| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Peringatan Santa Perawan Maria dari Fatima


 

Eduardo Segura/flickr
(CC BY-NC-ND 2.0)

 
 Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, pada hari ini Sabtu, 13 Mei 2023 Gereja memperingati Santa Perawan Maria dari Fatima, menandai momen ketika Santa Perawan Maria, Bunda Allah, menampakkan diri kepada tiga anak kecil di Fatima, tiga visioner, St. Fransisco de Jesus Marto, St. Jacinta de Jesus Marto dan sepupu mereka, Lucia dos Santos. Ini terjadi tidak lama setelah seabad yang lalu, ketika dunia sangat terbungkus dalam kehancuran dan kekacauan Perang Dunia Pertama, yang kemudian dikenal sebagai Perang Besar. Telah terjadi sejumlah besar kehancuran dan kekacauan pada waktu itu, jutaan orang binasa dan meninggal selama bertahun-tahun konflik, dan di sanalah di kota kecil Fatima di Portugal, Bunda Allah yang Terberkati memilih untuk tampil di hadapannya. tiga anak yang ada di sana menggembalakan domba keluarga mereka.

Bunda Allah Yang Terberkati, yang mengungkapkan dirinya kepada ketiga anaknya pada tanggal ini pada tahun 1917, sebagai Bunda yang penuh kasih dan cantik yang wajahnya lebih cemerlang dari Matahari. Oleh karena itu, Bunda Fatima menampakkan diri kepada ketiganya, memberi tahu mereka tentang pesan yang ingin dia sampaikan kepada seluruh umat manusia, tentang kemarahan Tuhan atas kehancuran besar dan semua kekacauan yang telah dilakukan manusia satu sama lain, dan berapa banyak orang yang telah melakukan dosa besar terhadap satu sama lain karena keserakahan, kesombongan dan ambisi mereka. Dia memanggil semua anak Tuhan, yang juga anak-anaknya, yang dipercayakan kepadanya oleh Putranya sendiri, untuk bertobat dari banyak dosa mereka, dan mengikuti sekali lagi jalan yang telah Tuhan tunjukkan dan ajarkan untuk kita lakukan. Dia ingin membimbing kita semua, anak-anaknya yang terkasih, menuju Putranya dengan bimbingannya, melalui siapa kita dapat menemukan jalan yang pasti menuju Tuhan dan Juruselamat kita.

Bunda Fatima muncul dalam beberapa kesempatan, setiap tanggal tiga belas setiap bulan, saat dia terus mengungkapkan lebih banyak tentang dirinya dan pesan yang ingin dia sampaikan kepada umat Allah. Dia mengatakan kepada anak-anak untuk menyebarkan pesannya dan memanggil lebih banyak orang, memanggil mereka semua untuk bertobat dan berdoa Rosario Suci, terutama berkaitan dengan perdamaian dan berakhirnya Perang Besar. Fakta bahwa ketiga anak itu mendengar tentang semua ini dari Bunda Maria, di tempat yang relatif jauh dari garis depan perang, sangatlah penting. Tidak hanya itu, Bunda Maria juga berbicara tentang Konsekrasi Rusia kepada Hatinya yang Tak Bernoda, yang meramalkan apa yang akan terjadi pada Rusia pada saat itu, di ambang revolusi Komunis yang akan menyaksikan periode anarki dan penindasan hebat selama tujuh dekade melawan umat beriman tidak hanya di Rusia tetapi juga di tempat lain.

Kemudian, Bunda Fatima juga menyebutkan penganiayaan dan kesulitan yang harus diderita oleh Gereja dan umat Kristen di seluruh dunia, dan dia bahkan meramalkan upaya pembunuhan terhadap Paus St. Yohanes Paulus II, yang akan terjadi tepat pada tanggal penampakan pertamanya, enam puluh empat tahun setelah itu terjadi. Saat dia terus menampakkan diri kepada ketiga anak itu, pesan Bunda Fatima dan berita tentang penampakan mulai menyebar, dan semakin banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan melalui dia dan melalui peristiwa penampakan. Akhirnya, pada penampakan terakhirnya pada tanggal tiga belas Oktober, Maria, Bunda Maria dari Lourdes dan Bunda Allah memperlihatkan keajaiban besar yang disaksikan oleh banyak orang, juga dikenal sebagai 'Keajaiban Matahari', di mana Matahari tampak tidak menentu dalam gerakannya, berputar-putar di langit dan dilihat oleh tidak kurang dari empat puluh ribu orang.

Sejak saat itu, devosi kepada Bunda Fatima terus mendapatkan popularitas karena semakin banyak orang datang kepada Tuhan, melalui devosi kepada Bunda Maria yang terberkati, Bunda Fatima. Kita semua juga menjadi lebih dekat dengan Tuhan melalui dia, dan saya berharap hari ini ketika kita semua mengingat kasih Tuhan yang ditunjukkan kepada kita melalui bunda-Nya, semoga kita semua terinspirasi oleh teladan, iman dan komitmennya untuk Putranya, serta cintanya yang terus berlanjut untuk kita masing-masing. Kita semua diingatkan untuk setia kepada Tuhan dengan cara yang sama seperti Bunda-Nya, Bunda Maria dari Fatima. Melalui penampakan-penampakannya, termasuk penampakan di Fatima, Maria ibu kita terus melanjutkan misi yang dipercayakan kepadanya oleh Putranya sendiri. Karena Tuhan telah mempercayakan kita semua kepada ibu-Nya sendiri sebagai anak-anaknya sendiri, dan dia sebagai ibu kita sendiri.

Itulah sebabnya dia selalu memperhatikan kita, menyertai kita terus-menerus, dan hatinya pasti dipenuhi dengan kesedihan saat dia melihat salah satu dari kami jatuh ke jalan dosa dan kejahatan. Tentu saja dia tidak ingin salah satu dari kita tersesat ke kutukan dan kegelapan abadi, dan dia ingin kita semua datang kepada Putranya melalui dia dan dengan bimbingannya. Namun, lebih sering kita menolak tawaran cinta dan kasih sayang yang selalu murah hati dari Putranya, Tuhan dan Juru Selamat kita, dan menolak cinta yang sama yang ditunjukkan oleh Maria sendiri, Bunda Allah, dan ibu kita sendiri. Kita semua dipanggil untuk berpaling kepada Tuhan sekali lagi, dan Bunda Maria memanggil kita untuk itu perhatikan teladan dan imannya, cintanya kepada Putranya, yang harus kita dengarkan dan ikuti, sebagaimana kita harus mendengar nasihat dan perhatian dari ibu kita dan orang tua kita.

Semoga Bunda Maria yang Terberkati, Bunda Fatima, Bunda Suci Allah, terus mendoakan kita semua yang berdosa, dan semoga dia terus menginspirasi kita dan menuntun kita di jalan menuju keselamatan di Putranya. Semoga kita semua terus dikuatkan dan diteguhkan, agar dalam segala tindakan dan cara hidup kita selalu dipenuhi dengan semangat dan iman, keinginan untuk melayani Tuhan dan melakukan apa yang benar dengan hidup kita, sesuai dengan kepada apa yang telah diwahyukan dan diajarkan oleh Allah sendiri kepada kita. Semoga Tuhan memberkati kita semua dan menyertai Gereja-Nya, sekarang dan selamanya. Amin. 



terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy