| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 29 Juni 2023 St. Petrus


 

Nama asli Petrus adalah Simon. Kristus sendiri memberinya nama Kefas atau Petrus ketika mereka pertama kali bertemu dan kemudian memastikannya. Perubahan nama ini dimaksudkan untuk menunjukkan peringkat Petrus sebagai pemimpin para rasul dan sifat menonjol dari karakternya — Petrus (dalam bahasa Ibrani Kephas) sang Batu Karang. Petrus lahir di Bethsaida di Laut Galilea. Seperti adik laki-lakinya Andreas, dia adalah seorang nelayan dan tinggal di Kapernaum. Rumah Petrus sering menjadi tempat keajaiban, karena Guru akan tinggal di sana setiap kali Dia mengajar di tempat itu. Bersama dengan saudara laki-lakinya Yohanes dan Andreas, Petrus termasuk murid Yesus yang pertama (Yohanes 1:40-50).

Setelah tangkapan ikan yang ajaib di Laut Galilea, Petrus menerima panggilan definitifnya dan meninggalkan istri, keluarga, dan pekerjaan untuk mengambil tempatnya sebagai pemimpin Dua Belas Rasul. Setelah itu kita menemukan dia terus-menerus di sisi Yesus, apakah itu sebagai juru bicara para rasul (Yohanes 6:68; Mat 16:16), atau sebagai salah satu yang disukai secara khusus (misalnya, pada pemulihan kehidupan putri Yairus, pada transfigurasi, selama penderitaan di taman). Temperamennya yang optimis sering membuatnya tergesa-gesa, kata-kata dan tindakannya tidak direncanakan; penyangkalannya terhadap Yesus selama sengsara adalah pelajaran yang bermanfaat. Itu menonjolkan kelemahan dalam karakternya dan membuatnya rendah hati.



Setelah kenaikan, Petrus selalu mengambil peran utama, melaksanakan tugas kepala gembala yang dipercayakan Kristus kepadanya. Dia menyampaikan khotbah pertama pada hari Pentakosta dan menerima orang bukan Yahudi pertama ke dalam Gereja (Kornelius; Kis 10:1). Paulus pergi ke Yerusalem "untuk melihat Petrus". Setelah pembebasannya yang ajaib dari penjara (Paskah, 42 M.), Petrus "pergi ke tempat yang berbeda", kemungkinan besar ke Roma. Detail sekarang menjadi sedikit; kita mendengar tentang kehadirannya di Konsili Yerusalem (Kis. 15:1), dan tentang perjalanannya ke Antiokhia (Gal. 2:11).

Sudah pasti bahwa Petrus bekerja di Roma sebagai seorang rasul, bahwa dia adalah uskup pertama di kota itu, dan bahwa dia mati di sana sebagai seorang martir, terikat di kayu salib (67 M). Menurut tradisi dia juga adalah uskup pertama di Antiokhia. Dia adalah penulis dua surat, ensiklik Kristen pertama. Tempat pemakamannya adalah tempat paling terkenal Kekristenan, sebuah bangunan di sekeliling kubahnya bertuliskan kata-kata: Tu es Petrus, et super hanc petram aedificabo ecclesiam meam. (Dikutip dari The Church's Year of Grace, Pius Parsch)

Baca juga: St. Paulus

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Meneladani Santo Petrus


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy