| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Meditasi Antonio Kardinal Bacci: Menyenangkan Tuhan

Martin Jernberg/Unsplash | CC0
 
Kemurnian niat terdiri dari melakukan kehendak Tuhan dalam segala hal dari motif cinta murni. Kita tidak boleh egosentris, tetapi teosentris; dengan kata lain, kita harus melakukan semua tindakan kita, bukan untuk kepuasan kita sendiri, tetapi untuk menyenangkan Tuhan. Karena Tuhan adalah tujuan akhir kita, segala sesuatu harus dilakukan untuk Dia. Mengapa kita begitu sering gelisah dan tidak puas? Itu karena kita mencari kesuksesan dan persetujuan manusia. Jika kita tidak mendapatkan ini, kita membayangkan bahwa kita telah gagal dan tidak mencapai apa-apa.

Orang menilai nilai suatu perusahaan dari keberhasilan eksternalnya dan dari jumlah kerja yang dilakukan untuk itu. Tidak demikian halnya dengan Tuhan. Dia menilai nilai tindakan kita dari ketulusan keinginan kita untuk menyenangkan Dia dan untuk membuktikan cinta kita kepada-Nya. Ini cukup bagi-Nya; sukses tidak perlu. Jika kita melakukan segalanya demi kasih Allah, kita akan selalu puas seperti para orang kudus, baik proyek kita berhasil atau gagal. Kita akan mencapai tujuan kita jika kita menyenangkan Tuhan.

Kesucian niat dalam tindakan kita adalah fundamental dalam kehidupan Kristiani. “Jika matamu baik,” Yesus sendiri berkata kepada kita, “teranglah seluruh tubuhmu; jika matamu jahat, gelaplah seluruh tubuhmu. Jadi jika terang yang ada padamu gelap, betapa gelapnya kegelapan itu.” (Mat 6:22-23) “Manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.” (I Sam 16:7)

Seorang manusia yang bekerja semata-mata untuk cinta Tuhan akan memiliki kedamaian jiwa yang besar di kehidupan ini dan pahala yang kekal di akhirat. Tetapi jika dalam tindakan kita kita mencari kepuasan kita sendiri atau pujian manusia, kita telah menerima upah kita di bumi dan tidak dapat mengharapkan untuk menerimanya di Surga. “Mereka telah menerima upah mereka.” (Mat 6:2)

Kemurnian niat, yang diilhami oleh kasih Allah, bahkan mengubah tindakan kita yang paling sepele dan menjadikannya menyenangkan Allah. Tanpanya kita kehilangan semua jasa di hadapan Tuhan.

Apakah Anda ingat kejadian Injil tentang janda miskin yang mempersembahkan dua koin terakhirnya di Bait Suci? Yang lain ada di sana menawarkan uang dalam jumlah besar, tetapi dia tidak bisa memberi lebih. "Aku berkata kepadamu," kata Yesus, "sesungguhnya janda miskin ini memberi lebih banyak dari pada semua orang yang memasukkan uang ke dalam peti persembahan." (Mrk. 12:41-44)

St Alfonsus menunjukkan tanda-tanda yang dengannya kita dapat menilai apakah tindakan kita dilakukan dari niat murni untuk menyenangkan Tuhan. (1) Tanda pertama adalah Anda tidak terganggu ketika proyek Anda gagal, tetapi tetap tenang seolah-olah Anda telah berhasil. Ini akan terjadi ketika Anda bekerja untuk Tuhan saja, sehingga begitu Anda menyadari bahwa Tuhan tidak menginginkan usaha Anda berhasil, Anda juga tidak lagi menginginkannya. Anda tahu bahwa Dia tidak peduli dengan hasil pekerjaan Anda, tetapi hanya dengan apakah Anda telah melakukannya dengan tujuan menyenangkan Dia. (2) Bukti kedua adalah bahwa Anda senang dengan kebaikan yang dikerjakan oleh orang lain seolah-olah itu telah dicapai melalui Anda. (3) Tanda ketiga adalah bahwa Anda tidak mendambakan satu posisi daripada yang lain, tetapi puas dengan apa pun yang telah diatur oleh Tuhan untuk Anda, sehingga Anda hanya berusaha untuk menyenangkan Tuhan dalam segala hal yang Anda lakukan. (4) Bukti terakhir adalah Anda tidak mencari persetujuan atau ucapan terima kasih karena perbuatan baik Anda. Jika Anda tidak dihargai atau dianiaya dengan cara apa pun, Anda tetap tenang karena Anda telah mencapai tujuan Anda, yaitu untuk menyenangkan Tuhan dengan bekerja demi cinta kepada-Nya. (Bdk. Al Divino Servizio II, 7)—

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy