| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 12 Mei 2023 St. Nereus, Achilleus dan Pankrasius

Public Domain
 
 
 Hari ini, kita dapat melihat teladan dan inspirasi yang baik dari tiga pendahulu kita yang setia, para santo dan martir, yaitu St. Nereus dan St. Achilleus, serta St. Pankrasius. Masing-masing dari mereka telah menjalani hidup mereka dengan sangat berani dengan iman, dan telah menanggung kesulitan dan pencobaan, tantangan dan hambatan yang harus mereka lalui di tengah perjalanan iman mereka. Mereka semua telah mengabdikan diri kepada Tuhan sampai akhir, saat mereka menghadapi kematian dan kemartiran dengan keberanian dan kegembiraan. Pertama-tama, St Nereus dan St Achilleus menurut beberapa tradisi, kasim dan bendahara dari keponakan Kaisar Romawi Domitianus, bernama Flavilla Domitilla, dan mereka hidup melalui masa penganiayaan besar Gereja dan Kekristenan, sebagai Kaisar Domitian secara historis dikenal karena penganiayaannya yang intens terhadap orang Kristen, dan upayanya untuk memberantas Gereja. Menurut tradisi, mereka menghadapi kemartiran dengan keberanian dan iman, dan tidak melepaskan iman mereka meskipun ada cobaan yang menghadang mereka.

Sementara itu, St. Pankrasius adalah seorang warga negara Romawi muda yang juga dikenal sebagai St. Pankrasius, yang hidup melalui periode penganiayaan besar lainnya terhadap Gereja dan umat Allah yang setia, oleh Kaisar Romawi Diokletianus dan negara Romawi, yang dikenal untuk penganiayaan resmi besar terakhir terhadap agama Kristen, di mana banyak umat beriman ditangkap, sangat menderita dan banyak yang menjadi martir karena iman mereka kepada Tuhan. Pengabdian kepada Santo Pankrasius cukup populer di Abad Pertengahan, terutama di Inggris di mana Santo Agustinus dari Canterbury mendedikasikan gereja pertama di Inggris untuk martir muda. St Pankrasius sendiri adalah seorang pemuda yang memeluk agama Kristen, dan dibawa ke hadapan pihak berwenang karena menjadi seorang Kristen. Dia dipaksa untuk mempersembahkan korban kepada dewa-dewa kafir, tetapi menolak dengan ketegasan dan semangat, dan tekadnya untuk melawan menggerakkan bahkan Kaisar sendiri yang mencoba mempengaruhi St. Pankrasius muda dengan kekayaan dan kekuasaan tanpa hasil. Karena itu St Pankrasius menghadapi kemartiran, dalam mempertahankan imannya kepada Tuhan sampai akhir.

Saudara dan saudari dalam Kristus, oleh karena itu marilah kita semua terinspirasi oleh teladan orang-orang kudus, St Nereus dan St Achilleus, dan St Pankrasius, dalam bagaimana mereka menjalani hidup mereka dengan iman dan bagaimana mereka telah mengabdikan diri untuk yang mulia. Marilah kita semua benar-benar setia kepada Tuhan dan menempatkan Dia tepat di pusat kehidupan dan keberadaan kita, dan berusaha untuk melakukan yang terbaik untuk memuliakan Dia dengan hidup kita dan setiap perbuatan baik kita. Semoga Tuhan menyertai kita semua dan semoga Dia terus membimbing dan menguatkan kita semua dalam perjalanan iman kita, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy