| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Kerendahan hati


 Setelah berdoa, kerendahan hati adalah senjata terbaik dalam perjuangan kita melawan pencobaan.

Tuhan ingin kita menyadari bahwa kita tidak mampu melakukan satu pikiran atau tindakan yang baik tanpa bantuan-Nya. "Dengan diri kami sendiri kami tidak sanggup untuk memperhitungkan sesuatu seolah-olah pekerjaan kami sendiri; tidak, kesanggupan kami adalah pekerjaan Allah." (2 Kor. 3:5) “Allah menentang orang yang sombong, tetapi mengasihani orang yang rendah hati.” (Yakobus 4:6; 1 Petrus 5:5) Kita tidak dapat menaklukkan pencobaan tanpa kasih karunia Allah, dan Allah hanya memberikan kasih karunia-Nya kepada orang yang rendah hati. Dia mengizinkan kita diganggu oleh pencobaan untuk merendahkan kita, dan jika Dia melihat bahwa kita masih sombong Dia membiarkan kita jatuh dengan menolak kasih karunia-Nya. Banyak dari kejatuhan kita, terutama dosa kenajisan, adalah hasil dari kesombongan.

Oleh karena itu, marilah kita menjadi rendah hati dan mengakui kehampaan kita sendiri. Pada saat yang sama, marilah kita memiliki keyakinan penuh pada Tuhan. “Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.” (Flp. 4:13) Kita harus rendah hati tidak hanya di hadapan Allah, tetapi juga di hadapan manusia. “....apakah yang engkau punyai, yang tidak engkau terima? Dan jika engkau memang menerimanya, mengapakah engkau memegahkan diri, seolah-olah engkau tidak menerimanya?” (1 Kor. 4:7) Kesombongan dan ambisi adalah mata rantai yang mengikat kita dalam belenggu dosa.

Metode ketiga adalah menghindari kesempatan berbuat dosa. Siapapun yang menempatkan dirinya tanpa alasan serius pada kesempatan yang dekat dengan dosa pasti akan jatuh. “Dia yang menyukai bahaya,” Roh Kudus memperingatkan kita, “akan binasa di dalamnya.” (Bdk. Sir 3:27) Sia-sia bagi manusia untuk berdoa ketika ia dengan sengaja dan tidak perlu membuka diri terhadap bahaya dosa. Dia tidak dapat mengharapkan Tuhan untuk mendengar doanya, karena ini adalah praduga, bukan keyakinan pada Tuhan.

Di sisi lain seorang laki-laki mungkin diwajibkan untuk mengekspos dirinya pada risiko godaan dalam pekerjaannya atau karena alasan kuat lainnya. Dalam hal ini, dia dapat yakin akan bantuan Allah, tetapi dia harus membentengi dirinya dengan doa yang sungguh-sungguh dan dengan mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk meminimalkan bahaya. Di mana godaan terhadap kesucian yang kudus tersangkut, adalah sangat penting untuk menghindari dosa sekecil apa pun jika memungkinkan. Seperti yang biasa dikatakan oleh St Fransiskus de Sales, ada pertempuran tertentu yang hanya dapat dimenangkan oleh tentara yang siap mundur.

Sangat sering tidak mungkin lari dari pencobaan, dan tidak ada pilihan selain menghadapinya.

Kita tidak dapat menghadapi setiap jenis pencobaan dengan cara yang persis sama. Kesombongan, misalnya, dapat diserang tidak hanya dengan memikirkan kelemahan kita sendiri, tetapi juga dengan melakukan tindakan kerendahan hati. Kita dapat mengatasi sifat lekas marah dengan tetap diam dan dengan bersikap lembut dan sabar. Kita dapat memadamkan keinginan balas dendam dengan berbuat baik kepada musuh kita. Singkatnya, kita dapat melawan setiap godaan dengan melakukan perbuatan baik yang berlawanan dengan sifat buruk yang membuat kita tertarik.

Namun, ada godaan tertentu yang lebih bijaksana untuk tidak dihadapi secara langsung. Jika kita membiarkan diri kita bertatap muka dengan pikiran dan sugesti yang tidak murni, misalnya, indra kita semakin terangsang dan pertempuran menjadi lebih sulit dari sebelumnya. Rahmat Tuhan harus dimohonkan sejak awal dan tekad baik kita harus diperbarui. Kemudian kita harus mengarahkan perhatian kita ke pemikiran dan pengejaran lain yang mampu menahan minat kita. Jika godaan sangat keras, matiraga sukarela mungkin berguna dan bahkan perlu.

Begitu kita menang, kita akan dihadiahi kedamaian spiritual.—

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy