| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 25 Mei 2023: St. Beda Venerabilis, Gregorius VII, Maria Magdalena dari Pazzi


Public Domain

 
Hari ini, Gereja memperingati tiga orang kudus yang kehidupan dan pengabdiannya kepada Tuhan dengan cara mereka sendiri memang menjadi sumber inspirasi dan harapan yang besar bagi kita masing-masing, dalam cara bagaimana kita dapat meniru teladan mereka dalam kehidupan kita sendiri. Mereka adalah St Beda Venerabilis, seorang imam dan biarawan terkenal, dan juga seorang sejarawan Gereja yang karya dan tulisan teologisnya membuatnya sangat dikenang dan dihormati sebagai salah satu Doktor Gereja, dan kemudian Paus St Gregorius VII, yang mereformasi Gereja dan memimpin Gereja melewati saat yang penuh gejolak dan sulit di mana perpecahan dan pertikaian antara otoritas agama dan sekuler mencapai puncaknya. Juga St. Maria Magdalena de 'Pazzi, seorang perawan yang berdedikasi dan wanita suci, yang hidupnya sebagai seorang religius dan pengalamannya sebagai mistik menginspirasi banyak orang selama hidupnya dan sesudahnya.

St Beda Venerabilis hidup dan aktif selama tahun-tahun awal Inggris Abad Pertengahan, di mana dia terkenal sebagai seorang sarjana dan biarawan yang hebat, dengan perpustakaan yang luas dan koleksi tulisan dan karya yang masih menginspirasi begitu banyak orang berabad-abad setelah masanya. St Bede Venerabilis ditahbiskan sebagai imam, dan melakukan beberapa perjalanan dan perjalanan melintasi pulau-pulau Inggris, mengunjungi banyak tempat dan komunitas, yang membantunya untuk mengetahui dan memahami lebih baik tentang komunitas lokal, terutama Gereja di sana, dan menempatkannya dasar dari banyak karya yang dia tulis, dalam topik yang beragam seperti sejarah dan astronomi, di antara banyak lainnya, dan tentu saja banyak di antaranya yang berhubungan dengan ajaran Gereja dan kebenaran iman, yang masih menginspirasi banyak orang yang membaca karya-karyanya. setelah itu. Banyak orang lain menjadikan karya St. Beda sebagai inspirasi mereka, dan kekayaan keragaman karyanya terus menginspirasi Gereja.

Sementara itu, Paus St. Gregorius VII adalah pemimpin Gereja Katolik pada puncak dari apa yang dikenal sebagai kontroversi pentahbisan, yang muncul karena perselisihan antara Paus dan Gereja dengan otoritas sekuler di bawah Kaisar Romawi Suci. Dalam beberapa ratus tahun terakhir sebelum masa Paus St. Gregorius, kedua posisi tersebut masing-masing telah menjadi otoritas agama dan sekuler terbesar, dan perselisihan muncul karena Kaisar mengklaim hak untuk mengangkat uskup dan mengendalikan mereka dalam wilayah kekuasaannya sendiri, menjadi ditunjuk dan tertinggi atas semua penguasa sekuler. Di sisi lain, Paus St. Gregorius VII mewakili puncak dari upaya Gereja untuk menolak pengaruh sekuler dan kontrol Gereja dan para anggota klerus, dan berdiri teguh melawan segala upaya Kaisar dan para bangsawan serta pendukungnya dalam mencoba. untuk mengontrol Gereja. Dia juga melakukan banyak reformasi penting lainnya dalam memurnikan Gereja dari banyak korupsi dan kejahatan pada masa itu.

Kemudian, St Maria Magdalene de 'Pazzi adalah seorang wanita yang telah tertarik dan dipanggil untuk kehidupan spiritual sejak usia sangat muda, dan yang akhirnya bergabung dengan biara Karmelit, menjadi salah satu suster religius Karmelit. Dia mulai menerima penglihatan mistik sejak usia muda, dan ini berlanjut sepanjang waktu dan pengalamannya sebagai seorang biarawan Karmelit. Kesalehan dan dedikasinya yang besar kepada Tuhan, teladan tindakan dan kepeduliannya terhadap orang lain, serta kesuciannya yang luar biasa dan penglihatan yang dialaminya mengilhami banyak orang untuk mengikuti teladannya dalam iman dan pengabdian kepada Tuhan. Melalui dedikasinya, banyak yang datang untuk mencari Tuhan dan berusaha keras untuk mengikuti teladan baik yang telah dilakukan oleh wanita yang setia dan berdedikasi ini dalam hidupnya sendiri. Oleh karena itu, kita semua juga harus terinspirasi oleh teladan dari mereka yang kehidupan dan komitmennya kepada Tuhan telah kita bahas.

Karena itu marilah kita semua berusaha untuk memuliakan Tuhan dan mewartakan kebenaran, kasih dan Kabar Baik-Nya melalui karya dan tindakan kita sendiri. Marilah kita semua menjadi murid dan pengikut Tuhan dan Allah kita yang baik dan setia, menghabiskan banyak waktu dan upaya kita untuk melakukan kehendak Allah dan mewartakan Dia di tengah-tengah semua hal yang telah kita persembahkan kepada-Nya. Semoga Tuhan terus membimbing kita dalam segala hal dan membantu kita untuk tetap setia teguh kepada-Nya, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy