama dari beberapa perguruan tinggi yang dijalankan oleh keuskupan. Imam yang mengabdikan diri untuk mengajar dan memberikan arahan spiritual kepada kaum muda.   
  
Ia dibeatifikasi pada tahun 1894, dikanonisasi pada tahun 1970, dan dinyatakan sebagai doktor Gereja pada tanggal 7 Oktober 2012. Peringatan liturgi St. Yohanes dari Avila dirayakan pada tanggal 10 Mei.
 
Saudara-saudari, marilah kita terinspirasi oleh kehidupan, karya dan pengabdiannya kepada Tuhan. St Yohanes dari Avila adalah seorang imam dan misionaris yang berdedikasi, yang terkenal sebagai 'Rasul Andalusia' atas upayanya yang tak kenal lelah dalam membimbing umat Allah, mewartakan kebenaran dan Kabar Baik Allah, memanggil orang-orang untuk bertobat dari cara-cara mereka yang berdosa, dan juga mendorong dan menyerukan reformasi di Gereja dan juga reformasi dalam cara masyarakat dan komunitas umat Allah menjalani kehidupan mereka, yang seringkali penuh dengan kejahatan saat itu. Dia mengilhami banyak orang untuk mengikuti teladannya dalam memanggil umat Allah ke kehidupan baru yang kudus, dan tulisan serta karyanya yang luas akhirnya membawanya untuk dinyatakan sebagai salah satu Pujangga Gereja.

Saudara dan saudari dalam Kristus, oleh karena itu marilah kita semua dipenuhi dengan semangat dan iman baru, dan diilhami oleh teladan baik yang diberikan oleh St. Yohanes dari Avila dan banyak pendahulu kita yang kudus dan saleh lainnya, dalam tetap terhubung dan setia pada iman kita di Tuhan, satu-satunya pokok anggur sejati. Semoga Tuhan Yang Bangkit, Yesus Kristus, Raja Kita, Juruselamat dan Gembala yang Baik selalu menyertai kita, dan semoga Dia memberdayakan kita masing-masing dengan kekuatan dan keberanian Roh Kudus, sekarang dan selalu, agar kita dapat menjadi teladan sebagai umat Kristiani yang taat dan beriman setiap saat. Amin.
 
 
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy