| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Tuhan menghendaki ciptaan-Nya bekerja sama dengan Dia



 Mau atau tidak mau, kita sepenuhnya milik Tuhan. Tuhan menciptakan kita dari ketiadaan, dan semua yang kita miliki adalah milik-Nya - jiwa dan tubuh, karunia materi dan spiritual, dan dunia tempat kita hidup.

Tuhan telah memberi kita segalanya, dan setiap saat Dia dapat mengambil kehidupan yang Dia berikan kepada kita. Tidak ada gunanya, bahkan tidak masuk akal, untuk memberontak melawan Dia atau mencoba melepaskan diri kita dari kekuasaan mutlak-Nya. Diakui, Dia telah memberi kita kehendak bebas dan kita dapat tidak menaati dan menyinggung Dia, tetapi bahkan jika kita melakukannya, kita masih sepenuhnya milik Tuhan dan Dia memiliki kekuasaan mutlak atas kita.

Dia telah menciptakan kita hanya untuk diri-Nya sendiri, karena Dia adalah tujuan akhir dari segala sesuatu. Kita tidak pernah bisa lepas dari otoritas-Nya.

Apakah kita memberontak dan melemparkan ke arah Allah seruan Setan: "Aku tidak akan melayani?" Bahkan jika kita melakukannya, apakah kita berada dalam dosa atau di kedalaman neraka, kita tetap milik-Nya. Kita harus menjadi saksi abadi bagi Dia, cinta dan belas kasihan yang tak terbatas, serta keadilan-Nya yang tak terbatas.

Kita telah diciptakan untuk kemuliaan Allah, dan Allah dimuliakan baik dalam kebaikan-Nya maupun dalam keadilan-Nya. Kita harus merenungkan konsep yang luar biasa ini secara mendalam. Betapa jauh lebih baik bagi kita untuk menjadi milik Allah sepenuhnya dalam kasih dan ketaatan daripada dalam hajaran keadilan-Nya. Betapa jauh lebih baik untuk mematuhi dan melayani Dia sebagai Tuhan kita yang berdaulat, menghormati Dia sebagai Bapa kita, dan mengasihi Dia sebagai Mempelai jiwa kita.

Oleh karena itu, semua pikiran dan keinginan kita harus diarahkan kepada-Nya dan semua rencana dan tindakan kita harus dipersembahkan kepada-Nya. Jika kita terikat pada harta benda dan orang-orang duniawi, jika kita sombong dan ambisius, dan jika kita menyerah pada kecenderungan nafsu kita, hati kita tidak sepenuhnya menjadi milik Tuhan. Kita bersalah atas pencurian jika kita tidak mempersembahkan hati kita sepenuhnya kepada Tuhan, karena itu sepenuhnya milik-Nya. Selain itu, kita melukai diri kita sendiri, karena kita tidak dapat menemukan apa pun selain kekecewaan dalam cinta makhluk dan dalam kepuasan indera kita. Hanya Tuhan yang dapat sepenuhnya memuaskan hati kita, yang dibuat hanya untuk Dia.

Mari kita renungkan sejauh mana Allah layak menerima semua kasih kita. Dia adalah Pencipta kita, tujuan akhir kita, dan Penebus kita. Yesus tidak puas dengan memberi kita sebagian dari diri-Nya, tetapi Dia memberi kita diri-Nya sepenuhnya. Meskipun sebagai Tuhan Dia tidak terbatas, Dia tidak dapat memberi kita lebih banyak.

Satu tetes darah-Nya atau satu air mata saja sudah cukup untuk menebus kita dari dosa-dosa kita. Tapi Dia menumpahkan darah-Nya sampai tetes terakhir dan memberikan nyawa-Nya untuk kita. Lebih baik lagi, Dia menghendaki untuk tetap berada di antara kita dalam Sakramen Ekaristi sebagai santapan rohani kita yang terus-menerus.

Apa lagi yang dapat Dia lakukan untuk mendapatkan kasih kita? Jika Dia telah mengasihi kita seperti memberikan diri-Nya sepenuhnya kepada kita, mengapa kita menyimpan dendam dalam hubungan kita dengan-Nya? Mengapa kita membagi hati kita antara Dia dan dunia, atau lebih buruk lagi, antara Dia dan dosa? Tidak ada yang menghalangi kita untuk mencintai makhluk juga Tuhan, tetapi mereka harus dicintai di dalam Tuhan dan untuk Tuhan. Mereka harus membentuk sebuah tangga yang memungkinkan kita untuk mendaki menuju Tuhan. Setiap kasih sayang yang tidak proporsional, baik terhadap diri kita sendiri maupun terhadap orang lain, merupakan kerugian bagi Tuhan. Jika kita benar-benar milik Allah sepenuhnya, kita harus berdamai. Karena kebajikan itu sulit, sulit untuk sepenuhnya menjadi milik Tuhan, tetapi upaya itu memberi kita gambaran pendahuluan tentang kebahagiaan Surga. Jika kita benar-benar mencintai Tuhan, tidak ada yang sulit, tetapi semuanya tampak sederhana dan menyenangkan. Persatuan sempurna dengan Allah akan memberi kita sukacita murni yang dialami para Orang Kudus.— 


“Dengan Sabda kebesaran-Nya Ia telah menciptakan segala sesuatu; dan dengan satu perkataan-Nya Ia dapat melenyapkan semua itu.” (St. Klemens, Letter to the Corinthians, Ch. 27:4)
 

 Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy