| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 03 Juni 2023 St. Karolus Lwanga, dkk, Martir Uganda


 

Rachel Strohm | CC BY-ND 2.0

Hari ini, Gereja memperingati St. Karolus Lwanga dan rekan-rekan kudusnya dalam kemartiran, yang secara kolektif dikenal sebagai Para Martir Suci Uganda. Mereka semua membaktikan diri kepada Tuhan, para misionaris, para imam setempat, dan pria maupun wanita awam yang setia, yang dianiaya karena iman mereka kepada Tuhan, dan tetap teguh teguh dan berkomitmen dalam iman mereka kepada Tuhan sampai akhir, terlepas dari godaan, paksaan dan ancaman yang mereka hadapi. Saat itu, St. Karolus Lwanga sendiri adalah kepala pelayan penting Raja Kerajaan Buganda di tempat yang sekarang disebut Uganda. Dia bertemu dengan iman Kristiani melalui para misionaris yang mewartakan Tuhan dan Kabar Baik-Nya di antara orang-orang di wilayah itu. Saat itu, Raja adalah seorang pedofil hebat yang memangsa orang-orang muda kerajaan, dan penentangan dari misionaris Kristen terhadap praktik semacam itu menyebabkan raja melakukan pembantaian terhadap mereka.



St. Karolus Lwanga sendiri yakin akan kebenaran yang disampaikan Tuhan melalui misionaris Katolik, dan St Karolus Lwanga bersama banyak orang lain di antara anggota istana dan pelayan Buganda juga dibaptis bersama sebagai orang Katolik. St Karolus Lwanga juga melindungi orang-orang itu, anak-anak lelaki di bawah asuhannya dari tindakan raja yang sesat dan jahat. Saat itulah raja dan orang-orang di antara para abdi dalemnya yang telah menjadi Katolik sampai pada titik pertikaian, karena yang pertama menghukum mati beberapa dari mereka, yang menyebabkan St. Karolus Lwanga dan para pelayan lainnya membela iman mereka di depan umum, dan karena itu mereka dituntun untuk menjadi dengan cara dibakar hidup-hidup. Di tempat di mana dia dan yang lainnya menjadi martir sekarang berdiri Basilika Para Martir Suci Uganda di Namugongo, di mana relik para martir yang setia itu diabadikan. Kesetiaan dan komitmen mereka kepada Tuhan menjadi teladan dan inspirasi yang luar biasa bagi kita semua orang Kristiani tentang bagaimana kita sendiri harus hidup sesuai dengan panggilan dan misi kita dalam hidup kita.

Saudara dan saudari dalam Kristus, apakah kita mau dan mampu untuk berkomitmen dengan cara yang sama juga? Apakah kita mau dan mampu memikul salib kita sendiri dalam hidup, dalam mengikuti Tuhan dengan semakin setia di setiap saat yang berlalu? Marilah kita semua mencermati jalan kita ke depan dengan baik dan hati-hati agar kita dapat terus menginspirasi banyak orang untuk berjalan di Hadirat Tuhan dan tetap teguh dalam ketaatan dan komitmen kita kepada-Nya, meskipun banyak tantangan dan cobaan yang mungkin harus kita hadapi. Tuhan memberkati.



terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy