| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Devosi kepada Hati Yesus Yang Mahakudus


Dikutip dari "Mengikuti Hati Kudus Yesus, Pater Peter J. Arnoudt, S.J., 1904"

 Pengabdian khusus umat Kristiani yang paling kuno tidak diragukan lagi adalah kepada Hati Kudus Yesus, Putra Allah. Sakramen-sakramen suci dan objek devosi lainnya belum ada, ketika Perawan Maria yang Terberkati menemukan kesenangannya dalam menyembah Hati Yesusnya yang termanis; sudahkah St. Yusuf mendekapkan hati itu ke dada-Nya; bahkan pada saat itu para Gembala dan orang Majus, Simeon dan Hana, para rasul dan murid tertarik kepada-Nya dan oleh-Nya: mereka rindu untuk menunjukkan kasih sayang dan cinta hati mereka kepada-Nya. Tetapi setelah Yesus memanggil semua orang untuk belajar, "bahwa Dia lemah lembut dan rendah hati;" setelah Dia mengambil dari perbendaharaan Hati-Nya yang terbaik dari semua pemberian, Sakramen Ekaristi Mahakudus; terakhir, setelah Dia menghendaki, di atas Salib, Hati-Nya harus dibuka, dan terus terbuka, sebagai tempat perlindungan bagi semua; kemudian pengabdian kepada Hati Ilahi-Nya meningkat secara luar biasa.



Para Rasul sekarang menyebarkannya ke seluruh dunia sebagai ibadah khusus. Sejak saat itu, para Bapa Gereja sendiri mempraktikkannya dengan sangat lembut, dan memujinya dengan sangat hati-hati kepada orang lain.

Para Orang Kudus dari segala zaman menjadi murid-murid yang berbakti pada Hati Yesus. Tetapi ketika tiba saatnya, di mana Dia telah memutuskan untuk mencurahkan semua kekayaan Hati-Nya, kebaikan dan kemurahan hati Juruselamat dinyatakan, dan Diri-Nya mengungkapkan keinginan-Nya bahwa, setelah itu, pengabdian ini harus menjadi yang paling utama. satu; karena Dia menyatakan dan berjanji bahwa Dia akan melimpahkan rahmat-Nya yang melimpah kepada semua orang yang harus mengabdikan diri untuk menyembah Hati-Nya.

Objek penyembahan ini adalah Hati Yesus itu sendiri. Dan karena di dalam Yesus Kristus ada dua kodrat, Yang Ilahi dan manusia, dan hanya satu pribadi, Pribadi Ilahi; Hati Yesus Kristus adalah Hati Pribadi Ilahi, Hati Sabda yang Menjelma. Dan karena Pribadi Ilahi harus dihormati dengan penyembahan tertinggi; penyembahan yang harus dipersembahkan kepada Hati Kudus Yesus, yang tidak dapat dipisahkan atau diambil dari Pribadi Ilahi, juga merupakan yang tertinggi. Ini adalah kebenaran Katolik, yang menang atas semua kesalahan yang bertentangan.

Akhir dari devosi ini ada tiga. Yang pertama, untuk membuat Yesus kembali untuk cinta yang tak terbatas itu, yang dilambangkan oleh Hati-Nya, yang membuat Dia melakukan begitu banyak dan menderita begitu banyak demi kita; dan membujuk-Nya untuk menganugerahkan kepada kita karunia yang paling manis dan paling berharga dari semua karunia, Sakramen Ekaristi. Yang kedua, melalui semangat kesalehan kita, kita dapat, sejauh yang kita bisa, menebus semua penghinaan yang telah, atau bahkan sekarang dipersembahkan kepada Hati Kudus-Nya, yang Dia perlihatkan kepada kita sebagai takhta dari kasih sayang-Nya. Yang ketiga, dengan mengikuti apa yang kita sembah, kita dapat diilhami dengan kasih sayang yang sama, perasaan yang sama yang menjiwai Hati-Nya selama hidup-Nya yang penuh kerja keras dan penderitaan, dan tetap menjiwai Hati-Nya dalam hidup penuh kebahagiaan dan Sakramen-Nya. 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy