| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Menemukan makna dan tujuan hidup


 Jika ada kemajuan yang sama sepanjang zaman dalam kesucian dan sains, manusia sekarang akan menjadi sangat bijaksana dan sangat suci.

Adalah fakta yang terkenal bahwa sains telah membuat langkah besar, tetapi harus diakui, sayangnya, ia sering melupakan awal dan akhir akhirnya, yaitu hanya Tuhan. Obyek pengetahuan adalah kebenaran, dan semua kebenaran berasal dari Tuhan, tetapi Ia bersemayam dalam benda-benda ciptaan seperti pantulan cahaya ilahi. Kita harus melacak cahaya yang dipantulkan ini kembali ke sumber aslinya. Jika siswa selalu melakukan ini, mereka bisa menjadi bijak sekaligus terpelajar. Mereka akan memperoleh dari studi dan penelitian mereka pengetahuan yang lebih dalam tentang Tuhan, pencipta semua keajaiban di alam semesta, dan mereka akan menemukan cara menyembah dan menaati-Nya.

Ketika sains tersesat atau menjadi tujuan itu sendiri, itu berhenti menjadi layanan nyata dan bisa menjadi alat kejahatan. Ketika sejarah filsafat digambarkan sebagai sejarah penyimpangan manusia, ini sama sekali tidak dilebih-lebihkan. Apalagi ilmu-ilmu teknis dan praktis yang berkembang di zaman ini sering menjadi sarana pemusnahan manusia. Inilah yang terjadi ketika sains berpaling dari Tuhan, yang merupakan asalnya.

Ada banyak pembelajaran di dunia modern, tetapi sangat sedikit kekudusan. Akibat asyiknya dalam kerja intelektual dan penelitian ilmiah, manusia telah melupakan hal terpenting dalam hidup, yaitu kebaikan.

Tampaknya intelek telah menahan dorongan hati dan perintah hati nurani. Jangan biarkan ini terjadi dalam kasus Anda sendiri. Dengan segala cara, miliki dan promosikan pembelajaran, tetapi lebih dari apa pun kembangkan dalam jiwa Anda kesucian yang akan menjadi harta terbesar Anda dalam hidup.

Kita  tidak berhak untuk berbicara jahat tentang pembelajaran dan industri manusia, yang selalu merupakan hadiah dari Tuhan. Tetapi kita harus menyadari bahwa kebaikan lebih penting daripada pengetahuan. Kecerdasan iblis lebih tinggi dari kita, tetapi dia telah kehilangan Tuhan dan kehilangan Tuhan telah kehilangan segala sesuatu yang baik.

“Pengetahuan yang demikian membuat orang menjadi sombong,” (1 Kor. 8:1) tulis St. Paulus. Kesombongan dan keangkuhan dapat dengan mudah muncul dari sedikit pembelajaran, padahal buah kekudusan selalu bermanfaat bagi diri kita sendiri dan orang lain.

Marilah kita rendah hati dalam studi ilmiah kita dan menggunakan hasil yang kita peroleh untuk kemajuan kita sendiri dalam kekudusan.

Padre Cordovans telah menggambarkan kemajuan intelek yang tepat sebagai berikut.

(1) Pertama-tama, ia mempelajari hal-hal yang diketahuinya dan secara misterius memperkaya dirinya sendiri.

(2) Itu muncul dari kelimpahan pengetahuan ini ke rasa tanggung jawab yang lebih tajam dalam hidup, sampai mencapai keharmonisan Kristiani. Pada tahap ini kita memiliki iman, meditasi dan pembinaan Kristiani.

(3) Meditasi tidak mampu menjadi tertutup di dalam dirinya sendiri, tetapi terus membara dengan cinta hingga berkembang menjadi perenungan. Sekarang kita memiliki kontemplatif, yang bisa menjadi biarawan, ilmuwan, atau politikus.

(4) Jika semuanya berjalan dengan baik, kontemplatif meninggalkan keadaan kesendiriannya dan mencari jiwa-jiwa dengan cara para Orang Kudus dan Guru Ilahi kita. Kalau tidak, kontemplatif bisa menjadi pendiam. (Breviario Spirituale, hal. 129)

Kita harus mencoba dan mengikuti kursus ini dalam pelajaran kita, apakah itu sakral atau profan. Jika kita melakukannya, kita akan mencapai kekudusan pribadi dan akan melibatkan diri dalam karya kerasulan untuk orang lain.— 
 
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy