| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Membangun Kesadaran Diri


 "Amati dengan rajin gerakan alam dan rahmat,"
kata mengikuti jejak Kristus, "karena mereka bergerak dengan sangat kontras dan halus, dan hampir tidak dapat dibedakan kecuali oleh manusia spiritual, dan yang tercerahkan di dalam." (Imit. of Christ, Bk. III, c. 54.)

Pergumulan antara sifat kejatuhan dan kasih karunia disebabkan oleh dosa asal, yang memadamkan kehidupan supernatural dalam diri kita dan menimbulkan ketidakharmonisan yang ada antara kemampuan dan akal kita yang lebih rendah, dan antara akal dan Tuhan. Bahkan para orang kudus mengalami pertempuran internal yang menakutkan antara yang baik dan yang jahat. “di dalam anggota-anggota tubuhku aku melihat hukum lain” kata St. Paul, “berjuang melawan hukum akal budiku.” (Roma 7:23) Di tempat lain dia mengeluh bahwa “keinginan daging berlawanan dengan keinginan Roh dan keinginan Roh berlawanan dengan keinginan daging,” (Galatia 5:17) dan bahwa pencobaan daging menyerangnya begitu kuat sehingga dia memohon kepada Tuhan untuk menyelamatkannya. Tetapi jawaban Tuhan atas permohonannya adalah:  "Cukuplah kasih karunia-Ku bagimu, sebab justru dalam kelemahanlah kuasa-Ku menjadi sempurna." (Bdk. 2 Kor 12:7-9)

Ini tidak berarti bahwa sifat manusia pada dasarnya rusak dan tidak mampu berbuat baik sebagai akibat dari dosa. Kecenderungan menuju kebaikan dan menuju Tuhan tetap ada dan sangat kuat di saat-saat terbaik kita. Namun demikian, kita membutuhkan uluran tangan Tuhan agar kecenderungan ini dapat dinyatakan dalam perbuatan baik yang layak mendapatkan ganjaran yang kekal. Untuk alasan ini kita harus berdoa dengan rendah hati dan terus menerus untuk anugerah berharga dari rahmat ilahi.

Dua ekstrem harus dihindari dalam hubungan antara alam dan rahmat. Yang pertama adalah para rigorist yang tidak melihat apa-apa dalam sifat manusia selain kebingungan dan kecenderungan terhadap kejahatan, dan karena itu menganjurkan dominasi besi yang sama sekali tidak memiliki pemahaman tentang kelemahan manusia. Mereka percaya bahwa kesempurnaan harus dicapai dengan cepat melalui kesengsaraan dan penebusan dosa yang paling ganas. Pendekatan kehidupan spiritual yang terlalu keras ini dapat menyebabkan keputusasaan dan akhirnya runtuh. Jalan kesempurnaan adalah tangga naik yang harus didaki selangkah demi selangkah. Jatuh harus diantisipasi, tetapi perlu segera bangkit kembali dengan keberanian baru, mengetahui bahwa ketika kita mencapai puncak kita akan menemukan istirahat dan kedamaian.

Ekstrem lainnya adalah sikap santai yang dangkal. Tidak ada penekanan pada perlunya kasih karunia, tidak juga pada perlunya doa dan kerja sama yang setia dengan kasih karunia Allah untuk melakukan perbuatan baik. Sebaliknya ada semacam kesopanan alami dan kebajikan suam-suam kuku yang mengabaikan perlunya matiraga dan semangat pengorbanan. Siapa pun yang memulai jalan ini tidak akan pernah bisa menjadi orang Kristen yang bersemangat dan aktif.

Meskipun ada perbedaan antara anugerah dan alam, ada juga harmoni tertentu, karena Tuhan menciptakan kita untuk diri-Nya sendiri, seperti kata St. Agustinus, dan hati kita tidak akan pernah tenang sampai mereka beristirahat di dalam Dia. Anugerah adalah cangkok supranatural yang meninggikan kodrat kita dan membuatnya mampu mencapai kehidupan abadi. Adalah perlu untuk membuang semua pucuk tunggul pohon tua dan merawat cabang-cabang baru. Baru setelah itu kita akan mulai mendekati kesempurnaan Kristiani.

“Oleh karena itu, ya Tuhan, biarlah kasih karunia-Mu selalu berjalan di depan dan mengikutiku, dan membuatku selalu melakukan perbuatan baik, melalui Yesus Kristus Putra-Mu, Amin.” (Imit. of Christ, Bk. III, c. 55)—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy