| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci tentang Kerendahan Hati


 

 Yesus itu sendiri adalah kesempurnaan. Oleh karena itu, di dalam Dia, setiap kebajikan dapat ditemukan. Dia dapat benar-benar mengklaim bahwa Dia menggenapi dalam diri-Nya ajaran: “Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di surga adalah sempurna.” (Mat 5:48) Sepanjang hidup-Nya Ia melakukan dengan sempurna kehendak Bapa-Nya. "Aku senantiasa berbuat apa yang berkenan kepada-Nya." (Yohanes 8:29)

Yesus Kristus memberi kita teladan dari setiap kebajikan. Sebagai dasar dari semua kebajikan, Dia menekankan ajaran agung untuk mencintai Tuhan di atas segalanya dan sesama kita seperti diri kita sendiri. Akan tetapi, dalam mengajukan diri-Nya sebagai model, inilah yang Dia katakan: “Belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.” (Mat. 11:29) Teladan luar biasa yang Yesus berikan kepada kita untuk kita tiru adalah kelembutan dan kerendahan hati ini. Kita akan memiliki kedamaian jiwa hanya jika kita lemah lembut dan rendah hati.

Apa isi kerendahan hati Yesus? Dia adalah Allah, dan Dia menjadi manusia. Dia yang memiliki segalanya terlahir miskin di kandang yang malang dan hidup sebagai pekerja rendahan selama tiga puluh tahun. Dia membiarkan diri-Nya dikhianati oleh salah satu Rasul-Nya, dihukum mati sebagai pelaku kejahatan, dan akhirnya dieksekusi di Kayu Salib.



Dia menggabungkan kerendahan hati dengan kelembutan. Dia senang ketika Dia dapat menerima kembali para pendosa yang bertobat dan memberi mereka pengampunan dan kedamaian. Mari kita mengingat contoh Maria Magdalena, pezinah, domba yang hilang, anak yang hilang, dan akhirnya pencuri yang bertobat kepada siapa Dia menjanjikan upah Surga. Kelemahlembutan dan belas kasihan yang lebih besar apa lagi yang dapat kita temukan?

Terlebih lagi, hingga saat ini, Yesus Kristus tersembunyi di dalam Ekaristi Mahakudus di bawah rupa yang disucikan dan mengimbau kita untuk mengikuti dan mencintai Dia.

Ketika kita diganggu oleh kesombongan, ambisi, atau keinginan duniawi, marilah kita datang kepada Yesus dan berlutut dalam keheningan di depan Tabernakel. “Belajarlah pada-Ku,” Dia akan berkata kepada kita sekali lagi, “karena Aku lemah lembut dan rendah hati dan jiwamu akan mendapat ketenangan.”

Sangat mudah untuk bersikap lembut dan rendah hati ketika semuanya berjalan baik bagi kita. Namun, sulit ketika kita menghadapi penghinaan, kesalahpahaman, atau tentangan. Kita perlu sangat maju dalam kesempurnaan jika kita ingin memiliki kelembutan dan kerendahan hati seperti Yesus.

Kita hanya bisa mencapai kesempurnaan ini dengan doa, pengorbanan dan pembentukan karakter. Kesombongan, cinta diri, dan keinginan untuk unggul adalah akibat buruk dari natur kita yang rusak. St Fransiskus de Sales dengan bercanda mengatakan bahwa cinta diri mati tiga hari setelah kita sulit untuk menghapusnya sepenuhnya dari karakter kita dan menggantikannya dengan kasih Allah dan sesama kita, tetapi pekerjaan ini diperlukan jika kita ingin memperoleh kerendahan hati dan kelembutan hati seperti Kristus. Tuhan, bukan ego kita sendiri, yang harus menjadi pusat hidup kita; Dia harus menjadi titik fokus dari semua pemikiran kita. Marilah kita memohon kepada Tuhan untuk rahmat ini dan mencoba dan berperilaku dengan cara ini di semua kesempatan.

Ketika kita menghadapi kurangnya simpati, sikap dingin atau ketidakadilan di pihak sesama kita, kita harus berusaha dan menghindari menjadi kesal atau putus asa. Kesaksian hati nurani yang sehat di hadapan Allah adalah semua yang harus menjadi perhatian kita. Kita harus mempersembahkan segalanya kepada Tuhan, apakah itu suka atau duka, pujian atau kritik. Kita akan dibalas dengan kedamaian jiwa.

Yesus, lemah lembut dan rendah hati, buatlah hatiku seperti milik-Mu.— 

   Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy