| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Melaksanakan kehendak Tuhan

St. Michael & St. Mary Stillwater, MN Catholic Church     
 

Jika sebuah perahu berjalan mengikuti arus, ia hanya membutuhkan sedikit tarikan dayung atau panduan kemudi. Lintasannya mulus dan damai.

Hal yang sama berlaku bagi mereka yang menaruh keyakinan mutlak pada Tuhan dalam perjalanan hidup mereka. Tuhan tahu bahwa saya mencintai-Nya, alasan mereka; Dia tahu bahaya yang saya hadapi dan tahu betapa lemahnya saya. Dia tidak akan membiarkan saya dicobai melebihi kekuatan saya. “Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (1 Kor. 10:13)

Mengapa saya harus khawatir ketika saya tahu bahwa apa pun yang Tuhan simpan untuk saya adalah untuk kebaikan saya sendiri? Apakah saya menderita kesehatan yang buruk? Biarlah kehendak Allah yang terjadi, karena ini untuk kesejahteraan rohani saya. Apakah saya kuat dan mampu bekerja untuk kemuliaan-Nya? Izinkan saya berterima kasih kepada Tuhan karena menjadikan saya alat kebaikan-Nya.


Apakah saya difitnah atau disalahpahami? Penghinaan ini baik untukku. Apakah saya dihargai dan dihormati? Izinkan saya menerima ini juga dari tangan Tuhan dan menggunakan karunia yang telah Dia berikan kepada saya sebaik mungkin, karena tanggung jawab saya menjadi lebih besar karenanya. Akan menjadi kerugian yang menyedihkan jika pemberian ini membuat saya angkuh dan sombong, karena itu bukan milik saya tetapi milik Tuhan. Tidak perlu diganggu. Semuanya harus diselesaikan untuk Tuhan, dengan Tuhan dan di dalam Tuhan, dan dengan penyerahan total pada kehendak-Nya.

Terkadang salib tampak terlalu berat. Penderitaan fisik atau moral dapat menimbulkan perasaan memberontak, atau pencobaan dapat tumbuh begitu kuat sehingga saya merasa kewalahan dan tidak mampu mengalami pengaruh adikodrati dari kasih karunia Allah.

Pada saat-saat seperti itu saya harus mengingat kata-kata Yesus: “Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan. Sebab kuk yang Kupasang itu enak dan beban-Kupun ringan” (Mat 11:28-30)

Jika saya menyerahkan diri saya sepenuhnya di tangan Tuhan, salib saya akan menjadi lebih ringan. Kekhawatiran dan kesengsaraan saya akan lebih mudah ditanggung, dan saya tidak akan terlalu gembira dengan kesenangan duniawi.

Semua orang kudus memiliki kepercayaan yang sempurna kepada Allah. Oleh karena itu mereka selalu puas. St Yusuf hanyalah satu contoh. Dia bersukacita melihat Putra Allah lahir dari pasangannya yang tak bernoda, tetapi dia juga melihat Dia dilahirkan pada malam yang dingin dan gelap dalam kondisi yang paling jorok. Dia mendengar paduan suara Malaikat memuji Tuhan di atas palungan rendahan dan melihat para gembala dan orang Majus menyembah Putra Ilahi. Tetapi segera setelah itu dia mendengar dari seorang utusan surgawi bahwa Herodes berusaha untuk membunuh Yesus dan bahwa perlu melarikan diri ke pengasingan di Mesir.

Patriark yang suci pasrah pada kemiskinan palungan dan ketidaknyamanan pengasingan sebagaimana dia bersyukur kepada Tuhan atas hadiah dan kegembiraan luar biasa yang telah diberikan kepadanya. Dia tahu bahwa Tuhan dapat menyelesaikan dengan satu tindakan kehendak ilahi-Nya semua masalah yang dia hadapi sepanjang hidup. Tapi dia tidak pernah meminta bantuan seperti itu. Satu-satunya keinginannya adalah melakukan kehendak Tuhan dengan sempurna. Biarlah ini menjadi keinginan kita juga, dan marilah kita tidak pernah berhenti meminta rahmat ini dari Tuhan.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy