| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Pendakian Spiritual


 Sangat sedikit orang yang ditakdirkan untuk hal-hal besar oleh Allah Yang Mahakuasa. Sebagian besar dari kita harus mempersembahkan diri kita dalam jalan hidup yang relatif tidak penting di mana kita telah ditempatkan oleh penyelenggaraan Ilahi. Hanya beberapa Orang Kudus yang diberkati dengan kebajikan luar biasa dan kekuatan ajaib yang menarik perhatian dan kekaguman dunia. Dalam peristiwa normal, kesempurnaan Kristiani harus diperoleh sedikit demi sedikit melalui praktik kebajikan biasa dan tindakan baik yang tidak spektakuler. Selalu ada ruang untuk ini. Lonjakan kemarahan dapat diredam dari motif kasih Allah dan sesama kita. Kita bisa berperilaku sopan terhadap orang yang tidak simpatik terhadap kita atau yang menyinggung kita dengan perilaku tidak sopan mereka. Kita dapat melawan kesombongan dengan tindakan kerendahan hati dan egoisme dengan tindakan kasih. Kita dapat mempermalukan diri kita sendiri dalam ucapan, perilaku, dan di meja makan, dan kita dapat memberikan sedekah kepada orang miskin, nasihat yang baik kepada orang yang bodoh, dan penghiburan kepada orang yang menderita.
 
Semua tindakan bajik ini tidak penting di mata manusia, tetapi itu besar di hadapan Tuhan. Bilah-bilah rumput dan bunga-bunga di padang rumput adalah benda-benda kecil, tetapi digabungkan menjadi padang rumput yang menyediakan makanan bagi ternak. Marilah kita melakukan tindakan-tindakan kecil ini setiap hari dan dengan demikian memupuk kebajikan-kebajikan biasa. Kita akan menarik perhatian dan perkenanan Tuhan, yang akan membantu kita maju selangkah demi selangkah menuju puncak kesempurnaan Kristiani.

Sama seperti ada tindakan kebajikan yang sangat biasa, demikian juga ada dosa yang sangat biasa. Tetapi akan gegabah untuk menganggap tindakan penipuan, kesombongan dan ketidaksabaran sebagai hal yang tidak penting. Setiap dosa yang disengaja merupakan pelanggaran terhadap Tuhan, kebaikan tertinggi kita dan Penebus kita.

Bagaimana bisa Tuhan acuh tak acuh terhadap pelanggaran hukum-Nya yang tidak tahu berterima kasih ini? Lagi pula, sama seperti Dia telah meyakinkan kita bahwa secangkir air dingin yang diberikan atas nama-Nya kepada orang yang haus akan mendapatkan upahnya (bdk. Mat 10:42), demikian juga Dia telah meyakinkan kita bahwa tidak ada sedikitpun dosa. dapat masuk ke dalam kemuliaan yang kekal. Kita tidak akan dihukum ke Neraka hanya karena dosa-dosa ringan saja, tetapi kita akan mengalami penurunan rahmat dan wajib menebus dosa-dosa kita baik di kehidupan ini maupun di Api Penyucian.

Keselamatan kekal kita mungkin akan ditentukan oleh tindakan kebajikan biasa dan dosa biasa ini. Yesus membandingkan Kerajaan Surga dengan biji sesawi yang tumbuh menjadi pohon. Demikian pula, banyak Orang Kudus memulai pendakian spiritual mereka dengan mengikuti satu ilham sederhana, dan banyak jiwa, mungkin, mendapati diri mereka dikutuk karena mengabaikan kebajikan dan ilham yang biasa.

Kebajikan biasa dapat berkembang menjadi kebajikan kepahlawanan, tetapi jika seseorang lalai melatih dirinya sendiri untuk bertindak dengan baik dalam hal-hal kecil, bagaimana dia akan berperilaku di masa pencobaan spiritual yang besar? Pengalaman juga mengajarkan kita bahwa sifat buruk yang lebih kecil dapat berkembang menjadi sifat buruk yang besar. “barangsiapa mengabaikan yang kecil-kecil lambat laun jatuh miskin.” (Sir. 19:1) Orang yang tidak setia kepada Allah dalam hal-hal kecil tidak akan setia dalam hal-hal yang lebih besar. Kita naik atau turun di jalan kesempurnaan; hampir tidak mungkin untuk berdiri diam. Jika kita dengan tulus ingin membuat kemajuan, marilah kita memutuskan untuk menghindari godaan dosa yang paling kecil dan memperkaya diri kita sendiri setiap hari dengan tindakan kebajikan kecil.—
 
 
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy