| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Anugerah dari Sang Pencipta


 Salah satu karunia terbesar Tuhan, kata yang diucapkan, adalah cerminan dari pikiran kita dan ekspresi dari keinginan kita. Di dalam Tuhan, Sabda adalah sesuatu yang jauh lebih besar, karena itu adalah gambar substansial dari Tuhan, Sabda Kekal dari Bapa yang melalui Dia mengenal dan karena itu mencintai diri-Nya sendiri. Itu adalah Pribadi Kedua dari Tritunggal Mahakudus. Karena kita telah diciptakan serupa dengan Allah, Pencipta kita juga menganugerahi kita dengan kekuatan yang terbatas untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan kita.

Sulit membayangkan betapa tidak bahagianya kita jika kita tidak dapat mengekspresikan diri dan tidak dapat mengkomunikasikan ide dan perasaan kita kepada orang lain. Kita harus merasa terisolasi seperti bebatuan yang dipisahkan satu sama lain oleh hamparan laut yang luas, karena kita tidak dapat memberikan apa pun dari diri kita kepada orang lain atau menerima imbalan apa pun. Kita bahkan tidak bisa memuji Tuhan dan mengatakan kepada-Nya betapa kami mencintai-Nya. Tuhan bisa saja menciptakan kita tanpa karunia berbicara. Karena Dia telah memberikannya kepada kita, kita harus menunjukkan rasa terima kasih kita dengan menggunakannya untuk kemuliaan-Nya, untuk kesejahteraan kita, dan untuk keselamatan sesama kita.

Di atas segalanya, karunia berbicara dimaksudkan untuk digunakan dalam doa. Lidah harus mengungkapkan secara lahiriah bahasa batin pikiran dan hati, yang terutama berkaitan dengan penyembahan terhadap Pencipta kita. Karena kita telah menerima semua yang kita miliki dari Tuhan, semua pemberian kita harus digunakan dalam pelayanan-Nya. Pidato diberikan kepada kita tidak hanya untuk memungkinkan kita berbicara dengan manusia, tetapi lebih khusus lagi untuk memungkinkan kita berbicara dengan Tuhan. Marilah kita menguduskan anugerah ini melalui doa. Akan tetapi, marilah kita berhati-hati agar doa-doa kita tidak menjadi sia-sia dan dangkal sementara pikiran kita terserap oleh hal-hal lain.

Segala sesuatu dalam diri kita harus berdoa. Intelek harus bersujud dalam pemujaan keagungan Tuhan; kehendak harus menyesuaikan dirinya sepenuhnya dengan hukum-Nya; hati harus menemukan kebahagiaan sejati dan satu-satunya di dalam Tuhan; dan lidah harus memuji Dia, memohon pertolongan dan pengampunan-Nya, dan mempersembahkan seluruh keberadaan kita kepada Dia yang dari-Nya kita telah menerima segalanya. Ini harus menjadi fungsi utama dari pidato. Jika karunia ini digunakan dengan cara ini, itu akan memberi kita banyak rahmat dan bantuan lain dari Tuhan.

Pidato tidak pernah dimaksudkan untuk digunakan dalam berbohong dan menipu sesama kita, atau dalam memberikan skandal dengan percakapan yang tidak baik atau menghujat. Itu diberikan kepada kita agar kita dapat membantu orang lain melalui percakapan yang mencerminkan kebaikan batin kita sendiri dan dengan demikian menuntun mereka menuju kesucian. Itu dimaksudkan untuk mengungkapkan simpati dan pengertian, untuk memberikan nasihat yang baik, dan untuk menyemangati orang lain.

Lidah dapat melakukan banyak kebaikan atau banyak kerusakan.

Mari kita memeriksa hati nurani kita sekarang. Jika kita gagal menggunakan karunia berbicara untuk kesejahteraan kita sendiri dan sesama kita, marilah kita mulai memperbaiki pengabaian ini. Marilah kita memutuskan untuk menggunakan karunia ini dalam pelayanan Allah dan dalam karya Kerasulan Kristiani.— 

 
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy