| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Sabtu, 17 Juni 2023 Peringatan Wajib Hati Tersuci SP. Maria

Karya: thaagoon/istock.com
Sabtu, 17 Juni 2023
Peringatan Wajib Hati Tersuci SP. Maria

“Apa yang Gereja Katolik percaya dan ajarkan tentang Maria, berakar dalam iman akan Kristus, tetapi sekaligus juga menjelaskan iman akan Kristus.” (Katekismus Gereja Katolik, 487)


Antifon Pembuka (Mzm 12:6)


Hatiku bergembira karena Engkau menyelamatkan daku. Aku bernyanyi bagi-Mu karena kebaikan-Mu terhadapku. 


Doa Pagi

Allah Bapa Yang Mahakuasa dan kekal, Engkau telah memenuhi hati Santa Perawan Maria dengan rahmat-Mu, sehingga ia menjadi kediaman yang pantas bagi Roh Kudus. Semoga berkat jasa dan doa restunya, kami pun diterima dalam bait kemuliaan-Mu.
 
Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.    
       
Bacaan dari Kitab Yesaya (61:9-11)
 
  “Keturunan umat-Ku akan terkenal di antara para bangsa, dan anak cucu mereka di tengah-tengah suku-suku bangsa."
   
Beginilah firman Tuhan, “Keturunan umat-Ku akan terkenal di antara para bangsa, dan anak cucu mereka di tengah-tengah suku-suku bangsa, sehingga semua orang yang melihat mereka akan mengakui, bahwa mereka adalah keturunan yang diberkati Tuhan.” Aku bersukaria dalam Tuhan, jiwaku bersorak-sorai dalam Allahku, sebab Ia mengenakan pakaian keselamatan kepadaku dan menyelubungi aku dengan jubah kebenaran, seperti pengantin pria yang mengenakan hiasan kepala dan seperti pengantin wanita memakai perhiasannya. Sebab seperti bumi memancarkan tetumbuhan, dan seperti kebun menumbuhkan benih yang ditaburkan, demikianlah Tuhan Allah akan menumbuhkan kebenaran dan puji-pujian di depan semua bangsa.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
   
Kidung Tanggapan
Ref. Hatiku bersukaria karena Tuhan, Juru Selamatku.
Ayat. (1Sam 2:1.4-5.6-7.8abcd)
1. Busur para pahlawan telah patah, tetapi orang-orang lemah dipersenjatai kekuatan. Orang yang dulu kenyang kini harus mencari nafkah, tetapi yang dulu lapar kini boleh beristirahat. Orang yang mandul melahirkan tujuh anak, tetapi ibu yang banyak anaknya menjadi layu.
2. Tuhan berkuasa mematikan dan menghidupkan, Ia berkuasa menurunkan ke dalam maut dan mengangkat dari sana. Tuhan membuat miskin dan membuat kaya. Ia merendahkan dan meninggikan juga.
3. Ia menegakkan orang hina dari dalam debu, dan mengangkat orang miskin dari lumpur, untuk mendudukkannya di antara para bangsawan, dan memberi dia kursi kehormatan.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Luk 2:19)
Maria menyimpan segala perkara itu dalam hati dan merenungkannya
     
Inilah Injil Suci menurut Lukas (2:41-51)
  
 "Yesus pada umur dua belas tahun dalam Bait Allah."
 
Tiap-tiap tahun orang tua Yesus pergi ke Yerusalem pada hari raya Paskah. Ketika Yesus telah berumur dua belas tahun, pergilah mereka ke Yerusalem seperti yang lazim pada hari raya itu. Sehabis hari-hari perayaan, ketika mereka berjalan pulang, tinggallah Yesus di Yerusalem tanpa diketahui orang tua-Nya. Karena mereka menyangka bahwa Ia ada di antara orang-orang seperjalanan mereka, berjalanlah mereka sehari perjalanan jauhnya, lalu mencari Dia di antara kaum keluarga dan kenalan mereka. Karena mereka tidak menemukan Dia, kembalilah mereka ke Yerusalem sambil terus mencari Dia. Sesudah tiga hari mereka menemukan Dia dalam bait Allah; sedang duduk di tengah-tengah alim ulama, sambil mendengarkan mereka dan mengajukan pertanyaan-pertanyaan kepada mereka. Dan semua orang yang mendengar Dia sangat heran akan kecerdasan-Nya dan segala jawab yang diberikan-Nya. Dan ketika orang tua-Nya melihat Dia, tercenganglah mereka, lalu kata ibu-Nya kepada-Nya, “Nak, mengapa Engkau berbuat demikian terhadap kami? Bapa-Mu dan aku cemas mencari engkau.” Jawab Yesus kepada mereka, “Mengapa Bapak-Ibu mencari Aku? Tidakkah tahu, bahwa Aku harus berada di rumah Bapa-Ku?” Tetapi mereka tidak mengerti apa yang dikatakan-Nya kepada mereka. Lalu Ia pulang bersama-sama mereka ke Nazaret; dan Ia tetap hidup dalam asuhan mereka.
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe  
(U. Terpujilah Kristus)


Renungan
  
Saudara dan saudari terkasih dalam Kristus, hari ini Gereja memperingati Hati Tersuci SP. Maria, tepat setelah Hari Raya Hati Yesus Yang Mahakudus. Itulah sebabnya sementara hari Jumat dan terutama Jumat Pertama sering dikaitkan dengan Hati Yesus Yang Mahakudus, Sabtu, dan juga terutama Sabtu Pertama dikaitkan dengan Bunda Allah yang Terberkati, dan ketika Misa votif Santa Perawan Maria bisa dirayakan. Pada hari ini kita mengingat cinta yang besar yang Maria miliki untuk Putranya, Tuhan dan Juruselamat kita Yesus Kristus, yang mencerminkan cinta sempurna yang telah ditunjukkan Putra-Nya kepada kita semua melalui Hati Mahakudus-Nya, yang selalu dipenuhi dengan cinta yang murah hati dan melimpah, yang selalu sabar. untuk kita masing-masing, orang-orang terkasih-Nya di dunia ini.

Di dalam Maria, Bunda Allah yang maha suci dan tak bernoda, yang dikandung tanpa dosa, sebagaimana Gereja meyakini Dogma Dikandung Tanpa Noda, oleh karena itu terdapat hati yang benar-benar suci dan tak bernoda, cerminan dari kesempurnaan dan kesempurnaan. cinta yang dimiliki Putranya sendiri untuk kita. Inilah yang dimaksud dengan Hati Maria Tak Bernoda, yaitu Hati yang dipenuhi dengan cinta yang besar kepada Tuhan, pertama dan terutama, untuk Putranya, yang dia cintai di atas segalanya di dunia ini, dan terakhir, Hati yang paling Tak Bernoda yaitu juga dipenuhi dengan cinta untuk kita masing-masing sebagai orang Katolik, dan semua orang lain yang telah dipercayakan Tuhan kepadanya untuk menjadi anak angkatnya sendiri. Oleh karena itu, sama seperti Tuhan telah begitu mencintai kita dan begitu murah hati, demikian pula Bunda kita yang terkasih juga dengan penuh kasih merawat kita dan menunjukkan sifatnya yang nelas asih, dari Hatinya yang Tak Bernoda.

Seperti yang kita dengar dalam perikop Injil kita hari ini, Maria suka menyimpan segala sesuatu di dalam Hati Tersucinya, Hati yang terpusat dan fokus hanya pada Tuhan. Dalam perikop itu, kita mendengar tentang saat ketika Tuhan Yesus dalam usia-Nya yang masih muda dua belas tahun, bersama ibu dan ayah angkat-Nya St. Yusuf dalam ziarah ke Yerusalem, di mana Dia diam-diam tinggal di Bait Suci Yerusalem, Rumah Bapa-Nya. Kita mendengar bagaimana Bunda Maria dan St. Yusuf sedang berbicara dengan Tuhan Yesus menaati ibu dan ayah angkat-Nya ketika mereka membawa-Nya kembali ke kampung halaman mereka di Nazareth, tetapi seperti yang disebutkan, Maria menyimpan semua yang dia alami di dalam Hati Tersucinya.

Ini adalah Hati yang sama yang telah dinubuatkan oleh nabi Simeon pada saat Bayi Yesus dibawa untuk dipersembahkan di Bait Suci, sebagai Hati yang akan ditusuk dengan pedang kesedihan, gambaran awal dan firasat tentang apa yang akan terjadi pada saat itu dari Sengsara Tuhan. Karena pada saat itulah Maria sendiri harus menyaksikan penderitaan yang paling pedih dan menyakitkan yang ditanggung oleh Putranya, saat Dia dikhianati, dihukum mati, memikul Salib-Nya yang berat sampai ke Kalvari, saat dia mengikuti dan mengawasi sepanjang perjalanan. Ini adalah Hati Tersuci yang sama yang benar-benar terluka saat melihat Putranya yang teraniaya, sama seperti Hati Mahakudus Sang Putra juga telah ditikam dan dilukai oleh setiap dosa dan pelanggaran kita, kejahatan-kejahatan kita.

Itulah sebabnya Maria selalu mengarahkan pandangannya kepada kita, anak-anaknya yang terkasih, selalu menunjukkan perhatian dan belas kasihnya kepada kita, dengan sabar membimbing kita semua menuju Putranya dan diselamatkan di dalam Dia. Itulah sebabnya Maria telah menampakkan diri berkali-kali kepada kita sepanjang sejarah, dalam banyak penampakannya, baik yang terkenal maupun yang lebih tidak jelas. Itu karena Maria dalam Hati Tersucinya mencintai Putranya dan melalui Dia, dia juga telah mencintai kita seperti dia mencintai Putranya. Maria tidak pernah menyerah pada kita sama seperti Putranya sendiri tidak pernah menyerah pada kita. Dia tidak ingin salah satu dari kita hilang selamanya dari Tuhan karena kejahatan-kejahatan kita yang terus berlanjut, banyak dosa dan pelanggaran kita yang membuat kita dipisahkan dari Tuhan dan kasih karunia-Nya. Maria, ibu-Nya melalui Hati Tersucinya, terus-menerus menyertai kita dengan penuh kasih, dalam memimpin kita kembali kepada Putranya, Tuhan dan Juruselamat kita.

Sekarang, pada hari ini saat kita merenungkan Hati Maria yang paling pengasih dan tak bernoda, Bunda Allah dan Juruselamat kita, marilah kita semua merenungkan cinta yang terus-menerus dan tanpa lelah ditunjukkan Maria kepada kita semua, dan cintanya kepada Tuhan, ketaatan. untuk perintah dan jalan-Nya, bahwa kita semua sebagai orang Katolik telah dipanggil untuk meneladaninya dalam kehidupan kita masing-masing. Marilah kita bertanya pada diri sendiri apakah kita benar-benar tulus dalam iman dan ketaatan kita kepada Tuhan, dan apakah kita telah melakukan apa yang telah Tuhan panggil dan perintahkan untuk kita lakukan, dalam melakukan kehendak Tuhan dan dalam menjalani jalan yang telah Dia tunjukkan kepada kita. Jika kita belum melakukan semua ini dalam hidup kita, maka marilah kita semua memperbaharui diri kita di jalan-Nya, merenungkan cara hidup kita dan memahami apa yang dapat kita lakukan masing-masing untuk memenuhi hukum dan perintah-perintah dari Sang Pencipta.

Saudara dan saudari dalam Kristus, oleh karena itu marilah kita semua mengarahkan kembali hidup dan fokus kita, perhatian kita dan kembali kepada Tuhan dengan semangat baru dalam hidup. Kita semua telah dipanggil dan dipercayakan dengan misi untuk mewartakan Kabar Baik, Injil keselamatan, untuk memanggil orang-orang di sekitar kita untuk datang ke hadirat suci Allah dan menemukan kebenaran, rahmat dan kasih-Nya. Kita semua telah dipanggil untuk merangkul cinta Allah yang telah Dia tunjukkan dengan murah hati kepada kita, dan yang juga telah Dia tunjukkan kepada kita melalui ibu-Nya juga, seperti melalui Maria, banyak pendahulu kita sebelum kita telah dipanggil dan diingatkan untuk menemukan milik kita. jalan menuju Tuhan, dan tidak sedikit yang mengubah hati dan cara hidup mereka, meninggalkan jalan dosa dan kejahatan berkat bantuan dan perantaraan dari Maria, Bunda Hati Tak Bernoda.

Semoga Tuhan, melalui Bunda-Nya yang terberkati terus menunjukkan kepada kita cinta dan kasih sayang-Nya. Semoga Dia memberdayakan kita masing-masing sehingga kita dapat benar-benar berkomitmen dan berdedikasi pada jalan-Nya. Santa Maria, Bunda Allah, yang telah sangat mengasihi kami melalui Hatimu yang Tak Bernoda, doakanlah kami yang berdosa ini sekarang dan pada saat kami mati. Amin.


Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini


Doa Malam

Allah Bapa Maha Pengasih, pada peringatan Bunda Putra-Mu, kami Kauperkenankan ikut serta dalam penebusan kekal. Penuhilah kami dengan rahmat-Mu, agar penyelamatan-Mu semakin kami rasakan. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.
  
RENUNGAN PAGI

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy