| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 01 Juni 2023 St. Yustinus, Martir

World History Archive / Aurimages

 
 Hari ini, Gereja memperingati St. Yustinus, Martir. St Yustinus adalah teladan yang luar biasa bagi kita semua dalam bagaimana dia sepenuhnya mengabdikan hidupnya untuk melayani Tuhan dan dalam kegigihannya dalam menanggung semua tantangan dan penganiayaan yang dia hadapi, bahkan sampai saat kemartirannya, selalu penuh dengan penderitaan iman dan komitmen kepada Tuhan. St Yustinus adalah seorang pria Yunani yang beralih ke iman Katolik ketika dia bertemu dengan seorang lelaki tua, yang kemungkinan besar adalah seorang Katolik Suriah di tepi pantai, dan terlibat dengannya dalam dialog tentang Tuhan, meyakinkannya bahwa iman kepada Tuhan, para nabi-Nya dan utusan jauh lebih baik dan unggul daripada terlibat dalam kebijaksanaan dan perdebatan para filsuf, karena St. Yustinus sedang mencari makna hidup dan kebenaran saat itu.

Tulisan-tulisan Santo Yustinus mengandung beberapa ajaran paling awal dalam Ekaristi:



Dan makanan ini kami kenal dengan sebutan Ekaristi, dan tak seorangpun boleh mengambil bagian di dalamnya, selain ia yang percaya bahwa hal- hal yang kami ajarkan adalah benar dan ia yang telah dibaptis untuk penghapusan dosa- dosa, dan untuk kelahiran kembali, dan ia yang hidup sesuai dengan ajaran Kristus. Sebab bukanlah seperti roti dan minuman biasalah yang kami terima, tetapi, seperti Yesus Kristus Penyelamat kita, yang telah menjelma menjadi daging oleh Sabda Allah, mempunyai daging dan darah untuk penyelamatan kita, demikianlah juga, kami diajarkan bahwa makanan yang telah diberkati oleh doa dari Sabda-Nya dan daripada perubahannya (transmutation) tubuh dan darah kita dikuatkan, adalah daging/tubuh dan darah Yesus yang telah menjelma menjadi daging. Sebab para rasul, dalam ajaran-ajaran Yesus yang mereka susun yang disebut Injil, telah menurunkan kepada kita apa yang telah diajarkan kepada mereka; yaitu bahwa Yesus mengambil roti, dan ketika Ia telah mengucap syukur, berkata, “Lakukanlah ini sebagai peringatan akan Daku, inilah Tubuh-Ku: Dan lalu dengan cara yang sama, setelah mengambil piala dan mengucap syukur, Ia berkata, “Inilah Darah-Ku”, dan memberikannya kepada mereka….

Setelah itu, St. Yustinus mengabdikan dirinya sepenuhnya untuk mengejar Kabar Baik, yakin sepenuhnya akan pesan kebenaran yang telah dibawa oleh Kristus Tuhan kita kepada kita, dan yang telah diungkapkan Tuhan kepada kita dengan kedatangan-Nya, dan melalui Roh Kudus yang telah diutus kepada kita semua. St Yustinus mewartakan Tuhan sejak saat itu, semua kebenaran dan Kabar Baik-Nya, dan mulai mengajar sebagai seorang filsuf Kristen, mengumpulkan cukup banyak orang yang yakin dengan apa yang telah dia khotbahkan tentang Tuhan, dengan kebijaksanaan dan semangat yang besar. St Yustinus dan beberapa muridnya, menurut tradisi Gereja, dianiaya dan menjadi martir oleh otoritas Romawi selama salah satu episode penganiayaan terhadap orang Kristen. Dia tetap teguh bertahan dalam imannya sampai akhir, menginspirasi banyak generasi sesudahnya. St. Yustinus menjadi martir di Roma sekitar tahun 165. Ia dihormati sebagai salah satu santo pelindung para filsuf.


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy