| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Hari Raya Kenaikan Tuhan

 
 

 
 
 Setelah kebangkitan-Nya yang mulia dari kematian, Yesus menampakkan diri kepada para Rasul-Nya. Selama empat puluh hari Dia mengajar mereka tentang Kerajaan Allah. Ketika Dia telah mengumumkan kepada para pengikut-Nya bahwa Dia akan mengirimkan Roh Kudus untuk memberi mereka pencerahan dan keberanian untuk memberitakan Injil, mereka berkumpul bersama di Bukit Zaitun dan melihat Dia diambil dari mereka dan diangkat ke atas sampai awan terang menyembunyikan Dia dari pandangan mereka. Misteri Kenaikan itu mengandung pelajaran bagi kita. Kita harus dipisahkan dari dunia dan dibawa lebih dekat ke Surga, yang merupakan rumah sejati kita. Kita begitu terikat pada hal-hal duniawi karena uang, reputasi, dan kesenangan lebih dekat ke hati kita daripada pikiran tentang Tuhan atau keabadian. Namun, kita harus segera meninggalkan semua hal ini. Ketika kematian datang, dunia akan menjauh dari kita dan jiwa akan berdiri sendirian di hadapan Tuhan. Marilah kita mulai melepaskan diri dari urusan duniawi dan menjadikan Surga sebagai objek keinginan kita. Mengapa kita harus menyesal atau takut untuk meninggalkan bumi ini? Ingat ajaran St. Paulus. “Sebab di sini kita tidak mempunyai tempat tinggal yang tetap; kita mencari kota yang akan datang.” (Ibr. 13:14) “Bagiku hidup adalah Kristus,” katanya, “dan mati adalah keuntungan... (Flp. 1:21) ingin pergi dan diam bersama-sama dengan Kristus, itu memang jauh lebih baik. ” (Flp. 1:23) Marilah kita berdoa dalam kata-kata Gereja yang indah: “Tuhan berikanlah, sementara kami hidup di dunia yang terus berubah ini, kami dapat mendambakan kebahagiaan sejati Surga, sehingga di tengah perubahan duniawi kami hati mungkin puas dengan cita-cita ini.” (Roman Breviary) Janganlah kita takut akan kematian, karena itu hanyalah pintu gerbang Surga.

Renungkan pemikiran Santo Agustinus tentang misteri Kenaikan. “Saudara-saudara terkasih, Juruselamat kita telah naik ke Surga. Kita yang tetap di bumi tidak boleh terlalu khawatir tentang hal ini. Sebaliknya marilah kita mengangkat pikiran kita ke Surga dan kita akan menemukan peristirahatan di sana. Hati kita dapat terangkat bersama Kristus dengan harapan bahwa suatu saat tubuh kita juga dapat terangkat. Akan tetapi, marilah kita ingat bahwa kesombongan, keserakahan, dan sensualitas kita tidak dapat naik kepada Kristus. Tak satu pun dari kejahatan kita dapat menemukan tempat di samping Penyembuh ilahi kita. Oleh karena itu, jika kita ingin naik ke Penyembuh ilahi kita, kita harus membuang kejahatan dan dosa. Ini seperti belenggu yang menahan kita dan mengikat kita ke tanah… Sama seperti Kebangkitan Kristus adalah harapan kita, demikian pula Kenaikan-Nya harus menjadi awal dari pemuliaan kita… Tuhan tinggi di atas kita. Jika kamu berusaha untuk mencapai Dia dengan kesombongan, Dia pergi darimu. Sebaliknya, jika kamu rendah hati, Dia turun untuk menemui kamu ... ” (Sermo 2 de Ascens. Dom.) Ketika kita merenungkan Kenaikan, kita harus dengan rendah hati meminta Tuhan untuk memberi kita rahmat untuk melepaskan diri kita dari dosa dan cacat. Kemudian kita akan dapat terbang ke arah-Nya dengan cinta dan harapan dalam hidup ini, dan ketika jiwa kita telah dibebaskan dari tubuh yang memenjarakannya di bumi, kita akan dapat melakukan penerbangan terakhir kita yang menyenangkan ke hadirat-Nya. Inilah renungan yang seharusnya ada dalam pikiran kita seputar hari raya Kenaikan. Ini adalah keinginan yang harus kita pelihara dan resolusi yang harus kita bentuk. Marilah kita memohon kepada Tuhan kita untuk memberkati mereka.




Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy