| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Komuni Spiritual

Credit: Sidney de Almeida/istock.com

 

Siapa pun yang dengan tulus mengasihi Yesus Kristus tidak akan puas dengan menerima Dia setiap hari dalam Ekaristi Mahakudus. Seringkali di siang hari dia akan merasakan kebutuhan untuk menyatukan dirinya lagi dengan Mempelai ilahi dalam tindakan cinta. Inilah yang dikenal sebagai Komuni spiritual. Itu adalah tindakan alami dan spontan bagi seorang kekasih sejati Yesus.

“Akulah pokok anggur, kamulah ranting-rantingnya,” kata Yesus kepada kita. “Barangsiapa tinggal di dalam Aku, dan Aku di dalam dia, ia menghasilkan banyak buah ... sama seperti ranting tidak dapat berbuah dari dirinya sendiri, kalau ia tidak tinggal pada pokok anggur, demikian juga kamu tidak berbuah, jikalau kamu tidak tinggal di dalam Aku..” (bdk. Yoh 15:4) Karena kehidupan adikodrati mengalir ke dalam jiwa kita dari Yesus, kita harus mempertahankan persatuan kita dengan Dia bahkan ketika Dia tidak hadir secara sakramental. Benar bahwa rahmat ilahi tetap ada di dalam kita selama kita tidak jatuh ke dalam dosa berat, tetapi rahmat itu semakin lemah di bawah pengaruh daya tarik dan godaan duniawi. Penting untuk menghidupkan kembali rahmat yang ada dalam diri kita ketika kita merasa itu memudar. Untuk tujuan ini Komuni Spiritual sangat berguna, karena merupakan keinginan yang kuat untuk menerima Yesus dalam Sakramen Mahakudus (Summa Theologiae, III, q. 8, a.1 ad 3) dan pencurahan hidup yang kiys mohon Yesus untuk datang dan menguasai sepenuhnya hati kita. Praktik ini direkomendasikan oleh Konsili Trente (Sesi XIII, c. 8) dan sering digunakan oleh para Orang Kudus untuk menjaga agar api cinta kasih ilahi tetap hidup di dalam jiwa mereka dan untuk melindungi diri mereka dari serangan gencar dunia, daging, dan iblis. Jika kita bertindak dengan cara yang sama, Yesus akan selalu ada di dalam kita dan kita akan selalu ada di dalam Yesus. Jika Tuhan tinggal di dalam kita, siapa yang dapat menyakiti kita? Jika Tuhan di pihak kita, siapa yang melawan kita? (Roma 8:31)



Yesus tidak hanya ingin datang kepada kita, tetapi Dia ingin terus hadir di dalam kita dengan kasih dan anugerah-Nya. "Jika seorang mengasihi Aku, ia akan menuruti firman-Ku dan Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya dan diam bersama-sama dengan dia. (Yohanes 14:23) Cukup bagi kita untuk mengasihi Dia dan siap untuk mematuhi perintah-perintah-Nya. Tindakan kasih yang tulus dan efektif seperti itu kepada Yesus akan menyebabkan Dia masuk dan tetap berada di dalam hati kita bahkan setelah wujud sakramental disantap Ini adalah Komuni Spiritual, yang terutama terdiri dari kerinduan akan Yesus. “Aku datang untuk melemparkan api ke atas bumi, dan apakah yang akan kudapatkan selain menyalakannya?” (Lukas 12:49)

St Thomas menyebut Ekaristi "Sakramen cinta." (Opusc. 38:25) Ketika cinta itu bersemangat dan tulus, ia merindukan kontak terus-menerus dengan sang kekasih. Komuni Spiritual dapat dilakukan dalam sekejap, karena itu hanya membutuhkan tindakan iman dan tindakan cinta. Yesus, masuklah ke dalam hatiku, karena aku membutuhkan-Mu. Aku mengasihi Engkau, Yesusku; jagalah aku selalu dekat dengan-Mu.

"O Yesus, aku berpegang teguh pada-Mu dengan sepenuh hatiku."—    

 
 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.




terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy