| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Santo Antonius dari Padua


 Santo Antonius tidak dilahirkan sebagai orang kudus, tetapi menjadi orang kudus sebagai hasil dari doa, penyangkalan diri dan penebusan dosa, yang menarik kepadanya banyak rahmat Tuhan.

Pada suatu malam musim panas tahun 1219, lima biarawan pengemis tiba di gerbang Biara Coimbra kuno, meminta keramahtamahan dari Kanon Reguler St. Agustinus. Mereka menerima sambutan sepenuh hati. Setelah menyegarkan diri, mereka mengungkapkan bahwa mereka termasuk dalam Keluarga Religius baru yang didirikan oleh Santo Fransiskus dari Assisi. Mereka berkata bahwa mereka berharap untuk mencapai Maroko untuk mempertobatkan orang Saracen dan, jika itu adalah kehendak Tuhan, untuk menerima kemartiran. Di antara Kanon Reguler yang mendengarkan mereka adalah Antonius muda, yang telah mengabdikan hidupnya untuk Tuhan.

Tidak lama kemudian gerombolan kecil misionaris Fransiskan ini dipotong oleh pedang para kafir dan menjadi gerombolan martir yang mulia. Tubuh mereka dibawa kembali dengan penuh kemenangan ke Biara yang telah mereka kunjungi dan di sana mereka dimakamkan dengan sangat hormat. Ketika mereka akan pergi, Antonius mendengarkan dengan antusias semua yang mereka katakan dan merasa iri hati. Sekarang setelah dia berada di hadapan sisa-sisa suci mereka, dia merasakan dorongan untuk mengikuti jejak mereka.

St Antonius bergabung dengan Ordo Fransiskan dan dengan gembira berangkat ke pantai Maroko untuk mencari pekerjaan misionaris dan kemartiran. Namun ketika ia mendarat di tanah Afrika ia terkena serangan serius malaria yang memaksanya untuk kembali ke tanah kelahirannya.


Tidak ada yang bisa meramalkan rancangan Penyelenggaraan Ilahi. Kapal yang ditumpangi Antonius dihantam badai dan harus mendarat di Italia. Sejak saat itu Italia adalah tanah air kedua Antonius. Di sinilah dia melakukan kerasulannya yang luar biasa dan berbuah dan perlahan mencapai kemartirannya dengan perjuangan sehari-hari untuk kesempurnaan.

Ini adalah tajuk utama bagi kita. Kita mungkin tidak dipanggil untuk pergi dan menyebarkan iman di antara orang-orang kafir dengan risiko mati menjadi martir. Tetapi kita semua telah dipanggil ke dalam kekudusan. Kesempurnaan, apalagi, adalah kemartiran bertahap. Upaya heroik sehari-hari yang diperlukan untuk menjauhkan diri dari dosa dan untuk mengatasi kecenderungan sifat kita yang tidak patuh dapat dikatakan tidak kalah sulitnya dengan kemartiran berdarah. Inilah jenis kemartiran yang harus kita semua tanggung. St Antonius akan memperoleh bagi kita rahmat untuk menjalaninya dengan kemurahan hati dan keteguhan yang sama seperti yang ditunjukkannya.

Pada tanggal 13 Juni tahun 1231 segerombolan anak-anak berangkat dari biara terdekat Arcella dan memasuki Padua sambil berteriak: "Orang Kudus telah mati!" Seluruh kota berkabung karena orang kudus-nya telah meninggal. Antonius telah melintasi Italia, mempertobatkan bidat, memanggil kembali banyak orang berdosa untuk bertobat, membuat keajaiban, memberikan kedamaian bagi jiwa dan kota-kota yang dilanda perselisihan. Segera dia merasa bahwa masa mudanya telah habis sebagai hasil dari kerja keras dan penghematan, dan dia memutuskan untuk bersembunyi di sebuah biara Fransiskan kecil di Camposampiero dekat Padua. Untuk melindungi dirinya dari dunia sejauh mungkin, dia membangun sel kecil di percabangan dahan pohon kenari raksasa. Di sini dia menghabiskan hari-hari terakhirnya dalam doa dan kontemplasi, bergabung dengan burung-burung dalam nyanyian pujian kepada Tuhan. Dia bukan lagi manusia, melainkan malaikat dalam wujud manusia. Kerumunan umat berkerumun di sekitar pohon ini untuk sekali lagi mendengar suara orang kudus yang memanggil mereka untuk mempraktikkan kebajikan dan mengikuti jalan menuju Surga. Di sarang kecil inilah, pada usia tiga puluh enam tahun, hidupnya perlahan-lahan memudar, tidak terserap oleh penyakit melainkan oleh cinta yang membara kepada Tuhan dan sesamanya.

Marilah kita berdoa agar kita memperoleh percikan cinta ini yang akan memisahkan kita dari dunia, membuat kita menjadi milik Allah sepenuhnya, dan menjadikan kita rasul yang murah hati dalam pekerjaan kita untuk keselamatan jiwa.— 


   Antonio Bacci  (4 September 1885 – 20 Januari 1971) adalah seorang kardinal Gereja Katolik Roma asal Italia. Ia diangkat menjadi kardinal oleh Paus Yohanes XXIII.


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy