| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Memikul Salib dan Mengikuti Yesus


 
 Jalan Salib adalah satu-satunya jalan menuju Surga. Konsekuensinya, seseorang yang menolak untuk mengambil jalan ini tidak dapat mencapai Surga. Jika ada cara lain, Yesus akan memberitahu kita tentang hal itu. Sebaliknya, Dia bersikeras bahwa jika ada yang ingin mengikuti Dia, dia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikuti Dia. (Lukas 9:23)

Tuhan kita melakukan lebih dari sekadar mengkhotbahkan cara ini kepada kita, karena Dia memberi kita contoh tentang cara untuk mengikutinya. Yesus dapat saja menebus kita dengan satu tindakan dari kehendak manusiawi-ilahi-Nya, hanya dengan mempersembahkan diri-Nya kepada Bapa yang kekal sebagai penebusan dosa-dosa kita. Tetapi Dia memilih untuk memikul beban Salib, mendaki Bukit Kalvari, dan mati dalam penderitaan.

Kita harus naik Kalvari kita sendiri jika kita ingin meniru dan mengikuti Yesus. Penebus ilahi kita menggenapi dengan sempurna dalam Sengsara-Nya semua karya kesempurnaan yang telah Dia khotbahkan dalam Injil. Biarlah Sengsara Kristus menjadi pedoman hidup kita. Marilah kita bergembira ketika kita tampak lebih seperti Dia dan bersedih setiap kali kita tampak menyimpang dari teladan yang Dia berikan kepada kita.

Penderitaan harus menjadi sumber penghiburan bagi kita, karena itu membuat kita semakin serupa dengan Yesus selama kita menanggungnya dengan pasrah dan dengan kasih.

Kita semua memiliki salib kita sendiri. Ketika kita menolaknya, kita membentuknya untuk diri kita sendiri dengan cacat dan dosa kita, yang membuat kita tidak puas dan gelisah, dan menarik hukuman Tuhan atas kita.

Tidak ada gunanya melarikan diri dari Salib, karena Salib mengikuti kita kemana-mana. Jika kita menolak untuk menerima salib yang diberikan Tuhan kepada kita, kita memikul salib yang lebih berat dari salib yang pertama. Orang-orang duniawi dapat bersenang-senang sejenak; tetapi segera berlalu dan digantikan oleh kepahitan dan kesedihan. Penderitaan mereka lebih dalam daripada penderitaan orang Kristen yang baik yang menaruh kepercayaannya pada Tuhan. Hanya ada satu cara untuk membuat salib kita lebih mudah dipikul dan itu adalah dengan memeluknya seperti yang Yesus lakukan. Kita harus mencintai Salib karena itu adalah penderitaan yang menunjukkan kepada kita bagaimana menjadi seperti Yesus, membuat silih bagi dosa-dosa kita, dan bekerja sama dengan hasrat kita sendiri dengan Sengsara Kristus. (Bdk. 1 Kol 1:24)

Seorang peniten pernah meminta hair-shirt kepada imam suci. “Saya tidak bisa memberi Anda itu,” jawab imam itu, “tetapi hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mempersembahkan kepada Tuhan pencobaan dalam hidup Anda sehari-hari.” Reaksi orang yang bertobat adalah memprotes bahwa dia akan menganggap ini terlalu sulit.

Faktanya, ini sangat sulit. Tetapi adalah sia-sia bagi seorang laki-laki untuk mengenakan hair-shirt dan mencambuk dirinya sendiri jika dia tidak siap menghadapi kesulitan sehari-hari yang biasa dan menyangkal dirinya dengan memikul salibnya dengan kepasrahan dan cinta. Tuhan telah memberlakukan penebusan dosa tertentu pada kita semua dan ini perlu bagi kita. Menerima salib berarti berangkat di jalan kerajaan Salib yang menuju ke Surga.

Namun, memang benar bahwa ada kalanya kita menghadapi godaan yang sangat kuat. Pada kesempatan-kesempatan ini dapat diperlukan untuk memaksakan penebusan dosa ekstra pada diri kita sendiri, karena “lebih baik memasuki kehidupan dengan cacat atau lumpuh, daripada memiliki dua tangan atau dua kaki, dilemparkan ke dalam api abadi.” (Bdk. Mat 18:8) Namun demikian, penebusan dosa yang pertama dan paling penting adalah memikul salib kita setiap hari dan mengikuti Yesus.—
 
 
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.
 
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy