| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 27 Juni 2023 St. Sirilus dari Alexandria

Public Domain
 

 Hari ini Gereja memperingati St Sirilus dari Alexandria, seorang uskup yang agung dan suci, dan seorang bapa Gereja yang terkenal, dihormati sebagai salah satu Pujangga Gereja yang terhormat atas kontribusinya yang besar kepada Gereja dan umat beriman Kristiani. St Sirilus dari Aleksandria telah mendedikasikan dirinya untuk melayani Gereja dan umatnya, dan dikenang karena pembelaannya yang kukuh terhadap iman dan kebenaran Allah, di tengah banyak tantangan yang harus dia hadapi, dan bidah besar yang disebarkan oleh bidat. Nestorius dan para pengikutnya. St Sirilus tidak membiarkan kekuatan dan pengaruh dari kelompok sesat menghalangi dia dari karya dan usahanya, dan dia tidak membiarkan dirinya diombang-ambingkan oleh bujukan dan perjuangan yang harus dia tanggung. Sebaliknya, dia lebih berkomitmen untuk melakukan kehendak Tuhan dan membantu kawanannya untuk tetap setia kepada Tuhan.



St Sirilus sebagai Patriark Aleksandria adalah salah satu pemimpin Gereja yang paling berpengaruh pada masanya, dan dia berkomitmen untuk memperhatikan kebutuhan kawanannya, kesejahteraan spiritual mereka dan juga terus memperluas pengaruh Gereja dan ajaran di antara umat. Dia sangat berpengaruh dalam mengadakan Konsili Ekumenis Efesus di mana ajaran bidah Nestorius dan para pendukungnya dianggap sesat dan melanggar hukum, dan di mana para bapa Gereja menegaskan dukungan mereka terhadap kesatuan sifat ganda Tuhan dan Juruselamat kita, siapa yang bersifat Manusia dan Ilahi, ketika para pendukung Nestorius berpendapat bahwa Tuhan Yesus terpisah dalam sifat Manusiawi dan Ilahi-Nya, yang ditolak dan ditentang oleh Konsili Efesus dengan deklarasi Keibuan Allah, Maria sebagai Theotokos, menegaskan bahwa Dia yang lahir dari Maria adalah benar-benar Manusia dan Ilahi, tidak dapat dipisahkan meskipun berbeda dalam dua kodrat-Nya. St Sirilus harus menanggung penangkapan dan penganiayaan untuk ini, tetapi dia terus bekerja dalam iman sampai akhir.

Saudara dan saudari dalam Kristus, marilah kita semua diilhami oleh iman dan komitmen yang ditunjukkan oleh St Sirilus dari Aleksandria, pendahulu suci kita, sama seperti kita diilhami oleh Abraham, dan banyak orang kudus lainnya. Karena itu marilah kita semua juga menjalani hidup kita dengan paling setia dan memperbaharui diri kita kepada Tuhan, mulai sekarang, dalam semua tindakan dan pekerjaan kita, dan semoga kita semua terus menjalani hidup kita dengan layak, seperti yang Tuhan telah ajarkan dan ditunjukkan kepada kita. Semoga Tuhan selalu menyertai kita, dan semoga Dia menguatkan dan memberdayakan kita. Amin. 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy