| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Tujuan Hidup


 

Mari kita renungkan kembali orang yang melakukan perjalanan tanpa akhir, dan tampaknya tanpa tujuan, ke negeri demi negeri. Dia berjalan lama melewati lembah dan pegunungan, di musim panas yang terik dan musim dingin yang tajam di bulan-bulan musim dingin. Tidak ada bedanya baginya apakah matahari memberinya dorongan atau hujan dan salju menghalanginya, dia terus maju. Dia menyeberangi sungai, banjir, gunung dan bukit kecil, dan turun ke lembah lagi. Tapi akhirnya, ketika dia bepergian selama bertahun-tahun, dia merasa lelah.

Dia berbalik dan melihat orang lain menatapnya dengan belas kasih di matanya. Dia mendekati orang asing itu, yang berkata kepadanya: "Temanku, kamu terlihat lelah. Apakah kamu sudah lama berjalan?" "Untuk waktu yang sangat lama," jawabnya, "dan aku sangat lelah." "Tapi mau kemana?" orang lain bertanya. "Apa tujuanmu?" Pelancong itu menghela nafas seolah-olah dia baru saja bangun dari tidur nyenyak dan bergumam: "Kemana saya pergi? Saya tidak tahu! Saya sudah lama berjalan, tetapi saya tidak tahu ke mana saya pergi." Mendengar ini, teman barunya menatap pengelana itu dengan lebih kasihan, menatapnya seolah-olah dia adalah orang bodoh yang malang.



Ketika kita merenung sedikit, tidakkah kita merasa seperti musafir yang malang ini? Perjalanan kita telah berlangsung selama bertahun-tahun yang sulit dan melelahkan. Sudahkah kita serius memikirkan ke mana kita akan pergi? Sudahkah kita memecahkan masalah mendasar dari perjalanan duniawi kita - tujuan-tujuan hidup kita? “Apa gunanya seorang,” kata Yesus kepada kita, “jika ia memperoleh seluruh dunia, tetapi kehilangan nyawanya sendiri?” (Mat 16:26) Kesejahteraan kekal kita adalah pertanyaan besar yang harus terus kita renungkan.

Lebih dari segalanya, penting untuk menjaga keselamatan kekal kita. Dibandingkan dengan ini, semua bisnis lain tidak penting. Keselamatan pribadi kita adalah satu-satunya hal yang mutlak penting dalam hidup kita. Marilah kita merenungkan fakta penting ini, yang telah mempertobatkan begitu banyak pendosa dan memenuhi Surga dengan para orang kudus.

Jika saya kehilangan jiwa saya, apa gunanya uang atau kesuksesan bagi saya? Apa gunanya belajar manusia atau kesenangan duniawi? Semua ini akan berlalu, sedangkan hanya perbuatan baik saya yang akan menimbang keseimbangan keadilan ilahi yang menguntungkan saya.

Mari kita renungkan dosa-dosa kita, yang sayangnya begitu banyak, dan perbuatan baik kita, yang mungkin jumlahnya jauh lebih sedikit. Akan menjadi tragis bagi kita jika beban dosa kita harus membawa kita menuju kutukan. Masih dalam kekuatan kita untuk menjaga hal ini dengan menjalani kehidupan penebusan dosa dan kesucian. “Berusahalah... dengan perbuatan baik untuk memastikan panggilan dan pilihanmu.” (2 Petrus 1:10)

Kita tidak boleh berkecil hati karena keselamatan kita membutuhkan begitu banyak pengorbanan di pihak kita. Yesus memperingatkan kita bahwa memang harus demikian. “karena sesaklah pintu dan sempitlah jalan yang menuju kepada kehidupan” (Mat 7:14) ”Kerajaan Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya..” (Mat 11:12) "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya setiap hari dan mengikut Aku." (Lukas 9:23) Semua ini diperlukan untuk keselamatan, dan siapa pun yang tidak siap memenuhi tuntutan ini tidak dapat memperoleh kebahagiaan abadi. Meskipun demikian, tidak perlu putus asa. Apa yang sulit bagi manusia mudah bagi Allah. Jika kita meminta kasih karunia Allah dan bekerja sama dengan murah hati dengannya, kita akan diselamatkan. Marilah kita memutuskan untuk memainkan peran kita dengan baik.—

 
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy