| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Sifat sejati Kekudusan

Dalam sebuah pesan radio yang disiarkan pada kesempatan Beatifikasi Paus Innosensius XI, Paus Agung, Pius XII, mendefinisikan kekudusan sebagai “kesadaran yang mendalam akan ketundukan yang setia kepada Allah, yang disembah dan dicintai sebagai awal, akhir, dan norma dari setiap pikiran, kasih sayang, perkataan, dan tindakan.”

Mari kita renungkan definisi ini, yang membantu menjelaskan sifat sejati kekudusan. Orang Kudus harus selalu memiliki kesadaran yang tajam akan ketergantungannya sendiri kepada Tuhan, Pencipta, Penebus dan Pengudusnya, dan harapannya akan ganjaran dan kebahagiaan di kehidupan selanjutnya. Kesadaran ini harus hidup, karena seharusnya tidak mungkin untuk dikaburkan oleh gangguan duniawi atau dilenyapkan oleh daya pikat hawa nafsu. Itu harus aktif, sehingga tidak hanya menjadi pengakuan teoretis atas ketergantungan kita yang tidak lebih dari sekadar pemujaan bibir; sebaliknya, itu harus mampu mengubah hidup kita menjadi tindakan ketaatan dan kasih. Akhirnya, itu harus menjadi kesadaran yang setia, kepatuhan penuh dan sukarela kepada Tuhan yang merupakan kekuatan pendorong di balik semua kata dan tindakan kita, dan yang mengilhami kita dalam suka dan duka, dalam kemenangan dan kekalahan. Jika kita ingin menjadi orang Kristen yang sempurna, kita harus memupuk kesadaran akan ketergantungan kita kepada Tuhan seperti ini.

Tidaklah benar untuk mengatakan bahwa kesucian hanya dapat dicapai oleh beberapa jiwa terpilih, sehingga kebaikan biasa cukup bagi orang-orang seperti kita yang memiliki begitu banyak hal lain untuk dipikirkan dan dilakukan. Sikap seperti itu mengarah pada suam-suam kuku, yang darinya merupakan langkah singkat dan mudah untuk berbuat dosa itu sendiri. Lagi pula, tidak ada yang namanya kebajikan biasa-biasa saja, karena jika kebajikan tidak mengarah pada kesempurnaan, itu tidak asli. Seorang Kristiani yang tulus tidak bisa puas dengan keadaan biasa-biasa saja, karena dia wajib kudus, atau setidaknya berjuang keras dengan bantuan rahmat Tuhan untuk menjadi kudus.

Bahkan dalam Perjanjian Lama kita membaca: “Akulah TUHAN, Allahmu, maka haruslah kamu menguduskan dirimu dan haruslah kamu kudus.” (Imamat 11:44; 19:2) Nasihat ini diulangi oleh Santo Petrus dalam suratnya yang pertama, (1 Petrus 1:15-16) dan dalam Injil Yesus sendiri memerintahkan kita untuk menjadi sempurna sama seperti Bapa surgawi kita sempurna. (Mat. 5:48) Jadi, kekudusan adalah tujuan yang harus diupayakan oleh semua orang Kristen yang tulus.

Kita membutuhkan Orang Kudus untuk mengingatkan kembali masyarakat kita yang sesat dan korup ke jalan kebenaran, keadilan, dan kasih. Kita hendaknya berdoa kepada Allah untuk mengirimkan kepada kita para Orang Kudus yang akan memperbarui dunia dengan menjalankan Injil dan menjadikannya hidup bagi orang lain. Di atas segalanya, kita harus berusaha untuk menjadi kudus bagi diri kita sendiri. Untuk mencapai hal ini kita tidak perlu mengenakan kain karung, pergi ke padang pasir, atau mengurung diri di biara. Kita masing-masing dapat menjadi orang kudus di rumahnya sendiri dan di posisi apa pun yang telah diberikan Tuhan kepadanya. Yang harus kita lakukan adalah mematuhi kehendak Tuhan dalam segala hal, mencintai Dia di atas segalanya, mencintai sesama kita seperti diri kita sendiri, menghindari dosa dan mengarahkan pada apa yang baik. Kita dapat dan harus melakukan semua ini dengan bantuan Tuhan.—


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy