| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 20 Juli 2023 Apollinaris, Uskup dan Martir

Lawrence OP CC

 

Hari ini, Gereja memperingati St. Apollinaris, seorang santo yang hidup dan karyanya, yang tindakannya, perkataannya dan lebih banyak hal tentang dia semoga menginspirasi lebih banyak lagi di antara kita untuk semakin setia kepada Tuhan dan agar lebih layak bagi-Nya. St Apollinaris, juga dikenal sebagai St Apollinaris dari Ravenna adalah Uskup Ravenna dan salah satu bapa Gereja paling awal yang menurut Tradisi Suci, sezaman dengan para Rasul Suci. St Apollinaris mungkin juga salah satu murid Tuhan, dan setidaknya adalah murid St Petrus Rasul, Paus pertama. Menurut tradisi Gereja dan martirologi, St. Apollinaris adalah seorang uskup yang berdedikasi dan hamba Allah, yang mengabdikan hidupnya untuk memelihara kawanannya, seperti bagaimana Tuhan Yesus sendiri mencari domba-Nya yang hilang.  

Akibatnya, dia merawat mereka dan tetap teguh dalam iman dan pengabdiannya kepada Tuhan meskipun ada tantangan yang harus dia hadapi sepanjang pelayanannya, di tengah banyak penganiayaan dan penindasan terhadap komunitas Kristen perdana, Gereja oleh otoritas Romawi. St Apollinaris melakukan apa yang dia bisa untuk melindungi mereka yang berada di bawah asuhannya, menyembunyikan banyak orang Kristen termasuk mereka yang telah diasingkan, dan dihukum karena iman mereka kepada Tuhan. Akhirnya, dia sendiri dianiaya dan menjadi martir untuk semua yang telah dia lakukan dengan setia demi Tuhan dan bertentangan dengan perintah dari negara Romawi itu sendiri, dan sampai akhir, dia tetap setia, dan bernubuat bahwa pada akhirnya Gereja akan menang melawan semua penindasnya, yang memang menjadi kenyataan.
 
St Apollinaris menjadi martir di dekat Ravenna selama penganiayaan yang diperintahkan oleh Kaisar Vespasianus atau Kaisar Nero. Peringatan liturgi martir kuno ini dihapus dari kalender liturgi pada tahun 1969 tetapi diperkenalkan kembali pada tahun 2002. St Apollinaris secara tradisional dipanggil melawan epilepsi dan asam urat dan merupakan santo pelindung beberapa keuskupan di Italia dan Jerman. Basilika Sant'Apollinaire in Classe abad ke-6 dibangun untuk mengenang Santo Apollinaris dan dianggap sebagai harta karun seni dan arsitektur Kristen awal, terutama karena mozaik mewah yang mempercantik interior basilika.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua mengikuti teladan St. Apollinaris dari Ravenna dan mengingatkan diri kita sendiri akan semua dedikasi dan karyanya untuk kemuliaan Allah dan bagi orang lain, sama seperti kita juga mengingat cinta dan kebaikan yang besar yang Tuhan berikan telah tunjukkan kepada kita. Marilah kita semua mengingat bahwa setiap kita sebagai umat Kristiani memiliki tugas dan tanggung jawab yang penting, dalam mewartakan kebenaran dan Kabar Baik Tuhan ke seluruh dunia. Semoga Tuhan terus membimbing kita di jalan kita, dan memberdayakan kita agar kita dapat terus berusaha untuk melakukan yang terbaik dalam iman, dalam ketekunan yang kuat meskipun banyak cobaan dan tantangan yang mungkin harus kita hadapi di jalan kita. Semoga Tuhan memberkati kita semua dan setiap niat dan usaha kita yang baik. Amin.
 
 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy