| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 11 Juli 2023 St. Benediktus, Abas

Public Domain

 
Hari ini, Gereja memperingati St Benediktus, juga dikenal sebagai St Benediktus dari Nursia, adalah pendiri Ordo Benediktin, dan juga Santo Pelindung Eropa, yang pengaruh dan karya-karyanya bertahan hingga hari ini di sejumlah besar organisasi keagamaan, lembaga-lembaga yang keturunan langsung dari Ordo Benediktin aslinya, serta banyak lembaga keagamaan lainnya yang mengikuti Aturan St Benediktus memang merupakan teladan yang luar biasa bagi kita tentang bagaimana kita masing-masing harus menjalani hidup kita.
 
Bagaimana bisa begitu? St Benediktus adalah putra seorang bangsawan Romawi di tempat yang sekarang menjadi bagian dari Italia, yang dididik dengan baik di masa mudanya tetapi kecewa dengan ekses keduniawian, dan mulai mencari kehidupan baru sebagai seorang pertapa dan biarawan. Dengan demikian, ia mulai hidup dalam pengasingan, jauh dari kemuliaan dan godaan dunia, di mana ia terus bertumbuh dalam hikmat dan kesucian, serta dalam cinta dan komitmennya kepada Tuhan, yang menarik banyak orang untuk tertarik pada cara hidupnya, membangun dasar untuk Ordo Benediktin kemudian dan berkembangnya kehidupan religius dan biara-biara di seluruh Kekristenan. Melalui St Benediktus dan teladannya yang luar biasa dalam iman dan komitmen kepada Tuhan, banyak orang datang untuk mencari Tuhan dan meninggalkan ekses dunia ini, sebagai ganti kebahagiaan sejati yang hanya dapat ditemukan di dalam Tuhan. Demikianlah berapa banyak yang dipanggil kepada Tuhan dan keselamatan-Nya dengan iman yang agung dan teladan yang ditunjukkan oleh St. Benediktus. St Benediktus meninggal sekitar tahun 550 dan dimakamkan di kuburan yang sama dengan saudara perempuannya, yang meninggal tidak lama sebelum saudara laki-lakinya. Selama masa pemerintahan Kaisar Charlemagne, Aturan Benediktus menjadi aturan standar untuk biara-biara di Eropa Barat.

Saudara-saudara dalam Kristus, apakah kita mau dan mampu untuk berkomitmen mengikuti Tuhan dengan sepenuh hati, dan mengabdikan diri kita setiap hari dan setiap saat, sehingga kita benar-benar dapat menjadi pengikut dan murid Tuhan kita yang layak, diilhami oleh hamba-hamba-Nya yang kudus? seperti St Benediktus dan banyak lainnya? Apakah kita mampu mempercayakan diri kita pada pekerjaan-Nya, dan melakukan apapun yang kita bisa untuk memuliakan Tuhan melalui hidup kita? Semoga Tuhan terus membimbing dan menguatkan kita, dan semoga Dia memberdayakan kita semua untuk hidup lebih layak di hadirat-Nya, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy