| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Doa di hadapan Sakramen Mahakudus

 Siapa pun yang mengasihi Yesus dengan tulus dalam Sakramen Ekaristi pasti mengalami rasa penyesalan setiap kali memasuki gereja dan melihat ruang di sekitar tabernakel kosong. Di sana-sini beberapa orang mungkin berdoa di depan patung Bunda Maria dan para Orang Kudus, tetapi terlalu sering tidak ada orang yang menyembah Yesus dalam Sakramen Mahakudus. Hanya cahaya remang-remang dari lampu tabernakel yang tampaknya mencoba mengimbangi dengan cara kecil rasa tidak berterima kasih manusia. Namun di sini bukan hanya gambar, tetapi Yesus yang hidup nyata yang mencintai kita dan rindu untuk menghujani kita dengan karunia-Nya.

Kita miskin, dan Dia kaya; kita lemah, dan Dia kuat. Kita adalah orang berdosa dan Dia ingin agar kita berlutut bertobat di kaki-Nya sehingga Dia dapat mengampuni kita. Kita membungkuk di bawah beban salib kita yang tampaknya terlalu berat untuk kita pikul, dan Dia ingin meringankannya dengan kasih karunia-Nya. Kita lelah dan khawatir dan tidak dapat menemukan teman yang akan sepenuhnya memahami dan menghibur kita. Tetapi jika kita pergi kepada Yesus kita akan menemukan seorang Sahabat dan Penghibur. “Datanglah kepadaku,” Dia berkata kepada kita, “semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan.” (Mat. 11:28-30) Marilah kita berlutut di hadapan Yesus di tabernakel dan menceritakan kekhawatiran, kesedihan, dan keinginan kita kepada-Nya. Dia akan memahami dan mencerahkan kita; Dia akan memperkuat tekad kita yang goyah dan mengilhami di dalam hati kita cinta ilahi yang membuatnya mudah untuk mengorbankan diri demi Dia.

Di banyak keuskupan dan paroki terdapat perkumpulan orang-orang saleh yang bergiliran berdoa di hadapan Yesus dalam Sakramen Mahakudus. Seharusnya ada pergaulan seperti itu di mana-mana, karena setiap orang yang memiliki cinta yang tulus kepada Ekaristi Kudus harus merasa perlu meluangkan waktu untuk adorasi dan percakapan dengan Yesus dalam Sakramen Mahakudus.

Para Orang Kudus sering melewatkan siang dan malam dalam doa di hadapan Sakramen Mahakudus. Bagaimana denganmu? Bahkan jika Anda bukan anggota persekutuan Ekaristi, Anda harus menyisihkan waktu setiap hari untuk mengunjungi Yesus dalam Sakramen Mahakudus. Di sana Anda akan menemukan kekuatan untuk mewujudkan resolusi baik Anda. Anda akan menemukan penghiburan dalam masalah Anda dan istirahat untuk jiwa Anda.

Hidup hari ini cepat dan mekanis, perlombaan gila untuk keuntungan dan kesenangan. Mobil melaju kencang di sepanjang jalan; jalan setapak dilalui oleh orang-orang dengan wajah cemas; teater, bioskop, dan lapangan olahraga dipenuhi oleh orang-orang yang mencari ilusi kebahagiaan. Tetapi bagaimana dengan gereja-gereja? Selain beberapa jam pada hari Minggu, mereka biasanya hampir sepenuhnya sepi.

Namun demikian, gereja-gereja adalah satu-satunya tempat di mana kedamaian dapat ditemukan, karena di setiap gereja terdapat rumah Yesus, benar-benar hadir dan berkobar dengan cinta kepada manusia.

Marilah kita pergi dan berlutut di depan tabernakel. Marilah kita berdoa untuk diri kita sendiri, untuk saudara-saudara kita yang pelupa dan tidak tahu berterima kasih yang terjerumus dalam dosa, yang telah kehilangan cahaya iman dan api cinta yang menyucikan. Marilah kita mempersembahkan diri kita sebagai pelita pengorbanan yang hidup demi keselamatan sesama kita dan demi kemenangan Gereja.—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy