| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Kehadiran Yesus dalam Ekaristi


 

Kita harus menemukan waktu setiap hari untuk mengunjungi Sakramen Mahakudus.

Yesus Kristus hadir di semua gereja di dunia sebagai tawanan cinta sukarela. Dia sedang menunggu kita. “Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu,” (Yohanes 14:18) Dia berjanji, karena Dia mengasihi kita dengan kasih yang tak terbatas yang tidak mengenal waktu dan tempat. Dia telah berada di sana selama berabad-abad di setiap penjuru dunia, dari katedral yang indah di kota-kota yang ramai hingga kapel-kapel kecil yang sederhana di Misi-misi yang sepi. Ke mana pun kita pergi, kita dapat menemukan Raja segala Raja bertakhta di dalam Tabernakel, menunggu kita dengan penuh kasih.

Karena kita sangat membutuhkan-Nya, mengapa kita tidak pergi kepada-Nya? Kita memiliki banyak hal yang harus dilakukan, tetapi ini adalah yang pertama dan paling penting. Seringkali membutuhkan sedikit pengorbanan untuk menghabiskan seperempat jam di depan Tabernakel, tetapi tidak ada hal baik yang dapat dicapai tanpa pengorbanan.

Terlebih lagi, Yesus layak menerima pengorbanan ini, karena bukankah Dia memberikan diri-Nya sepenuhnya untuk kita? Apakah Dia tidak terus mengorbankan diri-Nya dalam Sakramen dan pengorbanan altar? Marilah kita pergi kepada Yesus setiap hari dan kita akan menemukan penghiburan bagi jiwa kita.

Ketika kita berlutut di depan Tabernakel dan berbicara dengan Yesus, kita akan merasa yakin bahwa Dia mendengarkan kita. Kita akan yakin bahwa Dia bersimpati dengan kelemahan kita, memahami kebutuhan kita, dan ingin memperkaya kita dengan rahmat-Nya.

Lihatlah lampu yang bersinar dengan tenang di depan Tabernakel untuk menghormati Kehadiran Yesus dalam Ekaristi. Kita juga harus seperti pelita cinta yang hidup.

Pelita menyala siang dan malam di Hadirat Yesus dan padam dengan sendirinya  untuk Dia. Untuk apa kita menghabiskan hidup kita? Dalam proyek-proyek yang tidak berguna dan tidak perlu, mungkin untuk alasan duniawi, untuk kepuasan ego kita sendiri atau nafsu kita? Kita pasti tidak akan pernah menemukan kedamaian dengan cara ini, tetapi hanya kekecewaan dan penyesalan.

Pelita adalah penerang dalam kegelapan. Hidup kita harus menjadi terang teladan yang baik bagi orang lain.

Lampu memiliki api yang memberikan panas. Kita harus terbakar dengan cinta untuk Tuhan, satu-satunya kebaikan kita, dan untuk semua orang, yang harus kita anggap sebagai saudara kita di dalam Yesus Kristus.

Lampu dinaikkan di atas tanah dan digantung di langit-langit dengan tiga rantai. Kita harus berada di atas hal-hal duniawi dan harus melekat pada Surga dengan tiga rantai iman, harapan dan cinta kasih. Sebagaimana pelita hanya terbuka di bagian atas, demikian pula kita harus terbuka terhadap ilham Surgawi dan tertutup terhadap keasyikan duniawi. Tuhan harus menjadi pusat pikiran kita, dan hidup kita harus dipersembahkan kepada-Nya. Dengan cara ini kita akan menemukan kedamaian di dunia dan kebahagiaan di akhirat.

Pelita tabernakel menemani Yesus siang dan malam. Kita juga harus menemani-Nya. Kita tidak bisa berlutut selamanya di depan Tabernakel; tidak juga sebagian besar dari kita dapat menghabiskan waktu selama para orang kudus dalam percakapan intim dengan Yesus. Namun hati kita dapat tetap bersama Yesus dan dapat membara dengan cinta kepada-Nya seperti nyala lampu. Sangat mudah untuk tetap bersatu dengan Yesus dengan melakukan segala sesuatu, bahkan tindakan yang paling tidak penting sekalipun, dari motif kasih kepada-Nya. Kita dapat mempersembahkan kepada-Nya semua penderitaan dan kegembiraan kita, dan pengorbanan apa pun yang kita lakukan agar tetap baik. Seperti jarum magnet kompas pelaut yang mengarah ke utara, demikian pula pikiran dan kasih sayang kita harus selalu diarahkan kepada Yesus.— 
  
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy