| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Mendengarkan Suara Tuhan

 
George Martell | Archdiocese of Boston | CC BY-ND 2.0
 
Tuhan berbicara kepada kita dalam banyak cara melalui benda-benda ciptaan. Kita melihat kemuliaan-Nya di bintang-bintang di cakrawala, (bdk. Mzm 13:2) di laut, gunung dan lembah, dan di pepohonan dan bunga-bunga. St Theresia pernah memeriksa kelopak bunga ketika dia berseru: "Betapa baiknya Engkau, ya Tuhan!"

Tuhan juga berbicara di dalam diri kita. Terkadang Dia melihat betapa asyiknya kita dalam urusan duniawi dan Dia membangkitkan kegelisahan dan kerinduan kita akan Surga. Ketika kita jatuh ke dalam dosa, Dia menusuk kita dengan penyesalan dan meminta kita untuk bangkit kembali, menyadarkan kita bahwa segala sesuatu yang lain adalah kosong dan sia-sia jika kita telah kehilangan Dia. Dia berbicara kepada kita lebih jelas lagi melalui Wahyu, yang terkandung dalam Kitab Suci sebagaimana ditafsirkan secara resmi oleh Gereja.

Firman Tuhan yang diwahyukan selalu menyertai kita untuk menjawab pencarian hati manusia dan menghilangkan kegelisahan-Nya. Injil sama baru dan menerangi hari ini seperti kemarin. Ini adalah buku yang harus kita pelajari dengan penuh hormat dan tekun untuk memecahkan masalah pribadi kita dan masalah umat manusia.

Marilah kita mendengarkan Tuhan ketika Dia berbicara kepada kita dengan berbagai cara ini. Marilah kita menanggapi permohonan-Nya dan melaksanakan apa pun yang Dia minta dari kita dalam kehidupan kita sehari-hari.

Allah juga berbicara kepada kita melalui para orang kudus-Nya.


Para orang kudus adalah orang-orang yang di dalamnya Allah bersemayam sedemikian rupa sehingga seluruh kepribadian mereka mencerminkan Dia. Mereka menjalankan Injil dengan sempurna. Mereka telah meninggalkan diri mereka sendiri untuk sepenuhnya menjadi milik Tuhan. Mereka tidak hanya telah mengatasi kecenderungan jahat mereka, tetapi mereka telah menaklukkan diri mereka sendiri dalam proses pengikisan Kristen yang menyublimkan sifat manusia daripada menghancurkannya. Mereka telah menobatkan Tuhan menggantikan kehendak mereka sendiri dan ego mereka sendiri, sehingga seperti Santo Paulus mereka dapat mengklaim: “Bukan lagi aku yang hidup, tetapi Kristus yang hidup di dalam aku.”

Allah masih berbicara kepada kita melalui para orang kudus-Nya, karena bahkan di zaman yang penuh kesulitan dan mekanis ini ada jiwa-jiwa yang murni dan rendah hati yang dipersembahkan kepada Allah dan pelayanan sesama manusia. Setiap kali kita bertemu dengan salah satu makhluk istimewa ini, baik di halaman buku atau di lingkungan kita yang sebenarnya, marilah kita memperhatikannya dan melakukan yang terbaik untuk mengikuti kebajikannya.

Ini akan menjadi sulit dengan orang yang menolak untuk mendengarkan Tuhan. Dia memiliki alasan untuk takut ketika dia membiarkan ilham dan rahmat Tuhan melewatinya. Siapa pun yang tuli terhadap seruan Allah tidak dapat diselamatkan.

Tuhan berbicara berkali-kali dalam hati rasul-Nya Yudas, tetapi dia tidak mendengarkan. Bahkan di Taman Getsemani, ketika Yudas mengkhianati Gurunya dengan sebuah ciuman, Yesus berbicara kepadanya dan memanggilnya sahabat-Nya, memberinya ciuman kedamaian dan pengampunan. Tapi pengkhianat itu menolak seruan terakhir ini dan pergi. Semoga ini tidak pernah menjadi takdir kita. “Jangan diam,” mari kita memohon. "Tuhan, jangan jauh dari padaku!" (Mzm. 35:22) Yang terpenting, marilah kita dengan patuh mendengarkan suara-Nya dari mana pun sumbernya, dan marilah kita melakukan apa yang Dia sarankan kepada kita.—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.



terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy