| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang kesombongan


 Tuhan sangat bahagia dalam diri-Nya sejak keabadian dan tidak membutuhkan makhluk apa pun untuk menambah kemuliaan-Nya. Namun demikian, untuk menyebarkan kekuasaan dan kebaikan-Nya, Dia menciptakan dunia kita yang di dalamnya tercermin keharmonisan Roh Ilahi-Nya. Bahkan ketika segala sesuatu berasal dari Dia, mereka memiliki Dia sebagai tujuan akhir mereka. Dia adalah pelabuhan abadi tempat semua makhluk mengalir, bahkan seperti sungai yang terus mengalir hingga mencapai kedamaian laut. Di dunia tata surya yang luas ini berputar di cakrawala, kekayaan mineral dan tumbuhan dan ciptaan hewan, Anda hanyalah makhluk yang sangat kecil yang telah menerima segalanya dari Tuhan. Namun demikian, Anda sering yakin bahwa Anda penting. Anda memuliakan bakat Anda seolah-olah itu milik Anda dan bukan hadiah yang diberikan Tuhan kepada Anda.

Kesombongan adalah salah satu bentuk pencurian. Tuhan telah memberi kita segalanya, termasuk kehidupan itu sendiri, dan kita bertindak seolah-olah pemberian-Nya adalah milik kita yang sah. Kita membual tentang mereka, memamerkannya di perusahaan orang lain, dan senang ketika kita menerima pujian atau rasa hormat. Mari kita bayangkan bahwa kita sedang sekarat dan akan segera sendirian di hadirat Tuhan. Pada saat tertinggi itu, apakah kemuliaan duniawi penting bagi kita? Dalam hal apa sanjungan manusia dan kesuksesan sementara? Ketika kita sendirian di hadapan Tuhan, tidak ada yang berarti kecuali kerendahan hati dan jasa yang telah kita peroleh. Ini akan membuat kita layak untuk persahabatan dengan Allah dan untuk upah surgawi.

Kesombongan menghancurkan apa pun yang baik dalam tindakan kita dan menjadikannya sia-sia di hadapan Allah. Itu merampas semua perbuatan baik kita karena itu harus dilakukan hanya untuk kemuliaan Tuhan, sedangkan kita melakukannya untuk kemuliaan kita sendiri. Kita ingin mereka dilihat oleh orang lain sehingga kita akan dihormati oleh manusia sebagai orang yang mulia dan kudus.

Jika tindakan kita dimotivasi oleh kepentingan diri sendiri dan bukan oleh keinginan untuk kemuliaan Allah, kita akan mendengar hukuman yang mengerikan di kursi pengadilan Allah: "Kamu telah menerima upahmu." (Bdk. Mat 6:2) Jika selama hidup kita mencari kepuasan kita sendiri daripada kemuliaan Allah, kita tidak akan menerima upah yang kekal.

“Apa yang engkau punyai,”
tanya Santo Paulus, “yang belum engkau terima? Dan jika engkau memang menerimanya, mengapakah engkau memegahkan diri, seolah-olah engkau tidak menerimanya?” (1 Kor. 4:7) Setiap kali kita tergoda untuk menjadi sombong atau membanggakan diri, marilah kita merenungkan kata-kata Rasul bangsa-bangsa ini. "Sungguh aku telah menjadi bodoh; tetapi kamu yang memaksa aku. Sebenarnya aku harus kamu puji. Karena meskipun aku tidak berarti sedikitpun, namun di dalam segala hal aku tidak kalah terhadap rasul-rasul yang luar biasa itu." (2 Kor. 12:11)

Jika kita mencontoh hidup kita dengan teladan yang luar biasa ini, kita akan memiliki kedamaian di bumi dan pahala abadi di Surga.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy