| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Bersyukur kepada Tuhan

 

 
 Tuhan telah menganugerahi kita dengan karunia jasmani dan rohani yang luar biasa, menciptakan kita menurut gambar-Nya sendiri dengan kekuatan akal dan kehendak. Lebih dari itu, Dia telah mengangkat kita ke tatanan adikodrati dengan mengkomunikasikan kepada kita kasih karunia-Nya, yang memampukan kita untuk menjalani hidup-Nya sendiri dan berbagi dalam sifat ilahi-Nya sebagai anak angkat-Nya.

Rahmat adalah anugrah terbesar yang diberikan Tuhan kepada kita. Itu menerangi pikiran kita dan menggerakkan keinginan kita untuk mematuhi perintah-perintah-Nya dan untuk melakukan tindakan yang pantas mendapatkan ganjaran yang kekal. Ini adalah hadiah yang sepenuhnya supranatural dan cuma-cuma. Untuk alasan ini kita tidak pantas mendapatkannya, tetapi kita harus terus berdoa untuk itu karena itu mutlak diperlukan jika kita ingin berbuat baik dan pantas mendapatkan Surga. Leluhur pertama kita, Adam, dianugerahi karunia ini oleh Pencipta kita. Sayangnya, karena dosa asal dia kehilangan itu untuk dirinya sendiri dan keturunannya.

Kita tidak dapat mengeluh kepada Allah tentang kehilangan ini, karena kasih karunia sepenuhnya merupakan karunia adikodrati yang sama sekali bukan karena sifat manusiawi kita. Untuk alasan yang sama, kita tidak dapat menerimanya sendiri. Tetapi Allah, yang baik tak terhingga dan adil tak terhingga, mengutus Putra Tunggal-Nya untuk menebus kita dari dosa dan memberi kita persahabatan-Nya sekali lagi.

Kita harus sangat berterima kasih kepada Tuhan atas bantuan yang luar biasa ini dan harus menyatukan upaya kita pada tindakan rahmat ilahi dalam melakukan perbuatan baik yang akan memampukan kita untuk mendapatkan kehidupan abadi.

Sungguh mengherankan untuk mempertimbangkan betapa banyak yang dicapai St. Paulus ketika dia telah diubahkan oleh kasih karunia Allah. Dulunya seorang penganiaya orang Kristen, ia menjadi Rasul bangsa-bangsa lain. Tercerahkan oleh iman dan diilhami oleh kasih amal, dia berkeliling dunia menyebarkan agama Yesus Kristus ke mana-mana.

Dia tidak takut pada kemarahan orang-orang Yahudi yang bermusuhan atau pengadilan para hakim Romawi, tidak ada perjalanan yang panjang dan sulit, tidak ada pencambukan, kapal karam dan penjara. “Kasih Kristus yang menguasai kami,” (2 Kor. 5:14) katanya. Itu adalah kasih Tuhan yang mendorongnya terus menerus sampai dia menemui kemartirannya. Tapi bagaimana dengan diri kita sendiri? Kita juga telah menerima kasih karunia dari Tuhan. Seringkali kita mendengar suara-Nya meminta kita untuk meninggalkan cara-cara kita yang berdosa, untuk mempraktikkan kebajikan, untuk lebih mencintai-Nya dan membuktikan cinta kita dengan perbuatan. Jika kita bekerja sama, kita akan dapat berkata dengan Santo Paulus: “karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia,” (1 Kor. 15:10) dan “aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.” (Ibid.)

Akan tetapi, perlu diingat bahwa Yudas juga menerima rahmat khusus dari Tuhan. Dia tidak berhubungan dengan mereka dan mungkin dikutuk untuk selama-lamanya. Jika kita gagal menyesuaikan diri dengan rahmat Tuhan, hasilnya akan tragis bagi diri kita sendiri.

“TUHAN, janganlah berdiam diri, ya Tuhan, janganlah jauh dari padaku!”
(Mzm. 35:22)

Tidak pernah benar-benar Tuhan yang diam. Dia selamanya menarik bagi kita untuk menjalani kehidupan yang baik. Dia tidak pernah benar-benar jauh dari kita, tetapi selalu siap melimpahkan karunia-Nya kepada kita. Bahkan ketika kita telah berdosa, kita mendengar suara-Nya mendorong kita untuk berpikir tentang penyesalan. Bahkan ketika kita menjauh dari-Nya, Dia mengikuti dan meminta kita untuk kembali kepada-Nya. Kitalah yang harus memastikan bahwa kebisingan dunia tidak akan menghalangi kita untuk mendengar seruan kebapaan-Nya, dan pencobaan dosa tidak akan menghancurkan pengaruh-Nya atas kita.

Marilah kita terus memohon rahmat-Nya karena kita selalu membutuhkannya. Marilah kita menggunakannya dengan baik agar memungkinkan kita memperoleh kehidupan abadi.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy