| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Mengendalikan Hawa Nafsu (Bagian 1)


 
 
 Nafsu kita pada dasarnya tidak berdosa. Mereka bisa membuka jalan menuju kejahatan, tapi mereka juga bisa membawa kita menuju kesempurnaan. Semuanya tergantung bagaimana kita mengontrol dan mengarahkan mereka. Mereka adalah impuls yang pada saat yang sama berharga dan berbahaya.

Kodrat manusia terluka akibat dosa asal. Jiwa tidak taat kepada Tuhan, dan kemampuan yang lebih rendah memberontak melawan akal sehat. Karenanya gangguan nafsu kita. Bagaimana seharusnya sikap kita terhadap masalah ini? Haruskah kita menekan atau melenyapkan nafsu kita, seperti yang akan dilakukan oleh beberapa orang Stoa? Faktanya, hal ini tidak mungkin dilakukan, karena nafsu kita adalah kekuatan alam bawaan yang tidak dapat dihancurkan. Yang harus kita lakukan adalah membimbing dan mengendalikan itu. Jika tanggul jebol, sungai yang mengalir deras dapat menyebabkan kerusakan, tetapi jika alirannya diarahkan dengan bijak, ia mengairi tanah dan membuatnya subur. Sama halnya dengan kecenderungan alami kita, yang “dapat digunakan untuk membentuk orang kudus, tetapi juga dapat menjadi perampok”. (Cordovani, Breviario Spirituale, hal. 66)

Seorang manusia dengan temperamen yang berapi-api dan agresif dapat menggunakan dorongan alaminya di bawah bimbingan Tuhan untuk melawan sifat buruk dalam dirinya dan orang lain. Seseorang yang pada dasarnya angkuh dan ambisius dapat mengubah ambisinya menjadi pencarian kemuliaan Surga yang sejati dan abadi. Akhirnya, seorang manusia yang penuh gairah yang merasakan kebutuhan untuk mengasihi dan dikasihi dapat menemukan solusi parsial dalam persahabatan Kristiani. Namun yang terpenting, dia dapat menemukan ketenangan dalam kasih Tuhan.

Adalah hal yang sulit untuk mengendalikan dan mengarahkan kecenderungan alami kita. Itu membutuhkan ketekunan, pengorbanan, dan rahmat Tuhan, yang harus selalu kita doakan.

Seringkali perjuangan ini berlangsung seumur hidup, dan kita masih bisa kalah bahkan setelah bertahun-tahun berperang. Namun, penting untuk tidak pernah menyerah. Jika seseorang menerima kekalahan dan dengan diam-diam tunduk pada tirani nafsu berdosa, dia tersesat selamanya. Ini adalah pandangan yang buruk juga bagi seorang Kristen yang akhirnya puas dengan kehidupan biasa-biasa saja yang tidak berharga. Kita harus berjuang keras, berdoa dengan sungguh-sungguh, dan tidak menghargai apa pun yang lebih tinggi daripada kasih Kristus. Ketika kita akhirnya menang, kegembiraan kita akan lebih besar daripada kebahagiaan apa pun yang dapat diberikan dunia.

Marilah kita waspada dalam mengendalikan hawa nafsu kita. Segera setelah mereka menggoda kita untuk melakukan sesuatu yang bertentangan dengan akal sehat dan hukum ilahi, marilah kita memperbarui tekad kita dan memohon pertolongan Tuhan. “Ya Tuhan,” mari kita berdoa, “Aku ingin mengasihi-Mu di atas segalanya. Aku tidak ingin merenungkan atau bermaksud atau melakukan apa pun yang dapat menyinggung Engkau dengan cara apa pun. Ini adalah satu-satunya cara di mana kami akan menemukan kedamaian dan hati nurani yang tenang untuk, seperti yang dikatakan "Mengikuti Kristus", "setiap kali seseorang menginginkan sesuatu secara berlebihan, dia langsung gelisah di dalam dirinya sendiri." (Imit. of Christ, Bk. 1, c. 6) “Dengan melawan hawa nafsu,” lanjutnya, “dan bukan dengan melayaninya, kedamaian hati yang sejati dapat ditemukan.” (Ibid.)—
 
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy