| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Sabtu, 10 Juni 2023 Hari Biasa Pekan IX

Sabtu, 10 Juni 2023
Hari Biasa Pekan IX

“Jika kamu ingin tahu, jalan mana yang harus kamu ikuti, pilihlah Kristus, karena Dia itu jalan” (St. Tomas dari Aquino)

Antifon Pembuka (Tob 13:7)

Pujilah Tuhan yang adil dan agungkanlah Raja yang kekal! Pandanglah apa yang dikerjakan-Nya bagimu, muliakanlah Dia dengan segenap mulut.

Doa Pagi

Allah Bapa Sumber Kebahagiaan, kebahagiaan manusia dan dunia Kauletakkan di tangan kami. Kami mohon semoga hati kami selalu tabah, agar dapat beramal baik sekuat kuasa kami untuk membangun kebahagiaan sesama.
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.      
 
Bacaan dari Kitab Tobit (12:1.5-15.20)
    
 
"Aku naik kepada Dia yang mengutus aku. Tetapi kalian, pujilah Tuhan."
    
Setelah perayaan nikah Tobia dan Sara selesai, Tobit memanggil anaknya Tobia dan berkata, “Anakku, jangan lupa memberikan upah kepada orang yang mengantar engkau. Dan ingatlah untuk menambah upahnya!” Maka Tobit berkata kepada Rafael, “Ambillah sebagai upahmu separuh dari segala sesuatu yang kaubawa waktu datang, lalu engkau boleh pergi dengan selamat.” Tetapi Rafael memanggil Tobit dan Tobia sendiri-sendiri, lalu berkata kepada mereka, “Pujilah Allah dan muliakanlah Dia di hadapan semua orang yang hidup karena segala anugerah yang telah diberikan-Nya kepadamu. Pujilah nama-Nya, dan bernyanyi-nyanyilah kepada-Nya. Wartakanlah kepada semua orang perbuatan-perbuatan Allah sebagaimana layaknya. Jangan berayal memuliakan Dia. Memang rahasia raja patut disembunyikan, tetapi perbuatan Allah pantaslah disingkapkan dan dimuliakan. Lakukanlah yang baik, niscaya malapetaka tidak akan menimpa kalian. Lebih baiklah doa yang benar dan sedekah yang jujur daripada kekayaan orang yang lalim. Sungguh, sedekah melepaskan dari maut dan menghapus setiap dosa. Orang yang memberi sedekah akan mencapai umur panjang. Sebaliknya, orang yang melakukan dosa dan kejahatan, merugikan diri sendiri. Segenap kebenaran hendak kuwartakan kepadamu dan tidak satu pun kusembunyikan terhadap kalian. Sudah kutandaskan kepadamu: Rahasia raja patut disembunyikan tetapi perbuatan Allah pantaslah disingkapkan. Maka ketahuilah, ketika engkau dan Sara berdoa, akulah yang menyampaikan ingatan akan doamu itu ke hadapan kemuliaan Tuhan. Demikian pula waktu engkau menguburkan orang-orang mati! Ketika engkau serta merta bangkit dan meninggalkan makananmu untuk pergi mengapani jenazah itu, akulah yang diutus untuk mencobai engkau. Lagi pula, aku jugalah yang diutus oleh Allah untuk menyembuhkan baik engkau sendiri maupun Sara, menantumu. Aku ini Rafael, satu dari ketujuh malaikat yang melayani di hadapan Allah yang mulia. Oleh sebab itu pujilah Tuhan di atas bumi dan muliakanlah Allah! Camkanlah! Aku naik kepada Dia yang telah mengutus aku. Tuliskanlah segala sesuatu yang telah terjadi atas dirimu.” Lalu Rafael naik dan tidak dapat mereka lihat.
Demikianlah sabda Tuhan.
U Syukur kepada Allah.

Kidung Tanggapan
Ref. Terpujilah Allah yang hidup selama-lamanya.
Ayat. (Tb 13:2.6.7.8)
1. Terpujilah Allah yang hidup selama-lamanya, kerajaan-Nya tetap sepanjang sekalian abad. Memang Ia menyiksa, tetapi juga mengasihani, Ia menurunkan ke dalam dunia orang mati, tetapi menaikkan juga dari sana; tidak seorang pun luput dari tangan-Nya.
2. Jika dengan segenap hati kamu berbalik kepada-Nya, dan dengan segenap jiwa berlaku benar di hadapan-Nya, niscaya Ia pun berbalik kepada kamu, dan wajah-Nya pun tidak disembunyikan-Nya terhadap kamu.
3. Pandanglah apa yang dikerjakan-Nya bagi kamu, muliakanlah Dia dengan segenap mulut. Pujilah Tuhan yang adil dan agungkanlah Raja yang kekal.
4. Aku memuliakan Dia di tanah pembuanganku, kunyatakan kekuasaan dan kebesaran-Nya kepada kaum berdosa. Bertobatlah, hai orang-orang berdosa, lakukanlah apa yang benar di hadapan-Nya. Siapa tahu Ia berkenan akan kamu dan menjalankan belas kasihan kepadamu.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Mat 5:3)
Berbahagialah yang bersemangat miskin, sebab bagi merekalah Kerajaan Allah.
      
Inilah Injil Suci menurut Markus (12:38-44)
   
"Janda miskin itu telah memberi lebih banyak daripada semua orang lain."
     
Pada suatu hari Yesus dalam pengajaran-Nya berkata, “Waspadalah terhadap ahli-ahli Taurat. Mereka suka berjalan-jalan dengan pakaian panjang dan suka menerima penghormatan di pasar. Mereka suka menduduki tempat-tempat terdepan dalam rumah ibadat dan tempat terhormat dalam perjamuan. Mereka mencaplok rumah janda-janda sambil mengelabui orang dengan doa panjang-panjang. Mereka ini pasti akan menerima hukuman yang lebih berat. Pada kali lain sambil duduk berhadapan dengan peti persembahan Yesus memperhatikan bagaimana orang banyak memasukkan uang ke dalam peti itu. Banyak orang kaya memberi jumlah yang besar. Lalu datanglah seorang janda miskin. Ia memasukkan dua peser, yaitu satu duit. Maka Yesus memanggil para murid-Nya dan berkata kepada mereka, “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya janda miskin itu memberi lebih banyak daripada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan. Sebab mereka semua memberi dari kelimpahannya, tetapi janda itu memberi dari kekurangannya: semua yang ada padanya, yaitu seluruh nafkahnya.”
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)
 

 
Renungan

 
      Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, pada hari ini, kita semua mendengar tentang bagaimana Tuhan Yesus memuji iman dan dedikasi perempuan tua yang malang itu, yang pergi ke Bait Suci untuk memberikan sumbangannya, hanya dua koin kecil, yang sebagian besar dari uangnya, sebagai pengabdian kepada Tuhan. Tuhan Yesus membandingkannya dengan sumbangan besar yang diberikan oleh banyak orang lain, yang mereka buat dengan menyombongkan diri dan membandingkan satu sama lain, dan dengan memamerkannya untuk menunjukkan betapa murah hati mereka dalam memberi.

Agar adil, Yesus tidak mengkritik orang kaya dan berkuasa karena kaya atau berpengaruh seperti mereka, dan Yesus juga tidak memuji orang miskin sampai-sampai Dia membuat semua orang miskin terdengar begitu suci. Memang ada banyak orang kaya di luar sana, pada zaman Yesus dan di dunia kita saat ini, yang benar-benar bermurah hati dengan uang dan kekayaan mereka, membaginya dengan mereka yang membutuhkan, yang siap memberikan apa pun kelebihan dan berkat yang mereka miliki, mereka yang memiliki sedikit atau tidak sama sekali. Dan ada juga orang-orang miskin yang jahat pada masa-masa seperti sekarang ini.

Demikian pula, Yesus tidak mengkritik orang Farisi dan ahli Taurat karena siapa mereka, atau apa yang mereka lakukan dan kenakan. Yang dikritik-Nya adalah kenyataan bahwa mereka melakukan apa yang telah mereka lakukan, semua doa dan devosi mereka agar dilihat dan dipuji oleh orang-orang. Mereka mengucapkan semua doa panjang secara terbuka di tempat publik, alun-alun dan pasar, semua itu agar mereka dihormati dan dihargai oleh orang-orang.

Karena kecintaan mereka pada pujian dan sanjungan itulah Yesus mengutuk mereka, sama halnya dengan orang-orang yang tidak menyumbang ke perbendaharaan Bait Suci dengan ketulusan yang tulus, tetapi untuk dilihat dan dipuji oleh orang lain di sekitar mereka. Oleh karena itu, sungguh miris melihat bagaimana di Gereja kita dewasa ini cukup sering terjadi penyerangan dan penganiayaan terhadap para imam, biarawan dan kaum awam yang berkomitmen untuk hidup berdoa dan bertakwa kepada Tuhan, hanya karena menurut mereka, para imam mengenakan jubah berornamen dan indah, atau bahwa gereja-gereja didekorasi dan dihias dengan mewah, semua bejana dan barang berharga yang digunakan dalam perayaan Kurban Kudus Misa.

Itu karena orang-orang itu salah mengerti dan salah mengartikan apa yang Yesus tegur orang Farisi dan orang kaya. Mereka mengira bahwa dengan melakukan apa yang telah mereka lakukan, mereka melakukan apa yang telah dilakukan Tuhan. Tetapi ingat, bahwa banyak dari para imam dan kaum awam yang berkomitmen untuk memastikan bahwa Misa Kudus dan perayaan iman kita khusyuk, layak dan terbaik bagi Allah, melakukannya bukan demi mereka, tetapi demi Allah, tidak seperti orang-orang Farisi itu.

Yang terpenting, kita harus mendukung semua orang yang telah memberikan diri mereka dalam pelayanan kepada Tuhan, menyerahkan diri mereka dengan sepenuh hati, seluruh hidup mereka kepada Tuhan. Jika kita memang melihat sebagian dari mereka yang benar-benar sesat di jalan mereka, maka memang kita harus mengingatkan mereka. Tetapi bukan hak kita untuk menilai apa yang tidak kita ketahui. Ada banyak dari mereka yang telah meninggalkan segalanya, ketenaran, uang, harta benda dan kemasyhuran duniawi agar mereka dapat melayani Tuhan dan kita, umat-Nya.

Saudara dan saudari dalam Kristus, mungkin ini seharusnya membuat kita memperhatikan apa yang kita semua orang Kristiani perlu lakukan dalam hidup kita sendiri. Banyak dari kita telah menjalani hidup kita mungkin tanpa menyadari apa yang masing-masing dari kita dapat lakukan untuk berkontribusi dengan cara yang telah Tuhan perintahkan agar kita semua lakukan. Kita menjalani hidup kita seperti biasa, berfokus pada apa yang kita butuhkan dan inginkan, tetapi gagal melakukan apa yang seharusnya kita lakukan sebagai murid Tuhan.

Berapa banyak dari kita yang meluangkan waktu untuk memikirkan semua orang yang membutuhkan di sekitar kita? Berapa banyak dari kita yang benar-benar mengambil bagian dalam membantu pekerjaan baik yang dilakukan oleh Gereja untuk membantu semua saudara kita yang kurang beruntung ini? Berapa banyak dari kita yang membantu mendukung para imam kita dan semua orang yang telah mengabdikan diri pada kehidupan religius? Ini adalah pertanyaan yang perlu kita tanyakan pada diri kita sendiri, jika kita belum melakukan semua ini.

Yang penting, bukanlah ukuran pemberian kita atau berapa banyak yang telah kita sumbangkan. Bahkan janda tua yang miskin itu hanya memberikan apapun yang mampu dia berikan, tetapi yang terpenting, dia memberikannya dengan tulus dari hatinya, dan bukan dari egonya dan keinginannya untuk mendapatkan penghargaan atau pengakuan. Dan para imam kita telah memberikan hidup, upaya dan pekerjaan mereka demi Tuhan, melayani Dia dan kita semua. Sementara beberapa benar-benar salah dan jatuh dalam perjalanan mereka, tetapi hampir setiap dari mereka setia dan berkomitmen pada panggilan mereka.

Sekarang adalah bagian dari kita masing-masing untuk mengambil bagian juga, dengan mengabdikan waktu, tenaga dan tindakan kita demi sesama saudara kita, demi kasih Allah kita, dan dalam semua yang kita lakukan, marilah kita selalu ingat bahwa kita melakukannya bukan untuk diri kita sendiri, tetapi untuk kemuliaan Tuhan kita yang lebih besar, yang telah memberi kita semua berkat yang kita miliki dalam hidup ini. Marilah kita mengingat ini, saat kita terus hidup di dunia kita saat ini, melakukan kehendak-Nya sepanjang waktu. Semoga Tuhan memberkati kita semua, dan tetap bersama kita untuk selama-lamanya. Amin. 
 

“Lebih baik berjalan pincang mengikuti jalan, yakni Kristus, daripada berjalan kencang tetapi menyimpang.” (St. Tomas dari Aquino) 

 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
 
Antifon Komuni (Mrk 12:44)

Janda ini memberi derma dari kekurangannya. Ia memberikan seluruh nafkah yang ada padanya.

Doa Malam

Allah Bapa Mahakuasa, meski segalanya telah kami persembahkan kepada-Mu, kami masih tetap hamba yang tak berguna. Ajarilah kami menjadi abdi satu sama lain dan salib melayani dalam kedamaian dan sukacita, dalam penderitaan dan keprihatinan, agar dunia menjadi lebih baik. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.
 
RENUNGAN PAGI

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy