| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Kasih

 
Penyaliban dan Kebangkitan di Kaca Patri
Di belakang altar di Gereja Legazpi, Bicol, Filipina terdapat rangkaian mural kaca patri dan patung Yesus Kristus. (Foto: Wayne S. Grazio/flickr  (CC BY-NC-ND 2.0)
 
 Kontemplasi sejati berasal dari kasih, karena ketika kasih intens, ia memberikan wawasan yang jelas tentang apa yang dikasihi. Itu tidak pernah merupakan hasil dari pembelajaran belaka, yang dapat menjadi dingin dan tidak membangkitkan semangat dan karena itu tidak dapat memberi kita pandangan tentang kebenaran. Banyak yang terpelajar tanpa kasih, sementara ada yang tidak terpelajar tetapi mengasihi Tuhan dan merenungkan-Nya dengan kegembiraan spiritual yang merupakan awal dari kebahagiaan Surga. Oleh karena itu, kontemplasi bukanlah karunia belajar. Bahkan orang yang buta huruf pun bisa memilikinya, sedangkan mereka yang banyak belajar mungkin tidak memilikinya. Sebagian besar, itu adalah karunia rahmat ilahi. Ini bukan untuk menyangkal bahwa pengetahuan tentang hal-hal yang sakral, khususnya teologi, dapat mendorong kontemplasi. Itu bisa membantu, selama itu bukan jenis pembelajaran yang membuat seseorang bangga, melainkan membawanya lebih dekat kepada Tuhan. Inilah yang dimaksud Santo Paulus ketika dia berkata bahwa “Pengetahuan yang demikian membuat orang menjadi sombong, tetapi kasih membangun.” (1 Kor. 8:1)

Kontemplasi, kemudian, dimulai dalam kasih yang didasarkan pada kerendahan hati dan doa. Kontemplatif harus selalu mencari bantuan rahmat ilahi tanpa pernah mengandalkan kekuatannya sendiri dan tanpa membodohi dirinya sendiri bahwa dia telah membuat kemajuan atas kemauannya sendiri. Tidak masalah apakah dia orang bodoh atau orang terpelajar selama dia melihat pantulan Tuhan dalam segala hal dan mengenal serta mencintai-Nya. Kemudian, di bawah pengaruh rahmat ilahi, kontemplasi mengalir dari pengetahuan kasih akan Tuhan. Perawan Terberkati diciptakan dan dikandung dengan penuh rahmat dan dikaruniai lebih banyak keistimewaan adikodrati daripada makhluk lain mana pun. Karena itu dia mengenal dan mengasihi Tuhan dengan cara yang lebih tinggi daripada Kerubim atau Serafim mana pun. Maka, diharapkan, bahwa dia akan memiliki karunia kontemplasi. Doanya adalah percakapan intim dengan Tuhan. Kita memiliki contoh doa kontemplatif semacam ini dalam himne yang dia buat ketika dia menjadi Bunda Sabda yang Menjelma. “Jiwaku memuliakan Tuhan, dan hatiku bergembira karena Allah, Juruselamatku, sebab Ia telah memperhatikan kerendahan hamba-Nya. Sesungguhnya, mulai dari sekarang segala keturunan akan menyebut aku berbahagia,...” (Lukas 1:46-48) Namun, di dalam Maria, kehidupan kontemplatif dipersatukan dengan kehidupan aktif. Demikian juga dia berada di rumah di Nazaret, atau mengikuti Yesus dalam perjalanan kerasulan-Nya, atau bekerja sama dengan para Rasul dalam misi besar mereka selama tahun-tahun terakhirnya di bumi.

Kita harus mencoba dan menyatukan yang aktif dengan kehidupan kontemplatif sejauh keadaan memungkinkan. St Thomas berkata bahwa kesempurnaan kehidupan spiritual justru terletak pada penyatuan aktivitas dan kontemplasi ini. Satu tanpa yang lain tidak sempurna. “Lebih besar untuk mencerahkan daripada sekadar bersinar,” tulis St. Thomas, “dan lebih besar untuk menyampaikan buah kontemplasi kepada orang lain daripada hanya untuk direnungkan.” (St. Th., II-II, q.6, a.3)

Kontemplasi dengan sendirinya dapat berubah menjadi mimpi di siang hari yang tidak berguna. Adalah perlu bahwa itu harus menghasilkan transformasi batin yang sejati sebagai akibat dari mana subjek, di bawah bimbingan Roh Kudus, menjadi abdi Allah dalam ucapannya dan dalam tingkah lakunya. Sekarang, abdi Allah tidak puas dengan menikmati penghiburan rohani, tetapi digerakkan oleh semangatnya untuk kemuliaan Allah untuk mencoba dan memperluas kerajaan-Nya dengan segala cara yang mungkin. Dengan cara inilah kontemplasi menjadi tindakan kerasulan.

Sebaliknya, kita harus ingat bahwa tidak ada tindakan sendiri yang cukup. Itu bisa menjadi mandul jika tidak dipupuk oleh kehidupan batin rahmat yang merupakan sumber doa dan kontemplasi. Tidak dapat dipercaya bahwa yang terakhir ini adalah pemberian eksklusif dari beberapa jiwa yang memiliki hak istimewa. Siapa pun dapat memilikinya selama dia membiarkan dirinya ditembus oleh kasih Tuhan dan selama dia berhasil mengamankan saat-saat hening dan rekoleksi pada interval-interval selama hidup. Pada saat-saat ini dia akan semakin dekat dengan Tuhan dan akan menikmati pencicipan kebahagiaan Surga.— 


Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy