| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Seputar Hari Raya Kelahiran Santo Yohanes Pembaptis


 St Yohanes Pembaptis sangat dihormati di seluruh Gereja sejak awal. Buktinya, antara lain, fakta bahwa lima belas gereja didedikasikan untuknya di kota kekaisaran kuno Konstantinopel. Menjadi pendahulu Tuhan kita, dia diberi kehormatan yang sama dengan orang-orang kudus besar pertama di era Kristen, meskipun dia termasuk dalam Perjanjian Lama. Fakta bahwa Kristus sangat memuji dia (Matius 11:11) tentu saja mendorong penghormatan khusus. Karenanya, kami menemukan siklus pesta yang teratur untuk menghormatinya di antara gereja-gereja Kristen mula perdana.

Itu adalah keyakinan kuat di antara umat beriman bahwa Yohanes dibebaskan dari dosa asal pada saat ibunya bertemu dengan Perawan Terberkati (Lukas 1, 45). Santo Agustinus menyebut kepercayaan ini sebagai tradisi umum dalam Gereja kuno. Bagaimanapun, dapat dipastikan bahwa dia "dipenuhi dengan Roh Kudus sejak dari kandungan ibunya" (Lukas 1:15) dan, oleh karena itu, lahir tanpa dosa asal. Oleh karena itu, Gereja merayakan kelahirannya yang wajar dengan perayaan "kelahirannya", yang ditetapkan tepat enam bulan sebelum kelahiran Kristus, karena Yohanes enam bulan lebih tua dari Tuhan. Segera setelah Pesta Natal ditetapkan pada tanggal 25 Desember (pada abad kelima), tanggal kelahiran Pembaptis ditetapkan pada tanggal 24 Juni.

Timbul pertanyaan mengapa 24 Juni, dan bukan 25. Sering diklaim bahwa otoritas Gereja ingin "mengkristenkan" perayaan titik balik matahari kafir dan karena alasan ini memajukan pesta Santo Yohanes sebagai pengganti festival kafir sebelumnya. Namun, alasan sebenarnya mengapa Hari Santo Yohanes jatuh pada tanggal 24 Juni terletak pada cara penghitungan orang Romawi, yang berjalan mundur dari kalender (hari pertama) bulan berikutnya. Natal adalah "hari kedelapan sebelum Kalends Januari" (Octavo Kalendas Januarii). Akibatnya, kelahiran Santo Yohanes diletakkan pada "hari kedelapan sebelum Kalends Juli." Namun, karena bulan Juni hanya memiliki tiga puluh hari, menurut perhitungan kita hari raya jatuh pada tanggal 24 Juni.

Konsili Agde, pada tahun 506, mencantumkan Kelahiran Santo Yohanes di antara pesta-pesta tertinggi dalam setahun, hari di mana semua umat beriman harus menghadiri Misa dan menjauhkan diri dari pekerjaan perbudakan. Memang, begitu hebatnya perayaan ini sehingga, seperti pada hari Natal, tiga Misa dirayakan, satu selama kebaktian vigili, yang kedua saat fajar, yang ketiga di pagi hari. Pada tahun 1022, sebuah sinode di Seligenstadt, Jerman, menetapkan puasa dan pantang selama empat belas hari sebagai persiapan untuk Pesta Yohanes Pembaptis. Namun, ini tidak pernah diterima dalam praktik universal oleh otoritas Romawi.

Pada tanggal 29 Agustus kematian santo dihormati dengan Pesta Pemenggalan. Festival ketiga dirayakan di Gereja Timur untuk menghormati "Saint John's Conception" (pada tanggal 23 September), memperingati fakta bahwa seorang malaikat telah mengumumkan pembuahannya. Pesta ini, bagaimanapun, tidak diadopsi oleh Gereja Latin. Ritus Yunani (pada hari setelah Epifani), dan baru-baru ini juga Gereja Latin (pada 13 Januari), mengadakan pesta untuk mengenang Santo Yohanes membaptis Tuhan.

Yohanes Pembaptis adalah pelindung penjahit (karena dia membuat pakaiannya sendiri di padang pasir), pelindung gembala (karena dia berbicara tentang "Anak Domba Allah"), dan tukang batu. Perlindungan atas para tukang batu ini ditelusuri dari kata-katanya:
"Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya. Setiap lembah akan ditimbun dan setiap gunung dan bukit akan menjadi rata, yang berliku-liku akan diluruskan, yang berlekuk-lekuk akan diratakan," (Lukas 3, 4-6.)

 Di seluruh Eropa, dari Skandinavia hingga Spanyol, dan dari Irlandia hingga Rusia, perayaan Hari Santo Yohanes terkait erat dengan pengetahuan alam kuno tentang festival musim panas besar di zaman pra-Kristen. Api dinyalakan di gunung dan puncak bukit pada malam pestanya. "Api Santo Yohanes" ini menyala terang dan diam-diam di sepanjang fyord Norwegia, di puncak Pegunungan Alpen, di lereng Pyrenees, dan di pegunungan Spanyol (di mana mereka disebut Hogueras). Itu adalah simbol kuno dari kehangatan dan cahaya matahari yang disambut oleh nenek moyang di awal musim panas. Di banyak tempat, perayaan besar diadakan dengan tarian, permainan, dan makan di luar ruangan.

Nelayan dari Britania mempertahankan kebiasaan ini bahkan saat berada jauh di laut di Samudra Arktik. Mereka mengangkat tong berisi pakaian bekas ke ujung halaman layar utama dan membakar isinya. Semua kapal armada penangkap ikan menyala pada waktu yang bersamaan, sekitar jam delapan malam. Para pria berkumpul di sekitar tiang, berdoa dan bernyanyi. Setelah itu mereka merayakan di tempat tinggal mereka, dan kapten memberikan gaji ganda kepada setiap anggota kru.

Kebiasaan lainnya adalah menyalakan banyak api kecil di lembah dan dataran. Orang-orang berkumpul, melompati api, dan menyanyikan lagu-lagu tradisional untuk memuji santo atau musim panas. Kebiasaan ini didasarkan pada pra-Kristen "butuh api" (niedfyr, nodfyr) yang diyakini dapat membersihkan, menyembuhkan, dan mengimunisasi orang dari segala macam penyakit, kutukan, dan bahaya. Di Spanyol api yang lebih kecil ini (fogatas) dinyalakan di jalan-jalan kota besar dan kecil, setiap orang menyumbang beberapa perabot tua atau kayu lainnya, sementara anak-anak melompati api. Di Brest, Prancis, api unggun diganti dengan obor menyala yang dilemparkan orang ke udara. Di distrik lain di Prancis, mereka menutupi roda gerobak dengan jerami, lalu membakarnya dengan lilin yang diberkati dan menggulingkannya menuruni lereng bukit.

Sebagai hari pertama musim panas, Hari Santo Yohanes dianggap dalam cerita rakyat kuno sebagai salah satu festival "terpesona" terbesar tahun ini. Harta karun dikatakan terbuka di tempat-tempat sepi, menunggu penemu yang beruntung. Batang ramalan harus dipotong pada hari ini. Herbal diberi kekuatan penyembuhan yang tidak biasa, yang mereka pertahankan jika dipetik pada malam hari raya. Di Jerman mereka menyebut ramuan ini Johanneskraut (jamu St. John), dan orang-orang membawanya ke gereja untuk mendapatkan berkat khusus.

Di Skandinavia dan di negara-negara Slavia, merupakan takhyul kuno bahwa pada Hari Santo Yohanes para penyihir dan setan diizinkan berkeliaran di bumi. Seperti pada Halloween, anak-anak berkeliling dan meminta "suguhan", sosok jerami dilemparkan ke dalam api, dan banyak suara dibuat untuk mengusir setan.

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa di bagian Katolik di Eropa kombinasi dari festival alam kuno dengan Pesta Yohanes Pembaptis telah menghasilkan tradisi perayaan yang bermartabat, yang telah turun ke zaman kita. Orang-orang berkumpul di sekitar perapian, mengenakan kostum nasional atau lokal mereka, dan menyanyikan lagu-lagu kuno yang indah. Saat api dinyalakan, salah satu dari mereka membacakan puisi yang mengungkapkan pemikiran tentang pesta itu. Kemudian mereka berdoa bersama kepada Santo Yohanes untuk syafaatnya agar musim panas diberkati di rumah, ladang, dan pedesaan, dan akhirnya menampilkan beberapa tarian rakyat tradisional, biasanya diiringi dengan nyanyian dan musik.

Collecta: Ya Tuhan yang telah menjadikan ini hari yang terhormat bagi kami dengan kelahiran Santo Yohanes: berikan kepada umat-Mu rahmat kegembiraan spiritual, dan bimbing hati semua umat-Mu ke jalan keselamatan kekal.

Sumber: Handbook of Christian Feasts and Customs oleh Francis X. Weiser, S.J., Harcourt, Brace and Company, New York, 1958

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy