| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 06 Juni 2023 St. Norbertus, Uskup

Public Domain

 Hari ini, Gereja memperingati St. Norbertus, juga dikenal sebagai St. Norbertus dari Xanten, seorang uskup Jerman dan pendiri ordo religius yang dikenal sebagai Ordo Premonstratensian Kanon Regular. Norbertus lahir dari keluarga bangsawan di dekat Cologne, Jerman. Sebagai seorang pemuda ia menjabat sebagai almoner kaisar, meskipun secara teknis ia adalah seorang imam. Seorang pencari kesenangan duniawi di awal kehidupannya, Norbertus mengalami pertobatan yang mendalam dan ditahbiskan sebagai imam pada tahun 1115. Tidak lama kemudian, dia menetap di lembah Premontre di Prancis utara. Dalam beberapa bulan, dia bergabung dengan pria lain dan, pada Hari Natal, 1121, kelompok itu membuat kaul religius, membentuk ordo religius baru: The Canons Regular of Premontre (umumnya dikenal sebagai Norbertines). Dia adalah seorang imam dan pengkhotbah yang sangat prihatin tentang sifat disiplin yang longgar di antara para imam dan amoralitas, kejahatan duniawi dan kejahatan yang telah merajalela pada saat itu di dalam Gereja, baik di antara imam maupun awam. Melalui usaha dan karyanya, Ordo Premonstre Kanon Regular didirikan, dengan kebiasaan, peraturan dan praktik yang menggabungkan aspek dari beberapa ordo religius lain yang lebih mapan, menginspirasi banyak orang dari segala asal untuk datang dan bergabung dengan ordo religiusnya, yang segera berkembang pesat di berbagai tempat dan di berbagai negara.



Dia juga diangkat sebagai Uskup Agung Magdeburg oleh Paus, di mana dia berperan dalam melembagakan reformasi luas di keuskupan lokalnya, dalam mencabut banyak praktik korup Gereja dan komunitas pada waktu itu. Tidak semua orang menyetujui dan mendukung tindakan St. Norbertus, dan dia menghadapi banyak percobaan pembunuhan oleh mereka yang tidak setuju dengan dia dan pekerjaan dan upaya reformasinya. Namun, semua itu tidak mematahkan semangat St. Norbertus yang terus melakukan reformasi dan karya-karyanya, sebuah semangat dan komitmen yang tetap menjadi inspirasi bagi banyak generasi umat Kristiani hingga hari ini. St Norbertus tidak pernah goyah dalam kerja keras dan usahanya untuk memimpin semakin banyak jiwa semakin dekat kepada Tuhan, dan membantu banyak orang untuk menjadi lebih disiplin dalam bagaimana mereka menjalani hidup mereka dan dalam bagaimana mereka melakukan tindakan Kristiani mereka. St. Norbertus meninggal pada tahun 1134 dan dikanonisasi pada tahun 1582.

Saudara dan saudari dalam Kristus, hari ini marilah kita semua merenungkan kata-kata Kitab Suci yang telah kita terima dan tindakan serta kehidupan St. Norbertus yang baru saja kita diskusikan. Marilah kita semua selalu ingat untuk menjalani hidup kita dengan layak bagi Tuhan sebagaimana mestinya, dan belajar untuk mendisiplinkan diri kita dan menjaga diri kita tetap selaras dengan Tuhan dan jalan-Nya setiap saat. Marilah kita semua mengikuti jejak para hamba Tuhan yang setia dan menjadi teladan iman yang baik bagi diri kita sendiri, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy