| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Menerima Komuni Kudus setiap hari


 Sama seperti tubuh kita membutuhkan makanan sehari-hari untuk memulihkan energi yang telah hilang, demikian pula dengan jiwa kita. Makanan jiwa adalah anugerah Tuhan. Tidak ada cara yang lebih baik untuk memperoleh dan meningkatkan rahmat ini selain dengan Komuni Kudus, karena Komuni memberi kita Yesus sendiri, yang merupakan asal mula rahmat. Kesempurnaan spiritual terdiri dari persatuan dengan Tuhan. Kita dapat mencapai persatuan sempurna dengan Allah dalam Komuni Kudus, yang dengannya kita menghayati kehidupan Yesus. "Barangsiapa makan roti ini, ia akan hidup selama-lamanya." (Yohanes 6:58)

Setiap orang yang mengasihi Yesus dengan sungguh-sungguh menerima Komuni Kudus setiap hari. Jika seorang orang tidak melakukan ini, itu adalah tanda bahwa dia tidak mencintai Yesus dengan sempurna. Umat ​​Kristen perdana  “bertekun setiap hari dengan sehati di bait suci, dan memecahkan roti di rumah mereka;” (bdk. Kis 2:46) dengan kata lain mereka menerima Komuni setiap hari. Adalah Yesus dalam Ekaristi Mahakudus yang memupuk iman mereka dan memberi mereka kekuatan untuk menanggung kemartiran. Kebiasaan ini berlaku di banyak tempat hingga zaman St. Hieronimus dan St. Agustinus, yang menulis "Ini adalah Makanan harianmu; terimalah setiap hari untuk mendapat manfaat setiap hari dari-Nya." (De Verbo Domini, Serm. 28) Bagi mereka yang percaya bahwa mereka tidak layak menerima setiap hari, St. Ambrosius berkata: "Orang yang tidak layak menerima setiap hari akan tetap tidak layak dalam waktu satu tahun." (Bk.5, De Sacramentis, c.4)

Kita tidak boleh menjauhi Komuni harian karena ketidaklayakan kita atau karena kejatuhan kita ke dalam dosa. "Karena saya selalu berbuat dosa," kata St. Ambrosius, "saya selalu membutuhkan obat." (Ibid) Kerendahan hati adalah kebajikan dasar yang diperlukan dalam seorang Kristiani, tetapi itu tidak boleh menjadi alasan untuk tidak melakukan Komuni Kudus. St Thomas berkomentar bahwa, meskipun Allah mungkin berkenan untuk menjauhi Komuni Kudus karena kerendahan hati, Dia jauh lebih senang dengan cinta dan keyakinan jiwa yang menerima-Nya. (Bdk. Summa Theologiae, III, q. 8, a. 10 ad. 3) Gereja, seperti Yesus, menginginkan kita untuk menerima Komuni setiap hari, meskipun hanya mengikat kita di bawah siksaan dosa untuk menerima setahun sekali selama Paskah sesuai dengan dengan keputusan Innosensius III, yang dikukuhkan oleh Konsili Trente. Kita juga diharuskan menerima Ekaristi Mahakudus jika kita berada dalam bahaya maut.

Namun, untuk praktik Komuni harian, kita harus mendapat persetujuan dari bapa pengakuan kita. Kita harus bertekad penuh untuk menjaga diri kita bebas dari setiap dosa, terutama dari dosa berat, karena jika tidak, kita tidak dapat mendekati meja Ekaristi. (Jika seseorang menerima Yesus dengan dosa berat pada jiwanya, ia melakukan penistaan yang mengerikan.) Selain itu, praktik ini akan membantu kita untuk menghindari setiap ketidaksempurnaan yang disengaja dan dosa ringan, dan harus mengilhami dalam diri kita semangat amal Kristiani yang hidup. "Terimalah Komuni setiap hari," kata St. Agustinus, "karena itu akan membantu kamu setiap hari ... tetapi kamu harus hidup dengan cara yang memungkinkan kamu untuk berkomunikasi setiap hari." (De Verbo Domini, Khotbah 28)

Komuni yang sering, oleh karena itu, akan memungkinkan kita untuk memulai jalan menuju kesempurnaan tanpa mengendurkan resolusi kita dan tanpa keraguan palsu. "Dua jenis orang," tulis St Fransiskus de Sales, "harus sering menerima Komuni: yang sempurna dan yang tidak sempurna; yang sempurna untuk menjaga kekudusan mereka, yang tidak sempurna untuk mencapai kesempurnaan." (Pengantar Kehidupan yang Berbakti, c. 21) Marilah kita meminta nasihat dari bapa pengakuan biasa kita. Kita akan beruntung jika kita dapat menghadiri Perayaan Ekaristi setiap hari, atau setidaknya sangat sering, karena kita akan yakin bahwa kita berada di jalan menuju kekudusan.

Hati Yesus, membara dengan cinta untuk kami, mengobarkan hati kami dengan cinta untuk-Mu.— 


 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy